Majalah Sunday

SMK Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK! Apa Keunggulannya?

Penulis: Puja Sindia – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Berdasarkan nilai UTBK 2020, LTMPT mengumumkan sekolah menengah kejuruan mana saja yang masuk ke dalam 10 daftar SMK terbaik se-Indonesia. Nah, Mimin akan mengupas tuntas apa saja keunggulan yang dimiliki oleh sekolah tersebut.

Berikut 5 SMK terbaik di Indonesia dengan keunggulannya masing-masing. Cocok banget nih buat jadi bahan pertimbangan Sunners yang masih bingung mau melanjutkan sekolah di mana, maupun jurusan apa.

1. SMK-SMAK Bogor

SMK-SMAK Bogor, SMK Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK

Gedung SMK-SMAK Bogor, pict by smakbo.sch.id

Sekolah Menengah Analisis Kimia Bogor atau yang masih dikenal dengan sebutan SAKMA/SMAKBO merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan negeri, berada di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan mencetak tenaga analis kimia atau operator laboratorium tingkat menengah yang siap pakai.

Selain berdasarkan nilai UTBK 2020 yang menjadikan SMK SMAK Bogor ini masuk ke dalam 10 daftar sekolah terbaik di Indonesia menurut LTMPT, mari kita intip apa saja sih keunggulan dari SMAKBO!

  • Lama pendidikan yang harus kamu tempuh adalah 4 tahun.
  • Sesuai dengan namanya, Sekolah Menengah Analisis Kimia, maka kamu hanya bisa menemukan satu jurusan di sekolah ini, yaitu Kimia Analisis. Sangat cocok sekali untuk kamu yang suka dan ingin memahami serta mempelajari lebih dalam tentang kimia, serta tentunya bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang analis.
  • Statusnya negeri atau swasta, sih? Ternyata sekolah ini berada dalam naungan pemerintah lho, alias negeri.
  • Di Indonesia, sekolah Analisis Kimia yang ada di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia cuma ada 3, lho! SMAK-Bogor, SMAK-Padang, dan SMAK-Makassar.

2. SMKN Jateng Semarang

SMKN Jateng Semarang, SMK Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK

Berfoto di depan SMKN Jateng di Semarang, pict by jateng.inews.id

SMK Negeri Jateng di Semarang adalah sekolah yang didirikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Keputusan Gubernur Jawa Tengah nomor 420/28 tahun 2014 tanggal 22 April 2014, dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. DR. Muhammad Nuh, DEA pada tanggal 2 Juni 2014.

Nah, setelah SMAK-Bogor berada di urutan pertama yang masuk dalam 10 daftar SMK terbaik di Indonesia menurut LTMPT berdasarkan nilai UTBK 2020, maka SMKN Jateng ini berada di urutan kedua. Apa saja sih keunggulannya?

  • Memiliki 5 jurusan teknik yang beragam, yaitu Teknik Bisnis dan Konstruksi Properti, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, dan Teknik Permesinan.
  • Seluruh siswa SMKN Jateng harus berasal dari keluarga yang kurang mampu, karena seluruh biaya pendidikan dibebankan dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Artinya, seluruh siswa dibebaskan dari biaya apapun selama masa pendidikan.
  • Memiliki asrama.
  • Menggunakan Kurikulum Reguler dan Kurikulum Berbasis Karakter. Kurikulum Reguler adalah siswa mendapatkan pembelajaran dari guru masing-masing mata pelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Nasional. Sedangkan Kurikulum Berbasis Karakter adalah siswa mendapatkan pendidikan karakter dari Kurikulum Karakter yang diampu oleh para Pamong dengan latar belakang yang sesuai.

