Majalah Sunday

Yuk Kenalan Sama Pluviophile,
Si Pecinta Hujan!

Penulis: Hanan Afifah – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Hai Sunners, siapa nih di antara kalian yang menyukai hujan? Jika kalian merasa bahagia ketika hujan turun, itu salah satu tanda kalian seorang pluviophile loh! Yuk kenalan dengan mereka lebih jauh!

Pluviophile

Teks terkait gambar, pict by canva.com

Pluviophile, Siapa Sih Mereka?

Dilansir dari urbandictionary.com, pluviophile berasal dari bahasa latin pluvial yang artinya “hujan” dan phile yang artinya “sesuatu” atau  “seseorang”. Yap, dengan kata lain pluviophile adalah pecinta hujan.

Seorang pluviophile merasa sangat senang ketika hujan turun. Bagi mereka hujan seperti sahabat yang hadir menemani, terutama saat sedang sedih. Selain itu, mereka biasanya akan merasa lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas dibandingkan saat cuaca cerah. Mereka akan menghabiskan waktu dengan aktivitas yang disukai, misalnya menonton film atau series favorit, minum secangkir kopi hangat, atau melamun sambil menikmati suara hujan.

Selain ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, seorang pecinta hujan masih memiliki banyak keunikan lainnya. Hm, apa saja ya? Nah, berikut ini Sunday akan membagikan keunikan dari seorang pluviophile!

1. Bersyukur Ketika Hujan Turun

Kita biasa menjumpai seseorang yang menggerutu ketika hujan turun, misalnya di stasiun kereta atau halte bus. Namun, tidak jarang kita jumpai seseorang yang terlihat senang ketika turun hujan, ya mereka merupakan pecinta hujan. Seorang pecinta hujan akan merasa bersyukur ketika hujan turun karena mereka meyakini hujan merupakan karunia Tuhan.

2. Menikmati Suara Hujan

Bagi seorang pluviophile, suara hujan merupakan suara yang menenangkan. Pecinta hujan menyukai suara hujan layaknya mereka menyukai alunan musik. Bahkan, beberapa di antara mereka menikmati suara hujan sambil ditemani lagu kesukaan mereka.

3. Menyukai Aroma Petrikor (Petrichor)

Kamu pasti pernah mencium aroma yang menenangkan seperti rumput basah setelah hujan turun? Yap, aroma tersebut disebut aroma petrikor. Petrikor merupakan aroma yang dihasilkan air hujan yang jatuh ke tanah kering. Bagi seorang pecinta hujan, aroma petrikor seperti aroma terapi yang menenangkan hati dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, aroma petrikor membuat pikiran lebih segar, sehingga seorang pluviophile umumnya merasa lebih bersemangat untuk beraktivitas saat hujan.

Pluviophile

Pemandangan Hujan dan Bau Petrikor Menjadi Penenang Buat Si Pecinta Hujan, pict by canva.com

Nah, itulah penjelasan tentang pluviophile beserta keunikannya. Apakah kalian bersemangat ketika hujan turun? Jika iya, berarti kalian masuk ke dalam kelompok pecinta hujan. Meski bukan seorang pluviophile, hujan memang merupakan karunia Tuhan yang patut untuk kita syukuri. Jadi, tetaplah bersyukur kapan pun hujan datang ya, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,440
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?