WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ingin Pindah Sekolah? Pikirkan Hal-Hal Berikut!

Ada saja pelajar yang ingin pindah sekolah. Kira-kira alasan para pelajar pindah sekolah apa aja ya, penasaran ga? Pastikan kalian baca sampai habis ya, karena artikel ini akan membantu kita dengan beberapa prosedur yang harus kita lakukan sebelum pindah sekolah.

Menurut beberapa review, bisa juga nih  pelajar tersebut merasa sekolahnya ga menarik seperti yang diinginkannya. Bisa saja kita merasa bahwa guru-guru yang ada di sekolah tersebut ga ramah, atau mungkin juga karena ga ada teman yang sepemikiran dengan kita alias ga ada bestie, sehingga kita jadi merasa gak nyaman. Selain itu ternyata ada juga nih yang memilih pindah sekolah karena, adanya peraturan yang sangat ketat di sekolah tersebut. Contohnya saja sekarang sudah banyak sekolah negeri, yang mengharuskan nilai muridnya memenuhi  standar yang sudah ditentukan. Sehingga kita dituntut untuk terus belajar dengan rajin.

Gimana nih para sunners, apakah kalian pernah ngalamin hal seperti ini, bagaimana kalian menghadapinya? Atau mungkin kalian juga akan memilih pindah sekolah.? Tetap semangat ya guys, yang mungkin lagi mengalami hal seperti ini. Karena jika kita mampu melewati semua hambatan tersebut dan mampu beradaptasi dengan baik pasti tantangan yang berikutnya bisa kita lewati joga loh’ yakin deh.

Prosedur pindah sekolah

Sunners, sebelum pindah sekolah, kita perlu nih memahami beberapa prosedur berikut ini. Siapa tau pada saat orang tua kita mengurus, kita juga dapat ikut membantu atau menjelaskan kepada orang tua kita, tentang apa saja yang sudah kita pahami dari penjelasan tentang prosedur pindah sekolah.

Jadi, pastinya hal pertama yang harus sunners lakukan saat ingin pindah sekolah adalah, menghubungi atau membicarakannya dengan orang terdekat kita di sekolah selain teman kita, yaitu wali kelas kita. Tentunya karena wali kelas kita sama seperti orang tua kedua kita di sekolah. Tetapi sebelum membicarakannya kita harus menyiapkan alasan yang dapat dipercaya, karena akan sulit bagi kita’ apalagi jika kita cukup berprestasi di kelas tetapi alasan pindah sekolah kita tidak jelas’ maka tentunya wali kelas tidak akan percaya atau bahkan membantu kita. 

ika sudah, sunners harus membuat surat keterangan dan mengajukan surat permohonan ke kepala sekolah untuk diberikan izin. Untuk isi suratnya, jika kita tidak paham kita bisa menanyakannya langsung pada wali kelas, atau bisa juga kita melakukan searching di internet terkait hal ini. Ketika surat permohonan kita sudah jadi, kita bisa meminta bantuan wali kelas kita agar surat kita diverifikasi oleh petugas untuk membuat surat pengantar yang akan diserahkan ke kepala sekolah. Selanjutnya surat tersebut akan disahkan oleh kabid dan diberikan kembali kepada pemohon, pastikan juga bahwa surat keterangan kita diketahui atau diterima UPTD Kecamatan. Sehingga berikutnya kita hanya perlu menyiapkan rapot, ijazah dan yang lainnya.

Ada lagi nih sunners  bagi yang mau pindah sekolah ke luar kota. Jika dideskripsikan, tidak jauh beda sama prosedur dalam kota yang sudah dijelaskan di atas ya guys.

Prosedur Pindah Sekolah Luar Kota

1. Permohonan orang tua/wali

2. Surat keterangan pindah sekolah asal diketahui kepala UPTD Kecamatan

3. Surat rekomendasi sekolah yang dituju dan diketahui kepala UPTD Kecamatan

4. Map Folio 1 Lembar

Cara Penyesuaian Diri di Sekolah yang Baru

Nih bagi para sunners yang uda berhasil pindah ke sekolah yang baru, kunci keberhasilan berikutnya di sekolah yang baru adalah ‘Percaya diri, mampu bergaul, dan beradaptasi. Kita ga boleh sombong atau pendiam ya.

1. Bersikap Ramah

Saat berada di lingkungan baru termasuk di sekolah agar kita bisa lebih cepat diterima oleh orang lain salah satu kuncinya adalah tunjukkan sikap yang ramah. Pilihlah teman yang satu pemikiran dengan kita, tapi jangan yang pikiran negatif ya. Jika sudah mendapatkan teman yang baik, bertanyalah pada mereka terkait sekolah tersebut, tentang perkembangan pembelajaran atau sudah sampai mana materi yang mereka dapat. 

2. Kenali dan Ciptakan hubungan yang rukun pada Guru dan Staf

Mengenali semua guru dan staf non pengajar yang ada termasuk dalam tips beradaptasi di lingkungan sekolah baru. Mau tidak mau selama kita menuntut ilmu di sekolah tersebut otomatis kita akan berhubungan dengan guru dan staf yang ada di sana. Bukan hanya sebatas pada guru yang mengajar di kelas kita saja.

Gimana nih sunners, sulit nggak cara menyesuaikan diri di sekolah? Jika akhirnya kamu jadi pindah sekolah, berada di lingkungan baru haruslah menjadi cara bagi kita untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Penulis: Yehuda Worisio, UKI

Leave A Comment