Majalah Sunday

Kesehatan Mental Anak-Anak dan Remaja:
Peran Orang Tua

Penulis: Abdul Aziz – UNJ

Lebih lanjut, masa anak-anak menuju remaja itu tidak bisa dikekang, maka dari itu peran orang tua sangat penting dalam pertumbuhan dan kesehatan mental anak, Tapi buat kalian, jangan sepenuhnya menyalahkan orang tua atas apa yang kalian lakukan, setidaknya kalian harus bertanggung jawab terhadap sikap dan tindakan yang kalian lakukan sendiri.

Tapi memang benar, salah satu faktor yang menyebabkan kesehatan mental anak terganggu adalah kurangnya perhatian dan peran dari orang tua, berikut ini beberapa hal yang seharusnya orang tua lakukan, agar mental anak tetap terjaga.

Gejala-Gejala PTSD

Yuk kita pahami hal-hal terkait kesehatan mental, pict by canva.com

Hal Penting Terkait Kesehatan Mental Anak #1: Remaja Adalah Masanya Anak-Anak Brutal

Orang tua sering khawatir tentang masa remaja, termasuk perubahan suasana hati, perilaku berisiko, dan pertengkaran. Sebagian dari ini normal dalam perkembangan remaja: mereka mencari identitas mereka, menguji batasan, dan menegaskan otonomi mereka. Gabungan faktor ini bisa menyebabkan permusuhan dan kualitas hubungan orangtua-remaja yang lebih rendah. Fisik remaja terpengaruh, kurang tidur karena waktu sekolah yang terlalu dini dan perubahan hormonal akibat pubertas. Remaja mudah tersinggung dan sensitif terhadap tekanan karena belum memiliki pengendalian diri yang baik.

Hal Penting Terkait Kesehatan Mental Anak #2: Remaja Adalah Masanya Untuk Dipahami Bukan Memahami

Orang tua adalah panutan, tidur, olahraga, dan makanan berkualitas penting bagi kesehatan mental. Strategi perilaku untuk orang tua mengasuh remaja ber trauma kompleks juga bermanfaat bagi keluarga tradisional. Ketika remaja tak sopan, orang tua harus tahu penyebabnya, hadapi dengan tenang. Penting menjalin hubungan baik dengan aktivitas bersama seperti menonton TV atau berkumpul. Memberikan ruang aman bagi remaja untuk berkomunikasi tentang emosi dan situasi sulit, orang tua membantu mereka mengenali dan mengatasi pikiran dan perasaan sulit sehingga memahami pengaruhnya pada perilaku. Juga membantu remaja mengelola emosi negatif, meningkatkan harga diri dan ketahanan, serta mendorong kepercayaan diri. Pujian orang tua pada remaja yang bekerja keras membantu mereka melihat nilai di luar hasil. Remaja memerlukan batasan untuk kemandirian, melatih diri, dan kompromi.

Hal Penting Terkait Kesehatan Mental Anak #2: Kita Perlu Saling Menjaga Komunikasi sebagai Keluarga

Orang tua perlu menghindari pertikaian kuasa dengan remaja dan menunjukkan komunikasi yang saling menghormati tanpa mencoba mengendalikan reaksi atau pandangan remaja. Remaja sulit mengakui kesalahan di situasi panas dan minta maaf tak berguna. Orang tua dapat mendukung remaja dengan menjaga hubungan dan disiplin. Perilaku menantang adalah norma, tetapi orang tua harus waspada terhadap kesehatan mental, deteksi dini dan pengobatan penting.

Yuk kenali apa itu OCD (Obsessive compulsive disorder)

Yuk jaga kesehatan mentalmu, pict by canva.com

Nah, gimana nih, udah paham kan, betapa pentingnya peran orang tua kalian dalam menjaga kesehatan mental. Untuk itu, Jika kalian belum mendapatkan hal-hal yang disebutkan diatas, kalian berhak untuk menanyakan dan menuntut, Tapi harus dibicarakan baik-baik ya Suners, Karena Hubungan yang baik akan menciptakan suasana yang baik. selain itu kalian juga bisa menjaga mental kalian, dari diri kalian sendiri, kalian harus senantiasa berpikir positif, dan jika ada masalah segera lapor kepada orang tua kalian.

Buat kamu si anak pertama, ada satu artikel yang wajib kamu baca, klik di sini!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 152
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?