Majalah Sunday

4 Strategi Persiapkan Diri Hadapi ANBK 2022

Sejak beberapa tahun terakhir, Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan sekolah telah diganti menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Mengutip dari Kemendikbud, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Secara garis besar, ANBK merupakan sebuah evaluasi untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari satu pendidikan tingkat dasar hingga atas.

Lebih lanjut, ANBK mengukur tiga instrumen yaitu:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Instrumen pertama dalam ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum yang ditujukan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika murid. Literasi membaca sendiri diartikan sebagai kemampuan murid untuk memahami dan menguasai berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sementara literasi matematika adalah kemampuan berpikir murid dengan menggunakan perhitungan dalam menyelesaikan suatu soal masalah.

2. Survei Karakter

Dalam instrumen ini, murid akan diukur melalui enam karakter profil pelajar pancasila, yaitu:

– Berakhlak mulia

– Berkebhinekaan global

– Bergotong royong

– Mandiri

– Bernalar kritis

– Kreatif

3. Survei Lingkungan Belajar

Sementara instrumen terakhir adalah Survei Lingkungan Belajar, yang dikerjakan oleh seluruh instrumen sekolah seperti murid, guru, dan kepala sekolah.

Lantas, apa saja yang perlu kamu persiapkan dalam menghadapi ANBK yang akan digelar pada awal September mendatang? Berikut 4 hal yang dapat kamu lakukan, menurut platform edukasi berbasis teknologi, Zenius:

1. Pastikan Kamu telah Mengetahui Komposisi Susunan Soal dan Durasi Ujian

Langkah pertama untuk persiapan ANBK, pastikan kamu telah mencari tahu tentang susunan komposisi soal dan durasi waktu ujian. Dengan mengetahui kedua hal ini, kamu dapat membuat time table management untuk eksekusi secara maksimal

2. Berlatih Soal Sejak Jauh Hari

Untuk mempersiapkan diri menjelang ANBK, kamu juga bisa berlatih soal sebanyak-banyaknya di aplikasi Zenius. Cukup mengunduh aplikasi Zenius dan kamu langsung dapat berlatih soal sebanyak-banyaknya secara bebas biaya.

3. Jawab Soal dengan Benar Sebanyak-Banyaknya

Jika kamu sudah menjalankan “simulasi” dengan berlatih soal sebanyak-banyaknya, maka besar kemungkinan kamu lebih familiar dengan soal-soal yang disajikan saat ujian. Fokus kerjakan soal-soal yang terasa lebih mudah bagimu dan gunakan waktu yang tersisa untuk menjawab soal-soal yang lebih sulit.

4. Istirahat yang Cukup dan Percaya pada Kemampuanmu

Agar konsentrasi dan daya fokusmu dapat terjaga selama ujian, pastikan kamu beristirahat dengan cukup. Jangan terlalu memaksakan kondisimu saat persiapan, karena justru dengan memiliki jam istirahat yang cukup, kondisi fisik dan daya fokusmu dapat terjaga maksimal di hari ujian.

Demikian strategi yang bisa kamu persiapkan jelang ANBK yang sudah di depan mata. Semangat bagi seluruh siswa yang akan menjalaninya, mari tetap optimis dan berharap semoga hasil ANBK tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya!

Best regards,

Wynne Wardhani

Sr. PR Specialist

Graha Aktiva, Ground Floor

Jalan HR Rasuna Said Kav. 03

East Kuningan, Setiabudi

South Jakarta 12950

Indonesia (GMT+7)

T: +62 21 2902 3334

M: +62 852 7063 3737

E: wynne.wardhani@zeniuseducation.com

zeniuseducation.com

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?