Majalah Sunday

Mengenal Lebih Dalam Linguistik:
Fonologi, Morfologi, dan Leksikal

Penulis: Alda Alviani – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Imani – UNJ

Hai hai, Sunners! Di artikel sebelumnya, mungkin kamu sudah memahami garis besar tentang apa itu Linguistik dan apa saja cabang ilmunya. Nah, dalam artikel in Mimin mau bahas beberapa cabang dari ilmu tersebut, nih! Yuk, simak penjelasannya di bawah!

linguistik
Ilmu yang mempelajari tentang bahasa adalah Linguistik, pict by canva.com

Dari artikel sebelumnya kita sudah tahu Linguistik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa dan penggunaannya sebagai alat komunikasi. Sedangkan bahasa sendiri memiliki unsur pembentuk berupa pelafalan dan makna kata. Oleh karena itulah, linguistik memiliki beberapa cabang ilmu untuk mempelajari hal tersebut. Diantaranya ada fonologi, morfologi, dan leksikal. Untuk lebih jelasnya, yuk, kita bahas satu per satu!

Cabang-Cabang Ilmu Linguistik

1. Fonologi

linguistik
Kamu akan mempelajari bunyi bahasa di ilmu Fonologi ini, pict by canva.com

Cabang ilmu linguistik ini fokus mempelajari bunyi yang keluar dari mulut kita dan diidentifikasi berdasarkan makna katanya. Bunyi bahasa yang dapat dibedakan dari makna katanya ini dalam ilmu linguistik disebut dengan fonem. 

Misalnya, saat kamu mengucapkan kata sepi dan sapi apakah huruf [e] dan [a] dapat menjadikan kedua kata tersebut berbeda makna? Nah, jika iya perbedaan inilah yang disebut fonem.

2. Morfologi

linguistik
Morfologi membahas satuan gramatikal terkecil yang punya makna yaitu morf, pict by canva.com

Nah, kalau cabang ilmu linguistik yang satu ini mulai meluas nih pembahasannya karena mempelajari struktur dan kategori kata yang memiliki pengaruh pada maknanya. Jika di fonologi ada fonem, maka di morfologi ada morfem yang dalam ilmu bahasa merupakan satuan gramatikal terkecil yang mempunyai makna. 

Misalnya saat membandingkan kata penggaris dan menggaris tentu kedua hal tersebut dapat menjadi berbeda makna, ya, kan? Jelas yang satu merupakan objek dan yang satu lagi merupakan kata kerja. Nah, ‘garis’ pada kedua kata inilah yang dapat kita sebut morfem.

3. Leksikal

linguistik
Kamu akan mempelajari seputar leksikal dan maknanya di ilmu Semantik Leksikal, pict by canva.com

Cabang ilmu linguistik yang terakhir kita bahas sebenarnya adalah cabang dari ilmu semantik yang mempelajari makna yang terdapat dalam suatu bahasa. Salah satunya adalah leksikal. Semantik leksikal sendiri fokus mempelajari makna kata yang ada pada kalimat dan kata tersebut dapat berdiri sendiri. 

Dalam cabang ilmu ini, kamu juga akan mempelajari kata sinonim, antonim, konotasi, denotasi, dsb. Penggunaan semantik leksikal ini dapat kamu temukan pada kamus. Adapun contohnya seperti pada kalimat kucing itu memakan ikan. Kata ‘kucing’ pada kalimat tersebut adalah kata leksikal yang bermakna binatang kucing, bukan makna yang lainnya.

Nah, itu dia penjelasan ringkas Mimin mengenai cabang ilmu linguistik yaitu fonologi, morfologi, dan leksikal. Jika setelah membaca artikel ini kamu semakin tertarik… Kamu bisa banget nih memantapkan diri untuk masuk ke jurusan Sastra terutama Sastra Indonesia. Karena nantinya kamu dapat mempelajari lebih dalam mengenai linguistik dan ilmu tata bahasa lainnya di jurusan tersebut.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 3,049
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?