WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Yuk, Ikuti Cara Ini Supaya Nilai Kamu Meningkat

“Saya pengen masuk smk biar bisa langsung kerja kasih orang tua tapi daftar kegeser terus😭 Kegeser sama yang nilainya lebih besar…”

Itu dia salah satu chat curhatan dari pembaca Sunday yang masuk ke redaksi. Sebagai seorang pelajar kamu pasti pernah mengalami naik turunnya nilai belajar… iya bukan? Dan itu biasa terjadi karena ada banyak penyebabnya… mungkin dari lingkungan belajar/teman atau materi pelajaran yang tidak selalu gampang. 

Sehingga membuat kamu kadang rajin dan kadang malas dalam belajar. Padahal dalam diri kamu ingin sekali mendapat hasil nilai yang bagus hehe. Namun setiap belajar memang tidak mudah ada saja tantangannya atau bisa dibilang proses belajar untuk mencapai apa yang kamu mau nantinya seperti ingin masuk ke sekolah favorit kamu. Itu semua tergantung dari diri kamu dengan mencari solusi yang tepat agar kamu terus maju dan berkembang.

Kali ini ada beberapa cara yang bisa menjadi solusi kamu biar nilai belajar jadi meningkat,,, Yuk Simak!

1. Memotivasi Diri Sendiri woman sitting beside tableCara yang pertama ini bisa menjadi awal kamu untuk meningkatkan nilai belajarmu, yaitu merenungkan atau berfikir apa tujuan kamu belajar sehingga dengan menemukan tujuan utama itu otomatis kamu akan semangat belajar, lalu buatlah target-target belajar yang mau kamu capai atau kata-kata motivasi dengan ditulis di kertas dan ditempel di dinding atau meja belajar kamu agar tidak hanya ada di pikiranmu saja tapi dengan tiap melihat tulisan itu kamu semakin tertantang untuk melakukan.

2. Gunakan Waktu Belajar sebaik mungkin

Cara kedua ini sangat penting diterapkan setiap kamu sedang belajar, yaitu kamu harus memanfaatkan waktu dengan baik agar tidak ketinggalan materi dan bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal. Seperti saat belajar di sekolah, kamu harus memperhatikan guru dengan baik jika merasa bosan cobalah untuk mencari solusi agar tetap fokus, jangan dibiarkan atau melakukan hal-hal yang mengganggu waktu belajar kamu. Setidaknya kamu paham inti materi yang diajarkan, jangan tidak paham sama sekali ya.person holding white mini bell alarmclockBegitu juga saat belajar di rumah, kamu juga harus fokus hindari hal-hal membuat kamu terganggu. Dan lebih baik lagi rencanakan waktu belajar kamu dengan menyesuaikan kemampuan kamu… misalnya, kamu cuma mampu belajar 1 jam atau 2 jam saja selesai atau istirahat sebentar lalu kamu lanjut belajar lagi. Yang terpenting harus bisa membagi waktu sebaik mungkin agar seimbang antara belajar dan bermain/santai. Lakukan dengan rutin dan konsisten sehingga kamu akan jadi terbiasa, hindari untuk menunda waktu belajar kamu ya.

3. Biasakan untuk bertanya

Untuk cara ketiga ini sangat sering disepelekan oleh para pelajar, yaitu tidak terbiasanya untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Dalam belajar kamu pasti akan mengalami kesulitan, jika tidak diselesaikan dapat membuat nilai belajar kamu semakin menurun. Jadi kamu perlu membuang rasa malu atau takut kamu saat diri kamu ingin bertanya, walaupun pertanyaan kamu mungkin salah atau tidak dijawab jangan karena itu membuat kamu berhenti dan tidak mau lagi bertanya ya. Lalu kamu perlu juga memiliki teman yang mau diajak untuk belajar kelompok bareng agar kamu bisa lebih paham materinya deh dan bisa menyelesaikan kesulitan bersama-sama. Selain guru dan teman, kamu juga bisa banget belajar lewat internet kok dengan memanfaatkan smartphone kamu hehe dengan melihat video-video penjelasan dari berbagai guru. Jangan kamu dengan mudah mengerjakan soal dengan menyalin jawaban orang lain tetapi kamu harus kembangkan lagi. Dan juga jangan lupa selalu mencatat setiap materi yang menurut kamu sangat sulit ya agar tidak lupa.

4. Jangan Mudah MenyerahCara ini penting dilakukan untuk mendapatkan nilai belajar yang bagus. Kamu sebagai pelajar untuk tidak mudah menyerah jika mengalami kegagalan entah itu mendapat nilai jelek yang tidak sesuai target dan harapan kamu. Namun, kamu harus bisa menerima dengan belajar dari kegagalan itu dan mencari solusi meminta pendapat teman untuk bisa terus maju. Jangan pasrah atau mengulangi hal yang sama, itu akan membuat keinginan dan rencana yang kamu susun ke depannya jadi tidak tercapai.

Nah, segitu dulu sunners untuk beberapa cara yang bisa dilakukan pelajar untuk mendapatkan nilai yang bagus,,, selalu berikan usaha yang terbaik yah!

Savira J Manorek – STBA JIA

Leave A Comment