Majalah Sunday

Yoga untuk Remaja:
Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Penulis: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, jaga kesehatan fisik dan mental secara berdampingan adalah hal yang penting, lho. Yoga, merupakan salah satu aktivitas yang dapat kamu pilih untuk memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Jenis olahraga ini membantu meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, hingga menjaga kesehatan mentalmu. Berikut ini ada beberapa jenis yoga yang cocok untuk remaja. Simak sampai habis ya, Sunners.

Jenis Yoga yang Cocok untuk Remaja

Hatha Yoga

Hatha yoga merupakan jenis yoga paling dasar dan sangat cocok untuk pemula. Dalam Hatha Yoga, kamu dapat melatih kelenturan, kekuatan, dan postur tubuh yang baik. Hatha Yoga juga melibatkan latihan pernapasan untuk meningkatkan kesadaran dan mengendalikan energi dalam tubuh. Sesi hatha yoga biasanya dilakukan selama 45-90 menit, dimulai dengan latihan pernapasan dan diakhiri dengan meditasi singkat. Hatha Yoga bermanfaat untuk menghilangkan stres, mengurangi sakit punggung dan leher, meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki postur tubuh, hingga menjaga kesehatan jantung.

yoga untuk remaja

Hatha Yoga cocok untuk kamu yang baru mulai mencoba olahraga Yoga, pict by canva.com

Vinyasa Yoga

Vinyasa Yoga adalah jenis yoga yang dinamis. Dalam Vinyasa Yoga, yang difokuskan adalah flow antara satu pose (asana) ke pose lainnya dengan disertai pernapasan yang teratur. Gerakan dalam Vinyasa Yoga mengikuti aliran pernapasan yang dapat membantu menciptakan keseimbangan antara kekuatan dan kelenturan. Vinyasa yoga dapat membantu memperbaiki mood, mengurangi stres, dan membakar kalori.

Vinyasa Yoga cocok untuk kamu yang energik dan ingin membakar kalori, pict by canva.com

Yin Yoga

Yin Yoga merupakan jenis yoga yang cukup santai. Pada Yin Yoga, pose atau asana yang dilakukan, akan ditahan dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 45 detik hingga 2 menit. Fokus utama Yin Yoga adalah meregangkan jaringan ikat tubuh (tendon, fasia, dan ligamen), bukan pada kekuatan otot. Dengan begitu, Yin Yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan sirkulasi dalam tubuh. Yin Yoga sangat bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Yoga untuk remaja

Yin yoga termasuk gerakan yang santai dan bisa kamu coba di rumah, pict by canva.com

Pranayama Yoga

Pranayama Yoga merupakan jenis yoga yang fokus pada teknik pernapasan. Dalam Pranayama, teknik pernapasan sangat diperhatikan dengan tujuan mengoptimalkan aliran energi dalam tubuh. Latihan ini melibatkan pernapasan yang dalam, lambat, dan terkontrol dengan pola pernapasan tertentu. Manfaat Pranayama Yoga sangat banyak, lho, Sunners, di antaranya dapat meningkatkan konsentrasi, meredakan stres dan kecemasan, hingga meningkatkan fungsi paru-paru.

Yoga untuk Remaja

Pranayama sangat bagus untuk melatih pernapasan, pict by canva.com

Aerial Yoga

Aerial Yoga adalah jenis yoga yang menggunakan kain ayunan untuk membantu latihan. Dalam Aerial Yoga, kain ayunan digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan berbagai pose yoga, termasuk pose terbalik dan pose yang menggantung. Jenis yoga ini membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan tubuh, keseimbangan, meningkatkan fokus, serta memberikan sensasi yang menyenangkan sekaligus menantang. Latihan Aerial Yoga juga seringkali mencakup meditasi dan relaksasi sehingga memberikan pengalaman yoga yang menyenangkan, Sunners.

Coba Aerial Yoga untuk dapat sensasi seru dan menyenangkan, pict by canva.com

Nah, itu dia beberapa jenis yoga yang dapat Sunners lakukan. Dengan berbagai pilihan jenis yoga, Sunners dapat memilih yoga yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Cobalah gerakan yoga yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mentalmu ya, Sunners. Kira-kira jenis yoga apa nih yang ingin kalian lakukan?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 80
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?