WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Review Sekolah Menengah Kejuruan : SMKN 46 JAKARTA

Hai sunners !, Sekolah pertama yang akan kita review adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Jl. Cipinang Pulo, Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Yup! Yaitu SMKN 46 JAKARTA, pastinya orang sudah banyak yang tau sekolah yang terletak di belakang Lapas besar cipinang ini loh!. Disekolah ini terdapat 5 program keahlian, yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring & Pemasaran, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Desain Komunikasi Visual.

Tidak hanya fokus pada pendidikan juga loh, para siswa dan siswi juga dituntut untuk mengembangkan diri melalui beberapa ekstrakurikuler yang ada. Kamu bisa mengikuti ekstrakurikuler seperti Pramuka,Paskibra,PMR, Paduan suara, Tari,Dance, kewirausahaan, basket, futsal, volly, Rohis, Bina prestasi, Pencak silat, Teater dan lain lain, dan meraih banyak prestasi dan penghargaan di berbagai bidang ekskul loh!.

Sekolah ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk mendukung pembelajarannya. Seperti salah satunya dengan adanya Teaching Factory yaitu suatu konsep pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri.

SMKN 46 memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang bertugas untuk menguji kompetensi siswa sesuai bidang ilmu dan keterampilan. Jadi, dengan sertifikat kompetensi tersebut, siswa memiliki nilai tambah untuk bersaing di dunia kerja nanti .

Dan untuk lebih mengenal dunia kerja pastinya terdapat program rutin dan wajib yaitu Praktik Kerja Lapangan (PKL). Dimana siswa-siswi diharuskan mengikuti pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia industri atau dunia kerja dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa-siswi sesuai bidangnya dan juga menambah bekal masa-masa mendatang guna memasuki dunia kerja.

 

 

 

 

 

 

 

Nah banyak banget nih yang penasaran, Bagaimana suasana yang ada di dalam sekolah ini. Yup tentunya saat pertama memasuki gerbang sekolah banyak sekali pepohonan yang membuat suasana teduh dan nampak asri dan juga kalian akan disambut oleh lukisan yang ada di dinding-dinding parkiran , yaitu mural salah satu karya siswa- siswi DKV yang sudah cukup terkenal dengan karya karyanya di luar sana loh. Nah dikawasan lapangannya terlihat kolam ikan dan tanaman yang tersusun rapi dan indah, untuk fasilitas kantin terdapat berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau yang pastinya bisa mengenyangkan perut, untuk Fasilitas masjid nya sangat bersih dan nyaman untuk beribadah. Dan juga perpustakaan yang begitu lengkap.

Akses untuk ke sekolah 46 cukup mudah loh, Jika kamu mau membawa kendaraan motor bisa kamu parkirkan di area parkiran sekolah tapi dengan syarat kamu harus mempunyai SIM dan STNK. Dan juga jika kamu ingin pergi dengan transportasi umum SMKN 46 dekat dengan halte busway, stasiun kereta dan juga angkutan umum. Jadi tidak perlu khawatir untuk kamu yang rumahnya jauh ya.

Bagaimana Sistem Pembelajaran di SMKN 46 Jakarta saat Pandemi Covid-19?

Seperti yang kita tahu, saat ini Virus Corona menjadi pembicaraan yang hangat di belahan bumi manapun. Dalam waktu singkat saja, namanya menjadi trending topik, dibicarakan di sana-sini, dan diberitakan secara masif di media cetak maupun elektronik. Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Di Indonesia sendiri cara mencegah penyebaran virus ini dengan diberlakukan sistem kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini agar tidak semakin menyebar.Karena Indonesia sedang melakukan PSBB, maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus dihentikan sampai pandemi ini mereda termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Beberapa pemerintah daerah salah satunya DKI Jakarta sudah memutuskan untuk menerapkan kebijakan meliburkan sekolah dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Sistem pembelajaran daring ini merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Di SMKN 46 sudah melakukan kegiatan belajar mengajar secara dari sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Sistem pembelajaran biasanya dilaksanakan melalui Handphone, perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Guru dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama dengan menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp dan telegram bisa juga menggunakan aplikasi google classroom dan edmodo jika guru ingin memberikan tugas kepada siswa. Jika pembelajaran tersebut mengharuskan guru dan siswa bertatap muka secara daring, maka kita bisa menggunakan aplikasi zoom,google meet ataupun aplikasi lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat memastikan para siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda.

Leave A Comment