WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Prospek Kerja Lulusan Administrasi Perkantoran

Hallo Sunners! Umumnya Administrasi Perkantoran membekali kalian dengan pengetahuan, dan keterampilan dalam berorganisasi. Tetapi tak sedikit dari kalian yang masih bingung tentang jenjang apa yang sesuai dengan Administrasi Perkantoran tersebut. 

Untuk itu, mimin akan memberikan sedikit masukan untuk kalian yang masih bingung dalam memilih jenjang setelah lulus dari jurusan Administrasi Perkantoran. 

Umumnya tugas utama Administrasi Perkantoran adalah melakukan rekapitulasi data, mengelola dokumen, dan menyimpan dokumen secara terstruktur. Jika kalian sudah menguasai semuanya pasti kalian gak bakal bingung lagi untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan jurusan ini loh Sunners.

Nah berikut ini prospek kerja, karir lulusan Administrasi Perkantoran nih Sunners, simak ya!

Sejak dari SMK, Jurusan Administrasi Perkantoran sebenarnya memiliki prospek kerja yang sangat mencerahkan. Banyak tugas Administrasi Perkantoran yang membutuhkan lulusan SMK. Namun jika kalian melanjutkan Pendidikan D3 dan S1 Jurusan Administrasi Perkantoran akan mendapat prospek kerja yang lebih luas lagi. Dan profesi apa sajakah yang pada umumnya dijalani oleh lulusan Administrasi Perkantoran?

1. Sekretaris

Tugas Administrasi Perkantoran untuk seorang sekretaris yaitu memfilter informasi seputar bisnis bagi pimpinan, termasuk pula menjadi pengingat berbagai kegiatan pimpinan di perusahaan.

2. Staff Administrasi

Sebagai seorang staff administrasi, tugas Administrasi Perkantoran yang dilakukan mencakup tugas-tugas administrasi kantor yang mendukung operasional perusahaan agar berjalan lancar.

3. Staff Personalia

Payroll, database, presensi, pinjaman, sampai pencatatan cuti karyawan menjadi tugas Administrasi Perkantoran seorang staff personalia.

4. Personal Assistant

Orang-orang penting dengan tingkat kesibukan yang tinggi biasanya membutuhkan seorang personal assistant. Dengan keterampilan yang didapat dari Jurusan Administrasi Perkantoran, seorang personal assistant mampu membantu segala kegiatan atasannya.

5. Public Relations

Karena komunikasinya baik biasanya alumni Jurusan Administrasi Perkantoran juga berpeluang kerja di bidang Humas dengan menghubungkan antara dunia luar dan perusahaan.

Itulah beberapa saran yang kami berikan, semoga bermanfaat ya Sunners. Selamat mencoba!

 

Penulis : Agis Manjal (Politeknik Negeri Media Kreatif)

Leave A Comment