Majalah Sunday

Suara Muda, Suara Perubahan: Para Mahasiswa di Baris Terdepan Pemilu 2024

Penulis: Olivia Elena Hakim

Selamat, buat kita semua yang akan segera menyambut Pemilu 2024 sebagai pemilih pemula! Excited, nggak? Kamu adalah bagian dari sejarah pengorganisasian warga negara dan logistik terbesar di Indonesia.

Sebagai pemuda yang beruntung dapat menghirup nafas di negara demokrasi, partisipasimu penting dalam proses Pemilu. Jangan sampai mentang-mentang libur, kamu malah staycation bukannya ke TPS! 

Spesial di momen ini, Sunday berbincang dengan beberapa narasumber mahasiswa yang mengambil peran lebih dalam Pemilu ini sebagai KPPS, PTPS, hingga saksi partai. Apa aja yang dikerjakan? Kok mereka mau, sih?

Pantarlih, Sudah Sibuk Sebelum Rame-Rame Pemilu 2024

Jauh nih sebelum rangorang mikirin mau nyoblos siapa, petugas Pantarlih udah sibuk beredar. Kenapa? Mereka ngapain? Jadi Pantarlih adalah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, petugas yang dibentuk oleh PPS untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu.

“Sudah dari satu tahun yang lalu, saya diajak oleh pihak pemerintahan desa yang kebetulan beberapa orangnya cukup kenal, untuk menjadi Pantarlih. Apalagi saya sebagai mahasiswa dan warga baru di sana, jadi cukup terdorong untuk mendaftar dan lebih mengenal tempat saya tinggal,” ujar Muhammad Rifqi Akmal Lutfi dari Universitas Soedirman Purwokerto.

“Motivasi utama saya adalah ucapan dosen waktu itu. Kalau tidak salah saat semester 1, beliau menyampaikan: Kalian sebagai mahasiswa apalagi di Fisip, kalian harus bisa mengawal Pemilu dengan baik. Entah kalian jadi petugas KPPS, tim sukses atau kalian bisa bersosialisasi dengan masyarakat secara langsung untuk mengawasi Pemilu 2024.”

Ilustrasi debat capres

Keriuhan Pemilu 2024 menarik perhatian semua orang, tak terkecuali kaum muda, pict by canva.com

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara: Di Balik Pemilu 2024

Belakangan ini banyak banget yang nge-jokes di media sosial mengenai anggota KPPS idaman mertua. Secara honor, memang kedengarannya lumayan gede nih rupiahnya, mimin dapat info dari 750.000 sampai 1.200.000. Dengan honor itu, sebesar apa ya tanggung jawabnya?

Yuk kenalan sama Achmad Fahri Basir dari Polimedia Jakarta! Pemilu 2024 kali ini adalah yang pertama baginya, tapi berani ambil peran lebih sebagai petugas KPPS.

“Awal mulanya, aku tiba-tiba dichat sama pak RT buat ikut jadi KPPS, katanya honornya lumayan. Kupikir paling cuma 150rb, taunya gede jir 750rb. Ya udah aku ikutan aja. Aku butuh duid buat beli pentab, sama modal buat nanti Tugas Akhir, hehe,” Fahri berujar.

Serupa dengan Fahri, Rifqi Akmal  yang telah tuntas menjalankan tugasnya sebagai Pantarlih pun lanjut mengawal Pemilu 2024 ini sebagai KPPS. “Ya, KPPS bisa dikatakan sebagai garda terdepan Pemilu, karena tugasnya mendasar dan tanggung jawabnya cukup besar di lapangan. KPPS ini tugas utamanya adalah melaksanakan agenda Pemilu 2024 di tingkat TPS dari pencoblosan, penghitungan, hingga pengawasan terkait surat suara.  Pun dari kami KPPS dituntut nol kesalahan, sehingga harus dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian,” sharingnya.

Sejauh ini, apa yang paling berkesan sebagai petugas KPPS? “Bagi saya, yang paling berkesan adalah keterikatan dengan teman-teman KPPS lainnya. Sehingga bisa lebih mengerti dan bisa mendengar banyak hal tentang tempat saya tinggal. Berbincang dengan bapak-bapak, mendengarkan jokes garing, hingga bagaimana mereka berusaha memahami yang lebih muda,” gelak Rifqi Akmal.

Ilustrasi petugas KPPS menjalankan tugasnya

KPPS sibuk bertugas tak hanya saat warga memberikan suaranya di Pemilu 2024, melainkan juga di momen penghitungan surat suara, pict by canva.com

Para Mahasiwa yang Jadi Saksi TPS di Pemilu 2024

Sebagai negara demokrasi, banyak pihak tentu dilibatkan di proses Pemilu 2024; sekarang kita cek dulu nih pandangan dari kawan-kawan mahasiswa yang mengambil peran sebagai saksi dari partai politik. Ada Theo Rengga dari Institut Bisnis Nusantara dan Dani Setiawan dari Universitas Terbuka.

“Proses awalnya kader partai menghubungi ke ketua RT, lalu dari ketua RT memilih ke warga sekitarnya yang mau dan bisa untuk dijadikan saksi,” ujar Dani. 

“Saya ditawarkan menjadi saksi sama teman dari partai politik X dan saya juga sempat aktif menjadi anak ranting di dalam partai politik tersebut,” ujar Theo.

Berawal dari proses perekrutan yang berbeda, lain pula pandangan Dani dan Theo dalam motivasi mereka sebagai saksi TPS. “Motivasinya adalah faktor realistis karena sebagai saksi diberikan honor dan menurut saya, pekerjannya cukup mudah,” tutur Dani. Di sisi lain, Theo melihat kesempatan ini sebagai momen untuk networking lebih luas. “Motivasi saya menjadi saksi, untuk menjalin tali silaturahmi dengan anggota saksi yang lain, siapa tahu bisa mendapatkan berbagai lapangan pekerjaan ke depannya.”

