Majalah Sunday

Seperti Apa Pembalut yang Berbahaya Buat Kesehatan?

Pembalut umumnya terbuat dari bahan dasar kapas. Selain kapas, ada bahan atau zat lain yang ditambahkan pada pembalut, dan beberapa diantaranya diyakini membahayakan kesehatan. Yuk simak pembahasannya di sini!

Kenali Bahan-Bahan pada Pembalut Berbahaya

Penggunaan pembalut yang mengandung zat tertentu tidak hanya dapat menyebabkan iritasi, tapi juga diyakini dapat membahayakan kesehatan organ intim. Oleh karena itu, mari kenali ciri-ciri dari pembalut berbahaya. 

Pembalut umumnya terbuat dari bahan dasar kapas. Selain kapas, ada bahan atau zat lain yang ditambahkan pada pembalut. Beberapa di antaranya diyakini dapat membahayakan kesehatan. Bahan pembalut yang berbahaya tersebut adalah:

Feminine hygiene products concept Free Vector

1. Gas klorin

Gas klorin biasa digunakan dalam proses pemutihan. Penggunaan klorin dalam proses pembuatan pembalut wanita dianggap tidak aman, karena gas klorin dapat menghasilkan dioksin yang bersifat karsinogenik, yaitu berpotensi menyebabkan kanker.

2. Pewangi tambahan

Beberapa produsen pembalut menambahkan zat pewangi pada produk pembalut yang diproduksinya karena diyakini dapat menyamarkan bau darah saat menstruasi.

3. Pestisida

 Pembalut yang mengandung pestisida dianggap membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan reaksi alergi berupa gatal, kemerahan, nyeri, dan bengkak.

4. Pewarna

Produk yang digunakan pada daerah sensitif wanita seharusnya tidak mengandung pewarna. Itulah sebabnya, pembalut yang mengandung pewarna dianggap berbahaya dan tidak dianjurkan.

 
pembalut berbahaya

Perhatikan Hal Ini saat Menggunakan Pembalut

Meski Sunners menggunakan pembalut yang sudah dinyatakan aman, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan saat menggunakan pembalut, yaitu:

Menjaga kebersihan organ intim

Meski Sunners menggunakan pembalut yang sudah dinyatakan aman, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan saat menggunakan pembalut, yaitu:

Memilih pembalut dengan daya serap yang sesuai

 

Feminine hygiene products illustrations Free Vector

 

Rekomendasi Produk Pembalut Tanpa Klorin yang Lebih Aman Menurut Kementerian Kesehatan:

Ikutan berkarya di Majalah Sunday

Chat Di Sini!
Post Views: 7,126
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?