Majalah Sunday

Pendidikan Seksual untuk Remaja:
Cara Membangun Kesadaran

Penulis: Abdul AzizĀ 

Pendidikan seksual untuk remaja itu penting ngga sih? Kenapa sih harus ada pendidikan seksual untuk remaja? Gimana pendapat Sunners kalau ada orang yang memberikan pertanyaan itu kepada kalian? Bingung, atau sudah tau jawabannya? Kalau bingung boleh banget nih, simak informasi lengkapnya di sini.

Ilmu tentang seksualitas memang sering dianggap tabu oleh beberapa golongan, apalagi bagi golongan remaja. Tidak jarang juga topik tentang seksualitas ini dianggap kontroversial untuk dibicarakan di lingkungan sekitar. Tapi tau ngga sih? Pada kenyataanya ilmu seksualitas itu sangat penting lho, bahkan diharuskan sejak dini dan lebih utama lagi diterapkan ke dalam sistem pendidikan, terutama di sekolah. Mengapa seseorang membutuhkan kesadaran tentang pendidikan seks sejak dini di sekolah? Berikut empat alasannya.

Pendidikan seksual untuk remaja

Gak dapetin pendidikan seksual memiliki dampak buruk bagi relasi kita lho, pict by canva.com

1. Menghindari Terjadinya Hamil Di Luar Nikah

Manfaat utama dari pendidikan seks untuk remaja pada sekolah yang terpenting adalah mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Kehamilan yang terjadi saat usia remaja bisa menjadi masalah yang sangat penting. Hal itu juga dapat berakibat buruk untuk kesehatan mental, fisik, kehidupan sosial, dan akademis mereka. Pendidikan seks bisa memberikan pengetahuan yang tepat perihal kontrasepsi dan cara menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Lewat pendidikan seks di sekolah, siswa bisa belajar tentang berbagai macam jenis alat kontrasepsi, bagaimana cara menggunakannya, dan efektivitas pada masing-masing jenis alat tersebut. Hal itu bisa membantu siswa memilih alat kontrasepsi yang tepat dan menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

2. Membantu Memahami Tubuh

Pendidikan seksual untuk remaja akan membantu siswa lebih memahami bagaimana tubuh manusia bekerja dan berkembang. Ilmu tentang seksualitas bisa membentuk siswa paham, bagaimana tubuh pada manusia bekerja dan berkembang. Hal ini bisa membantu siswa paham akan perubahan yang terjadi pada tubuh mereka selama pubertas. Alhasil anak pun bisa bersiap diri secara mental dan fisik. Dalam pendidikan seks di sekolah, siswa bisa belajar mengenai anatomi tubuh manusia, bagaimana fungsinya secara seksual, serta perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh selama perkembangan dari anak-anak menuju remaja.

3. Membantu Membangun Hubungan yang Sehat dan Aman

Ilmu tentang seksualitas bisa membantu siswa paham, bagaimana caranya membangun hubungan yang sehat dan aman. Hal tersebut dapat membantu siswa paham betapa pentingnya untuk saling menghormati dalam berhubungan, saling menghargai batas-batas pribadi, serta bagaimana cara berkomunikasi secara baik dan benar dengan pasangan mereka. Dalam pendidikan seks di sekolah, siswa bisa belajar tentang bagaimana cara membangun hubungan yang sehat dan aman, dan bagaimana menghindar dari hubungan yang tidak baik dan berbahaya. Mereka bisa belajar tentang betapa pentingnya mendapat persetujuan dalam berhubungan seksual, dan bagaimana mengetahui tanda-tanda kekerasan dalam hubungan.

4. Membantu Siswa Lebih Terbuka

Ilmu seksualitas bisa membantu mengurangi stigma dan malu yang berkaitan dengan pembahasan seksualitas. Saat siswa menerima pendidikan seks yang tepat dan terbuka, mereka akan merasa lebih nyaman dan terbuka, ketika membicarakan masalah seksual dengan orang lain. Pada pendidikan seks di sekolah, siswa bisa belajar tentang nilai-nilai seks positif, dan pentingnya menghormati satu sama lain. Mereka juga bisa menghargai perbedaan dalam identitas gender dan seksualitas. Hal ini bisa membantu mengurangi stigma dan malu yang berkaitan dengan pembahasan seks

Pendidikan seksual untuk remaja

Gak dapetin pendidikan seksual memiliki dampak buruk bagi relasi kita lho, pict by canva.com

Gimana, Sunners? Sekarang sudah sudah paham kan sepenting apa pendidikan seksual itu? Perlu ditekankan juga bahwa ilmu seksualitas merupakan pembahasan yang sangat penting dan perlu diterapkan pada sistem pendidikan, terutama di sekolah. Dengan memberikan informasi yang tepat dan terbuka, pendidikan seks bisa membantu siswa menghindari risiko buruk seksualitas, serta membangun hubungan yang sehat dan aman.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 109
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?