Majalah Sunday

Prospek Kerja Lulusan Administrasi Perkantoran

Penulis: Agis Manjal – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor: Moses Robinsar – Universitas Kristen Indonesia

Hallo Sunners! Umumnya Administrasi Perkantoran membekali kalian dengan pengetahuan, dan keterampilan dalam berorganisasi. Tetapi tak sedikit dari kalian yang masih bingung mengenai prospek kerja yang sesuai dengan jurusan Administrasi Perkantoran.

Jika kamu masih merasa bingung ketika harus memilih jenjang karir setelah menyelesaikan jurusan Administrasi Perkantoran, tenang saja! Kami siap memberikan sedikit panduan yang mungkin bisa membantu kamu mengambil keputusan yang tepat.

Dalam dunia Administrasi Perkantoran, tugas utama melibatkan rekapitulasi data, pengelolaan dokumen, dan penyimpanan informasi dengan metode yang terstruktur. Begitu kamu memiliki penguasaan yang baik atas semua hal ini, kamu akan merasa jauh lebih percaya diri dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.

Jadi, apa yang bisa kamu harapkan sebagai prospek karir lulusan Administrasi Perkantoran? Itu semua tergantung pada tingkat pendidikanmu. Sejak lulus dari SMK, Jurusan Administrasi Perkantoran telah menawarkan berbagai prospek pekerjaan yang menjanjikan. Banyak perusahaan memerlukan keterampilan Administrasi Perkantoran yang kuat. Namun, jika kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikanmu ke tingkat D3 atau S1 dalam Jurusan Administrasi Perkantoran, kamu akan mendapatkan akses ke prospek karir yang lebih luas lagi. Lalu, pertanyaannya, apa saja profesi yang umumnya dijalani oleh lulusan Administrasi Perkantoran?

Jadi, mari kita telusuri bersama prospek karir yang cemerlang yang menanti lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran!

1. Sekretaris

Tugas Administrasi Perkantoran untuk seorang sekretaris yaitu memfilter informasi seputar bisnis bagi pimpinan, termasuk pula menjadi pengingat berbagai kegiatan pimpinan di perusahaan.

2. Staff Administrasi

Sebagai seorang staff administrasi, tugas Administrasi Perkantoran yang dilakukan
mencakup tugas-tugas administrasi kantor yang mendukung operasional perusahaan agar berjalan lancar.

3. Staff Personalia

Payroll, database, presensi, pinjaman, sampai pencatatan cuti karyawan menjadi tugas Administrasi Perkantoran seorang staff personalia.

4. Personal Assistant

Orang-orang penting dengan tingkat kesibukan yang tinggi biasanya membutuhkan seorang personal assistant. Dengan keterampilan yang didapat dari Jurusan Administrasi Perkantoran, seorang personal assistant mampu membantu segala kegiatan atasannya.

5. Public Relations

Orang-orang penting dengan tingkat kesibukan yang tinggi biasanya membutuhkan seorang personal assistant. Dengan keterampilan yang didapat dari Jurusan Administrasi Perkantoran, seorang personal assistant mampu membantu segala kegiatan atasannya.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,521
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?