3. SMK-SMTI DI Yogyakarta

SMK-SMTI DI Yogyakarta, SMK Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK

Gedung SMK-SMTI DI Yogyakarta dari atas, pict by smtijogja.sch.id

SMK-SMTI Yogyakarta yang lebih dikenal dengan SMKN Teknologi Industri Yogyakarta, atau kepanjangan dari SMTI sendiri, yaitu Sekolah Menengah Teknologi Industri, berada di bawah naungan Kementerian Industri Republik Indonesia. SMTI yang tersebar di Indonesia cuma ada 5, lho! Salah satunya berada di Yogyakarta. Selain berada di Yogyakarta, SMTI juga ada di 4 daerah lain, yaitu Padang, Ujung Pandang, Tanjung Karang, Pontianak, dan Banda Aceh. Yuk, kita intip apa saja keunggulannya!

  • Sekolah ini fokus pada pembelajaran umum, serta teori dan praktik di bidang teknologi industri. 
  • Memiliki 3 jurusan, yaitu Kimia Analisis, Kimia Industri, dan Teknik Mekatronika dengan akreditasi A.
  • Kompetensi jurusannya mumpuni. Program Keahlian Kimia Analisis memiliki kompetensi keahlian Quality Control (QC), Pengelolaan Laboratorium dan Health Safety Environment (HSE), program Keahlian Kimia Industri memiliki kompetensi di bidang Kontrol Proses, Proses Industri Kimia, dan HSE, program Keahlian Teknik Mekatronika dengan kompetensi Teknik Pengendalian Daya, Computer Aided Engineering (CAE) serta DSC dan SCADA.
  • Memiliki ikatan dengan banyak perusahaan, sehingga lulusan sekolah ini akan terjamin mendapatkan pekerjaan setelah lulus.
  • Melakukan pengembangan kurikulum dengan menggandeng VAPRO Internasional yang berpusat di Belanda.
  • Proses pembelajaran berbasis IT dan Digital Library.

4. SMKN 1 Wonosari

SMKN 1 Wonosari, SMK Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK

Gerbang SMKN 1 Wonosari, pict by sekolah.data.kemdikbud.go.id

Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Yogyakarta ini memiliki beberapa keunggulan. Apa saja, ya? Yuk, kita simak!

  • Memiliki 5 jurusan, yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKL), Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia, dan Tata Busana
  • Prestasi yang diraih beragam, di antaranya Juara 1 Olimpiade Akuntansi yang diselenggarakan UGM, Juara 1 Lomba Perpajakan yang diselenggarakan oleh Dirjen Pajak, dan Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat provinsi DIY.
  • Memiliki berbagai praktik kewirausahaan yang meliputi mengelola kantin sekolah, mengelola Bank Mini Sekolah (Edu Bank), dan Business Center (praktik retail/dagang keliling).

5. SMKN 26 Jakarta

SMKN 26 Jakarta, SMK Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK

Gedung SMKN 26 Jakarta, pict by smkn26jt.smarteschool.id

SMK Negeri 26 Jakarta, yang dulunya disebut dengan STM Negeri Pembangunan Jakarta ini tepatnya berada di Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Selain tercantum namanya di 10 daftar sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan nilai UTBK, kira-kira apa saja ya keunggulan lainnya?

  • Lama pendidikan 4 tahun
  • Menawarkan 6 jurusan, yaitu Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan (Teknik Gambar Bangunan), Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi (Teknik Elektronika Komunikasi), Teknik Tenaga Listrik (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik), Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur (Teknik Permesinan), Teknik Manajemen Perawatan Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan), dan Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi (Teknik Komputer Jaringan)
  • Punya lebih dari 20 pilihan ekstrakurikuler yang bisa disesuaikan dengan minat dan bakatmu.
  • Memiliki fitur-fitur berbasis online yang mudah diakses, yaitu virtual tour (layanan publik untuk melihat sarana dan prasarana sekolah secara daring), Career Development Center (fitur tempat alumni berkumpul), dan Smart School (aplikasi penunjang kegiatan belajar mengajar berbasis daring).

Nah, itu dia keunggulan-keunggulan dari kelima SMK yang masuk ke dalam 10 daftar SMK terbaik di Indonesia menurut LTMPT. Gimana, Sunners? Apa kamu tertarik untuk masuk ke salah satu sekolah tersebut?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 8,056
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?