Majalah Sunday

Mulai Terapin PANTS Rules agar Terhindar dari Pelecehan Seksual!

Penulis: Risa Swastika – Universitas Indonesia

Sunners, sudah pernah dengar istilah “PANTS Rules” belum? Singkatan ini penting tahu bagi kita buat menghindari dari perbuatan pelecehan seksual. Kira-kira apa, ya maknanya? Bakal mudah dipahami gak, ya? Apa bakal kesulitan buat menerapkannya? Yuk, simak penjelasan di bawah!

Siapapun tentu gak mau kena pelecehan seksual. So, Majalah Sunday kepingin share RULES tips agar terhindar!

Apa itu PANTS Rules?

PANTS Rules dibuat untuk membantu anak-anak dan remaja-remaja dalam memahami bahwa tubuh mereka adalah milik mereka sehingga memiliki hak untuk mengatakan tidak. Hal ini dapat mendorong untuk memberi tahu kepada orang dewasa yang mereka percayai jika terjadi sesuatu yang membuat khawatir atau kesal. Mereka harus tahu kalau terjadi sesuatu yang membuatnya merasa seperti itu, itu bukanlah kesalahan mereka. PANTS Rules ini diharap dapat menambah kepercayaan diri dan pengetahuan untuk memahami hal yang boleh dan hal yang tidak boleh dilakukan.

Kepanjangan dari Singkatan PANTS Rules itu, apa?

P = Private are private

Pakaian dalam yang menutupi bagian tubuh pribadi kita, tidak ada yang boleh melihat atau menyentuhnya. Kalau dokter, perawat, atau anggota keluarga ingin melihat atau menyentuhnya, bagaimana? Mereka harus menjelaskan alasannya dan menanyakan kepada kita, boleh atau tidak. Ingat! Apa yang ada di pakaian dalam kita adalah milik kita.

A = Always remember your body belongs to you

Tubuh kita adalah milik kita sehinga tidak ada seorang pun yang boleh membuat kita merasa malu atau tidak nyaman. Jika seseorang meminta untuk melihat atau mencoba menyentuh bagian tubuh di balik pakaian dalam, katakan ‘TIDAK’ dan beri tahu seseorang yang kita percayai dan ingin diajak bicara. Jika seseorang memaksa untuk melakukan sesuatu, itu bukan kesalahan kita.

N = No means no

‘Tidak’ berarti ‘tidak’. Kita selalu memiliki hak untuk mengatakan ‘tidak’, bahkan kepada anggota keluarga atau seseorang yang kita cintai. Kita memegang kendali penuh atas tubuh kita dan yang paling penting adalah perasaan kita. Jika ingin mengatakan ‘tidak’, itu adalah pilihan kita.

T = Talk about secretst that upset you

Ada rahasia yang baik dan buruk. Rahasia yang baik, contohnya pesta kejutan atau merencanakan perjalanan dengan orang lain. Rahasia yang buruk dapat membuat kita merasa sedih, khawatir, atau takut. Kita harus selalu berbicara dengan orang dewasa yang aman dan dapat dipercayai tentang rahasia buruk atau apa pun yang terasa tidak benar.

S = Speak up

Kita harus membicarakan hal-hal yang membuat khawatir atau kesal. Jika merasa sedih, cemas, atau takut, kita harus berbicara dengan orang dewasa yang dipercayai. Orang dewasa ini tidak harus anggota keluarga. Bisa juga seorang guru atau orang tua teman. Berbicara tidak bikin kita mendapat masalah, bahkan seseorang akan memberi tahu bahwa ada hal-hal yang dapat terjadi. Jika sesuatu telah terjadi yang membuat kita merasa tidak nyaman, itu tidak pernah menjadi kesalahan kita.

Jaga tubuh kita sendiri dari orang-orang yang melecehkan

Sudah ngerti belum, Sunners tentang cara-cara yang bisa kita lakuin buat mencegah pelecehan seksual? Kelima hal yang sudah dijelaskan tadi, itu adalah langkah paling awal yang perlu kita lakukan ketika dihadapkan dengan situasi tersebut. Jadi, bisa dimulai nih, Sunners buat terapinnya! Biar kita selalu terhindar dan terlindungi dari perbuatan Pelecehan Seksual.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 14
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?