Majalah Sunday

Yuk, Ikuti Cara Ini Supaya Nilaimu Meningkat

Penulis: Savira J Manorek – STBA JIA
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Sunners sudah belajar dengan giat tapi ternyata hasil yang didapat belum maksimal? Nilai yang didapat masih terbilang cukup rendah? Lalu berakhir dengan kamu yang malu karena gagal mendapat nilai tinggi? Duh, jangan merasa rendah seperti itu, ya! Sini deh, Mimin mau kasih tips cara supaya nilai meningkat.

“Saya pengen masuk SMK biar bisa langsung kerja dan ngasih uang ke orang tua, tapi setiap daftar kegeser terus sama yang nilainya lebih besar…”

Sebagai seorang pelajar, Sunners pasti pernah mengalami naik turunnya nilai belajar. Tenang aja! Itu biasa terjadi karena ada banyak penyebabnya, mungkin dari lingkungan belajar atau lingkungan pertemanan bahkan karena materi yang diberikan sulit untuk dimengerti.

Bagaimana Cara Supaya Nilai Meningkat?

Jangan galau, jangan risau. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa menjadi solusi untuk Sunners supaya nilai belajarmu jadi meningkat. Yuk, disimak!

1. Memotivasi Diri Sendiri

Cara yang pertama ini bisa menjadi awal Sunners untuk meningkatkan nilai belajar, yaitu dengan merenungkan atau berfikir apa yang sebenarnya menjadi tujuanmu belajar? Sehingga dengan menemukan tujuan utama itu otomatis Sunners akan semangat belajar. Sanners juga bisa membuat target-target belajar yang mau dicapai atau kata-kata motivasi dengan ditulis di kertas dan ditempel di dinding atau meja belajar agar setiap melihat tulisan itu semakin tertantang untuk belajar dengan giat.

2. Gunakan Waktu Belajar Sebaik Mungkin

Penting diterapkan! Perlu memanfaatkan waktu dengan baik agar tidak ketinggalan materi dan agar bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah. Seperti saat belajar di sekolah, Sunners harus memperhatikan guru dengan baik, jika merasa bosan cobalah untuk mencari solusi agar tetap fokus. Jangan melakukan hal-hal yang mengganggu waktu belajarmu. Setidaknya Sunners bisa paham inti materi yang diajarkan, jangan sampai tidak paham sama sekali, ya!

Begitu juga saat belajar di rumah, Sunners juga harus fokus dan hindari hal-hal membuat fokusmu terganggu. Akan lebih baik lagi rencanakan waktu belajar kamu dengan menyesuaikan kemampuanmu. Misalnya, Sunners hanya mampu belajar sejam atau 2 jam saja, istirahat sebentar lalu kamu bisa lanjut belajar lagi. Harus bisa membagi waktu sebaik mungkin agar seimbang antara belajar dan bermain atau bersantai. Lakukan dengan rutin dan konsisten sehingga Sunners akan terbiasa, hindari menunda waktu belajarmu.

belajar dengan baik sebagai cara supaya nilai meningkat

Belajar dengan tekun agar nilaimu semakin meningkat, pict by canva.com

3. Biasakan Bertanya

Sering disepelekan, ternyata saran ini sangat penting. Hal ini mengenai tidak terbiasanya untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Dalam belajar, pasti akan mengalami kesulitan, jika tidak diselesaikan dapat membuat nilai belajar semakin menurun. Jadi, Sunners perlu membuang rasa malu atau takut saat ingin bertanya. Walaupun pertanyaan yang diajukan mungkin salah atau tidak mendapat jawaban yang memuaskan, jangan karena itu membuat kamu berhenti dan tidak mau lagi bertanya, ya. 

Sunners perlu memiliki teman yang mau diajak untuk belajar bersama agar bisa lebih memahami materi dan bisa menyelesaikan kesulitan bersama-sama. Selain guru dan teman, Sunners juga bisa belajar melalui internet dengan melihat video-video penjelasan dari berbagai sumber. Eits, tapi jangan asal kamu kerjakan dengan cara menyalin jawaban orang lain, ya, Sunners. Jangan lupa selalu mencatat setiap materi yang menurutmu sulit agar bisa ditanyakan kepada gurumu nantinya.

bertanya kepada guru jika belum memahami materi sebagai cara supaya nilai meningkat

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada guru jika belum memahami materi yang diberikan, pict by canva.com

4. Jangan Mudah Menyerah

Terakhir, sebagai seorang pelajar jangan mudah menyerah jika mengalami kegagalan. Baik itu mendapat nilai jelek yang tidak sesuai harapanmu, atau tidak mendapat peringkat di kelas. Namun, Sunners harus bisa menerima dengan belajar dari kegagalan itu dan mencari solusi untuk bisa terus maju. Jangan pasrah atau mengulangi hal yang sama, itu akan membuat keinginan dan rencana yang kamu susun ke depannya jadi tidak tercapai.

Nah, itu dia cara yang bisa Sunners lakukan supaya nilaimu meningkat. Jangan lupa untuk selalu berusaha belajar dan berlatih mandiri agar mendapat hasil yang memuaskan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 530
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?