WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Belajar dan Menguasai Berbagai Bahasa Asing

Ketika kita menonton film atau serial televisi asing, biasanya kita cenderung akan tertarik dengan budaya yang dihadirkan di dalamnya. Ketertarikan tersebut lalu diikuti dengan keinginan untuk mempelajari bahasa yang digunakan pada film atau serial itu. Mempelajari dan menguasai bahasa di luar bahasa ibu dan bahasa internasional tentu saja memiliki beragam manfaat, di antaranya yaitu membuka peluang karier (seperti menjadi penerjemah atau pemandu wisata) serta memperluas jaringan di luar negara. Pembelajaran bahasa bisa dilakukan melalui institusi nonformal atau secara otodidak. Nah, bagaimana, sih, tips untuk belajar dan menguasai bermacam bahasa asing?

  1. Berlatih setiap hari

Berlatih, tentu adalah hal yang utama. Jika kamu mengikuti les bahasa ataupun mempelajarinya sendiri dari buku atau internet, terus latih apa yang telah kamu pelajari itu. Mencatat, menghafal, juga mempraktikkannya. Terus berulang-ulang. Dengan demikian, pemahamanmu kian terasah.

  1. Menonton dalam bahasa asing

Keterampilan berbahasa terdiri atas empat aspek,yakni membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Jika kamu menonton dalam bahasa asing, sangat membantu dalam aspek menyimak dan pelafalan kosa kata alias berbicara. Salah satu cara belajar yang menyenangkan dan cukup efektif, Sunners.

  1. Membaca buku dalam bahasa asing

Selain menonton, membaca juga jadi poin plus buat kamu yang tertarik untuk mempelajari bahasa asing. Membaca akan membantu penguasaan vocab dan tata bahasa, sehingga konstruksi kalimat yang akan kamu ucapkan kelak jelas dan benar. Kamu bisa memulai membaca buku anak-anak karena kosa katanya cukup mendasar dan lebih mudah.

  1. Menggunakan aplikasi bahasa

Mempelajari bahasa asing pastinya tidak bisa terpisah dari penggunaan kamus. Tapi di era digitalisasi saat ini, penggunaan aplikasi bahasa jauh lebih praktis. Bahkan kita pun bisa belajar bahasa asing secara otodidak dengan aplikasi bahasa, lho. Misalnya seperti aplikasi Duolingo. Meskipun tidak sebagus saat belajar langsung dengan ahlinya, penggunaan aplikasi bahasa adalah awalan yang cukup baik bagi pemula dalam mempelajari bahasa asing.

  1. Berkomunikasi langsung dengan penutur asli

Salah satu bentuk latihan terbaik yakni berbicara langsung dengan penutur asli bahasa yang ingin kamu pelajari, Sunners. Kamu bisa tahu seberapa baik kamu telah menguasai bahasa tersebut. Biasanya, menemukan para penutur asli ini melalui pertemanan di media sosial atau aplikasi tertentu.

  1. Travelling

Travelling atau jalan-jalan ke negara yang kamu pelajari bahasanya juga dapat dijadikan langkah dalam menguasai bahasa asing, Sunners. Kamu bisa berkomunikasi dengan penduduk setempat sehingga dapat melatih kefasihan bahasa kamu. Jika kamu pergi ke negara tertentu yang tidak menguasai bahasa Inggris, maka pasti kamu akan terpaksa untuk menggunakan bahasa mereka (jika kamu tidak membawa penerjemah). Terkadang, pembelajaran terbaik adalah ketika kita dipaksa untuk menggunakan atau mengaplikasikannya.

Begitulah tips untuk lebih giat mempelajari dan menguasai bahasa asing, Sunners. Jika elemen-elemen tersebut telah kamu tuntaskan, langkah selanjutnya adalah tetap konsisten dalam belajar. Kalau kamu berniat dan bersungguh-sungguh, pasti bisa. Nggak ada yang nggak mungkin, bukan?

 

Deni Adilla Safitri

Leave A Comment