“Secara umum, tugas saksi partai adalah memantau proses jalannya Pemilu 2024 sehingga tidak terjadi kecurangan. Selain itu juga, menghitung suara khusus dari partai yang mengutusku yang dalam konteks ini adalah caleg XYZ. Baik dari tingkat DPR, DPD, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten. Terakhir, melaporkan jumlah suara yang didapat ke kader yang mengutus,” sambung Dani.

Ilustrasi para pemilih di Pemilu 2024 Indonesia

Saat yang lain bisa jalan-jalan nikmatin libur dan diskonan Pemilu 2024 setelah mencoblos dengan bekal jari bertinta, para saksi harus tetap menunggui TPS, pict by canva.com

PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara), Mengawal Suara Rakyat Pemilu 2024

Sekarang, saatnya kita ngobrol dengan Fajar dari LSPR – ia mengambil peran di Pemilu 2024 ini sebagai petugas PTPS. Apa lagi itu? PTPS adalah penyelenggara Pemilu 2024 di jajarannya Bawaslu yang dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan/Desa mengawasi tahapan pemungutan & penghitungan suara di TPS pada hari pencoblosan.

“Motivasi saya karena mau nyari pengalaman sama nyari dana tambahan sih kak sejujurnya 😅Mau tau lebih jauh juga kaya gimana sih suasana pemungutan suara yang sebenarnya itu,” ujar Fajar.

Banyak orang di luar sana yang belum paham bedanya PTPS dan KPPS, apalagi kemarinan yang viral di media sosial itu KPPS saja! Nah kali ini Fajar akan membantu menjelaskannya, “PTPS itu akan berfokus pada saat hari pencoblosan, karena tugas PTPS itu mengawasi dan memastikan jalannya pemungutan suara berjalan dengan lancar. Untuk melaksanakan tugas ini, sama seperti KPPS, kami juga akan ada sesi bimtek (bimbingan teknis) untuk pelaksanaan hari H gitu.”

Ilustrasi surat suara Pemilu 2024

Jangan abstain di Pemilu 2024, apresiasilah peranan para kaum muda yang sudah aktif mengawal proses demokrasi ini, pict by canva.com

Pesan Mereka Untukmu di Momen Pemilu 2024 Ini!

“Harapan saya Pemilu 2024 menghasilkan pemimpin yang kompeten, transparan, dan mampu mewakili kepentingan seluruh masyarakat. Semoga hasilnya mencerminkan kemauan rakyat dan membawa perubahan positif bagi negara. Penting untuk pemilih muda terlibat dalam Pemilu 2024 karena suara mereka memiliki dampak besar pada arah dan kebijakan negara. Partisipasi aktif memungkinkan kita memengaruhi masa depan yang kita inginkan. Jangan ragu untuk berkontribusi, karena setiap suara benar-benar penting.”

  • Theo Rengga, Saksi Partai

“Berjalannya Indonesia ke depan ya tentu dari hasil Pemilu 2024 ini. Bukan tentang siapa yang di atas lalu kita sebagai rakyat tidak terkena dampaknya. Justru kitalah yang akan terkena dampak dari kebijakan yang nantinya dibuat. Harapannya Pemilu 2024 kali ini bisa membawa kita semua ke arah yang lebih baik, dari berbagai lini. Semoga teman-teman bisa menentukan pilihannya dengan baik. Menganalisa data informasi yang ada dengan teliti dan bisa memilah informasi mana yang benar. Jangan sampai memilih hanya karena terlena dengan bias citra yang ada. Pemilu 2024 itu bukan tentang siapa yang banyak berbicara, siapa yang gemoy atau siapa yang paling sat-set. Tapi, siapa yang pantas dan bisa kita tuntut janjinya lima tahun ke depan.”

  • Rifqi Akmal , Pantarlih & KPPS

“Di masa ini sudah makin banyak masyarakat yang melek teknologi sehingga cara kampanye pun mengikuti trend anak muda sekarang yaitu melalui Tiktok, saling balas video Tiktok mengenai visi/misi atau kelemahan paslon lain. Semoga Pemilu ini damai, lancar, dan tanpa kericuhan. Berkaca dari Pemilu sebelumnya yang terdapat cekcok dari masing-masing pendukung dan juga banyak petugas KPPS yang meninggal dunia akibat kelelahan. Semoga di Pemilu 2024 ini, semua hal buruk tadi tidak terulang kembali. Coblos sesuai hati nurani. Jika ada paslon yang memberikan uang pelicin, terima saja, tapi pilihan masing-masing. Kenali lebih lanjut pribadi dan track record paslon, dan yang pasti pilihlah tanpa paksaan dari pihak manapun.”

  • Dani Setiawan, KPPS

“Ya, Pemilu 2024 ini penting untuk memilih gimana pemerintahan kita di masa depan. Walau mungkin ada rasa hopeless sama calon-calon yang maju, prinsip saya jangan golput. Kalau kalian golput terus dapet pemimpin yang ga dimau, mampus deh.” 

  • Fahri, KPPS
ilustrasi peran pemuda di Pemilu 2024

Selamat bertugas sampai Pemilu 2024 tuntas! Pict by canva.com
& dokumentasi pribadi

Yuk rayakan Pemilu 2024 sebagai pesta demokrasi kita semua. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2024 merupakan langkah nyata dalam mewujudkan perubahan. Selamat memilih, selamat menjadi bagian dari proses demokrasi.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 144
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?