Majalah Sunday

Waktu yang Tepat untuk Belajar, Sudah Dicoba?

Penulis: Afifah Putri Utami – UNJ

Sunners! Biasanya kamu kalau belajar di waktu pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, atau justru di tengah malam biar terasa lebih fokus? Beberapa orang berpendapat jika belajar di pagi hari akan lebih fokus, tetapi nggak sedikit juga yang berpendapat kalau belajar di malam hari bahkan tengah malam akan terasa lebih menenangkan. Benar nggak sih? Sebenarnya, kamu tahu nggak kapan waktu yang tepat untuk belajar?

Mengapa Harus Belajar di Waktu yang Tepat?

Agar waktumu tidak terbuang sia-sia karena melakukan kegiatan yang tidak menguntungkan untukmu, sebaiknya manfaatkan waktu berhargamu untuk belajar. Belajar di sini tidak hanya perihal akademik saja, lho. Tetapi, bisa juga dengan belajar untuk mengembangkan hobi atau potensi yang kamu miliki. Tentu saja, hasil yang kau dapat dan rasakan nantinya akan berakhir baik untuk dirimu sendiri.

Maka dari itu, waktu belajar yang digunakan secara efektif akan membuat kinerja otakmu berfungsi secara optimal. Wajar saja jika setiap orang memiliki waktu dan cara belajar yang berbeda dan tidak berpatokan pada waktu tertentu.

Pembagian Waktu yang Tepat untuk Belajar

Sudah belajar dengan sumber yang relevan dan kredibel tetapi hasilnya masih kurang memuaskan? Bisa jadi tidak sepenuhnya kesalahan itu bersumber pada materi yang sudah kamu dapatkan, tetapi dari pemilihan waktu belajarmu yang kurang tepat. Pemilihan waktu belajar yang tidak tepat akan menurunkan konsentrasimu dalam belajar, yang akan berakibat hasil yang didapat saat belajar kurang memuaskan.

Belajar pada Pagi Hari

Dikutip dari laman Inc, telah terbukti secara ilmiah, jika waktu yang terbaik untuk belajar antara pukul 10.00 pagi sampai  jam 14.00 siang, dilanjut pukul 16.00 sore sampai jam 22.00. sedangkan pukul 04.00 pagi sampai pukul 07.00 bukan waktu yang tepat untuk belajar.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa waktu yang optimal untuk memulai fungsi otak adalah sekitar 2 hingga 4 jam setelah bangun tidur. Pada waktu tersebut, memori visual otak diyakini berfungsi lebih baik di pagi hari.

pukul 10.00 pagi sampai 14.00 adalah waktu yang tepat untuk belajar

Setelah kamu bangun tidur, biarkan dirimu santai sejenak dan tunggulah waktu 2 sampai 4 jam agar fungsi otakmu bekerja dengan baik, pict by canva.com

Belajar pada Siang Hari

Siapa yang kalau belajar di siang hari justru merasa mengantuk? Wajar kok, Sunners. Di waktu 14.00 sampai 15.00 menjadi waktu yang baik untuk mengerjakan sesuatu yang berat, sulit, dan menguras energi dan di sinilah otakmu ditantang untuk mempelajari sesuatu yang menantang untuk menghilangkan rasa kantuk.

di siang hari jangan bermalas-malasan, gunakan sebagai waktu yang tepat untuk belajar

Pada waktu siang hari jangan hanya dimanfaatkan untuk bermalas-malasan, lawan rasa kantukmu dengan melakukan atau mengerjakan sesuatu yang menantang, pict by canva.com

Belajar pada Sore Hari

Meski sudah mulai merasa lelah karena aktivitas yang dijalankan dari pagi hari, kamu tetap bisa memanfaatkan waktu dari pukul 16.00 hingga 17.30 untuk belajar. Gunakanlah waktu tersebut untuk berdiskusi santai dengan temanmu, membaca buku dengan bacaan yang ringan, atau sebatas bersantai di ruangan terbuka. Terapkan metode belajar yang ringan dan tidak menegangkan.

Berdiskusi santai dengan teman atau membaca buku ringan di ruangan terbuka sebagai cara menikmati belajar yang ringan dan tidak menegangkan, pict by canva.com

Belajar pada Malam Hari

Berbeda dengan yang dipaparkan di atas sebelumnya, dikutip dari laman ScienceDaily, ternyata otak dapat belajar dengan optimal dan bekerja dengan baik saat di malam hari. 

Pukul 19.00 hingga 21.00 lingkungan sekitarmu akan terasa menenangkan dan di waktu inilah paling tepat untuk mempelajari kembali materi yang didapat pada hari tersebut serta memanfaatkan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas. Sebuah funfact nih, Sunners, beberapa peneliti justru berpendapat jika kita belajar pada waktu yang melelahkan, otak kita akan fokus pada keterampilan baru. Hal ini karena proses konsolidasi memori terjadi paling baik saat tidur nyenyak, otak mendapatkan istirahat dan pengaktifan kembali yang dibutuhkan selama waktu istirahatnya. Artinya, belajar sebelum tidur memungkinkan otakmu mempelajari hal-hal baru bahkan saat kamu tidur sekalipun.

waktu yang tepat untuk belajar pada saat sebelum istirahat

Gunakan sedikit waktu istirahatmu untuk belajar akan memungkinkan otakmu bekerja untuk mempelajari hal-hal baru, pict by canva.com

Nah, Sunners, bagaimana? Melihat waktu belajar yang dipaparkan di atas, kapanpun waktu belajarmu, apakah sudah terasa pengaruhnya? Perlu diingat, ya, mau kapan dan bagaimanapun caramu belajar, tetap sesuaikan dengan porsimu. Jangan paksakan keadaanmu untuk belajar di waktu tertentu, jika sudah lelah, pergilah untuk beristirahat agar esoknya tubuh dan otakmu siap untuk bekerja lagi. Silakan gunakan waktu yang menurutmu paling efektif agar hasil belajarmu tidak mengecewakanmu!

Sumber: 

Wilding Melody. Science Saya These Are the Best Times to Learn and Create for Optimal Success. Didapatkan dari https://www.inc.com/melody-wilding/the-best-times-to-learn-and-create-according-to-science.html

University of Adelaide. (2007, August 22). Brains Learn Better At Night. ScienceDaily. Didapatkan dari https://www.sciencedaily.com/releases/2007/08/070817213343.htm

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 46
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?