WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Pola Makan Buruk Saat Remaja, Bisa Menjadi Awal Siklus Stunting!

Masyarakat beranggapan bahwa isu stunting hanya untuk orang tua dan pasangan yang sudah menikah. Namun sebenarnya stunting adalah sebuah siklus.

Stunting, kondisi di mana anak mengalami gagal tumbuh akibat kekurangan gizi yang kronis. Gizi kronis ini dapat disebabkan beberapa faktor seperti kondisi ekonomi, lingkungan, usia sang ibu saat melahirkan dan seringnya anak mengalami infeksi pada pertumbuhannya.

Terlepas dari faktor di atas, ada faktor yang cukup penting dan harus menjadi perhatian sejak remaja yaitu pola makan dan asupan gizi yang tidak baik. 

Sunners, pernahkah kalian jajan sembarangan? Jajan sembarangan tanpa memperhatikan gizi makanan adalah pola makan buruk yang sering kita lakukan. Hal ini tentunya berbahaya pada kesehatan dan menimbulkan masalah pada gizi.

Jika remaja, khususnya remaja putri punya pola makan buruk dan asupan gizi yang kurang, maka nantinya ia berisiko punya anak kurang gizi dan si anak akan mencontoh pola makan ibunya dan terus berputar. Ini menjadi sebuah siklus stunting.

Sunners perhatikan informasi di bawah ini ya!

Infografis by Majalah Sunday

Stunting ini harus menjadi awareness sejak remaja. Apabila tidak ada awareness atau kesadaran sejak remaja, pola buruk ini akan berkembang hingga dewasa dan benar menjadi sebuah siklus awal terjadinya stunting.

Remaja sebagai garis depan inovasi dan agen perubahan diharapkan dapat terlibat dalam pencegahan stunting bersama pemerintah agar memperkecil berbagai potensi kerugian, baik dibidang kesehatan hingga pertumbuhan ekonomi.

Semuanya dapat terwujud jika dimulai dari diri kita sendiri ya Sunners! Dengan mengubah pola makan yang buruk menjadi hidup sehat memakan makanan kaya serat dan menghindari jajan sembarangan.

Dukung hari Gizi Nasional 25 Januari 2021 dengan menekan angka pertumbuhan stunting dimulai dari diri sendiri sejak remaja ini. 

Dengan begitu Sunners akan membantu meningkatkan perbaikan gizi dan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

 

Dionisius Arya, Universitas Kristen Satya Wacana.

Leave A Comment