Majalah Sunday

Persiapan Menjadi Atlet Indonesia:
Apa Saja yang Harus Kamu Siapkan?

Penulis: Ari Setiawan – Majalah Sunday

Halo, Sunners! Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang atlet profesional? Jika ya, kamu harus tahu bahwa menjadi atlet tidaklah mudah. Kamu harus memiliki bakat, minat, dan tekad yang kuat untuk menggapai impianmu. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki sekolah khusus olahraga yang akan membina dan melatihmu menjadi atlet Indonesia yang handal.

Sekolah khusus olahraga adalah sekolah yang menyediakan kurikulum akademik dan non-akademik yang berfokus pada pengembangan potensi olahraga siswanya. Di Indonesia, ada beberapa sekolah khusus olahraga yang tersebar di berbagai daerah, seperti Sekolah Khusus Olahraga Ragunan di Jakarta, SMA Negeri Olahraga Riau, SMP-SMA Olahraga Negeri Sriwijaya di Palembang, dan lain-lain.

Nah, jika kamu tertarik untuk masuk ke salah satu sekolah khusus olahraga tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini!

Atlet Indonesia, Cita-Cita yang Dapat Dicapai Lewat Cara Berikut

Cek yuk persiapkan dirimu dengan hal-hal berikut, pict by canva.com

Persiapan Menjadi Atlet Indonesia #1: Berlatih Sejak Dini

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah berlatih sejak dini. Kamu harus menentukan cabang olahraga yang sesuai dengan bakat dan minatmu, lalu berlatih dengan giat dan rutin untuk meningkatkan kemampuanmu. Dengan berlatih sejak dini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan bisa mengasah skillmu secara maksimal.

Salah satu contoh atlet yang berlatih sejak dini adalah Greysia Polii, juara Olimpiade Tokyo 2020 di cabang bulu tangkis ganda putri. Greysia mulai bermain bulu tangkis sejak usia 7 tahun dan bergabung dengan PB Djarum, salah satu klub bulu tangkis terbaik di Indonesia. Di sana, ia mendapatkan pembinaan dan pelatihan yang berkualitas dari pelatih-pelatih profesional.

Persiapan Menjadi Atlet Indonesia #2: Tekun dan Komitmen Penuh

Hal kedua yang harus kamu siapkan adalah tekun dan komitmen penuh. Menjadi atlet bukanlah hal yang instan. Kamu harus bersabar dan berusaha keras untuk mencapai tujuanmu. Kamu juga harus memiliki komitmen penuh untuk menjaga kesehatan, disiplin, dan motivasi dirimu.

Contohnya seperti Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 meter U-20 tahun 2018. Zohri berasal dari keluarga miskin di Lombok dan hidup tanpa orang tua. Namun, ia tidak menyerah dengan keadaannya dan terus berlatih lari dengan gigih. Ia bahkan rela berlari tanpa alas kaki karena tidak punya uang untuk membeli sepatu. Dengan tekad dan komitmen yang kuat, ia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Persiapan Menjadi Atlet Indonesia #3: Mencari Dukungan

Hal ketiga yang harus kamu siapkan adalah mencari dukungan. Untuk memaksimalkan usahamu menjadi atlet, kamu membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitarmu. Dukungan tersebut bisa berasal dari keluarga, teman, guru, pelatih, atau orang lain yang peduli dengan karirmu.

Dengan adanya dukungan, kamu akan merasa lebih termotivasi dan percaya diri untuk menghadapi tantangan dan rintangan yang ada. Kamu juga akan mendapatkan bantuan dan saran yang berguna untuk memperbaiki kekuranganmu.

Salah satu contoh atlet yang mendapatkan dukungan adalah Eko Yuli Irawan, peraih medali perak angkat besi Olimpiade Tokyo 2020. Eko berasal dari keluarga nelayan di Lampung dan mulai berlatih angkat besi sejak usia 12 tahun. Ia mendapatkan dukungan dari keluarganya yang mengizinkan ia untuk berlatih di Jakarta dengan pelatih nasional. Ia juga mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitarnya yang menggalang dana untuk membiayai kebutuhan hidupnya.

Persiapan Menjadi Atlet Indonesia #4: Memenuhi Kebutuhan Gizi

Hal keempat yang harus kamu siapkan adalah memenuhi kebutuhan gizi. Asupan gizi yang seimbang dan cukup sangat penting untuk mendukung performa olahragamu. Khususnya dalam mendukung peningkatan massa otot saat latihan maupun berkompetisi.

Asupan protein yang cukup akan membantu mendukung proses pemulihan sel-sel otot sekaligus meningkatkan massa otot. Selain itu, asupan karbohidrat dan cairan juga harus dikontrol agar energi dan hidrasi tetap terjaga.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi, kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan protein, seperti daging, telur, susu, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang, dan buah-buahan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari.

Persiapan Menjadi Atlet Indonesia: Apa Saja yang Harus Kamu Siapkan?

Yuk persiapkan dirimu menjadi atlet, pict by canva.com

Itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan untuk menjadi atlet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang sekolah khusus olahraga di Indonesia, kamu bisa mengunjungi situs web berikut:

Sekolah Atlet Ragunan – Cari Tahu Yuk Tentang Sekolah Ini! (majalahsunday.com)

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,090
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?