Majalah Sunday

Pakai Teknik Belajar Feynman
Biar Lebih Cepat Paham Pelajaran

Penulis: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Ketika belajar, seringkali kita mengalami kesulitan, misalnya sulit untuk memahami suatu materi pelajaran. Hal itu mungkin bisa terjadi karena teknik atau cara belajar yang kamu terapkan kurang cocok denganmu. Nah, kali ini, kita akan bahas salah satu teknik belajar yang bisa membantu kamu untuk lebih cepat memahami pelajaran. Yup, teknik belajar Feynman.

Apa Itu Teknik Belajar Feynman?

Teknik belajar Feynman, dinamakan sesuai dengan fisikawan terkenal yang menggagas teknik ini, yaitu Richard Feynman. Metode atau teknik belajar Feynman merupakan metode belajar yang berfokus pada pemahaman konsep secara mendalam dan kemampuan untuk menjelaskannya dengan sederhana. Dalam teknik ini, kamu dapat memahami suatu topik yang sulit dipahami dengan cara menjelaskannya kembali kepada orang lain. Ketika kamu ingin menjelaskan sesuatu kepada orang lain, kamu menjadi terdorong untuk menjelaskannya dengan sederhana, jelas, ringkas, serta dengan bahasa yang mudah dipahami.

Langkah-Langkah Teknik Belajar Feynman

1. Pilih konsep

Pilih konsep atau topik tertentu yang ingin dipelajari. Setelah itu, fokuskan pada pemahaman dasar konsep tersebut sebelum lanjut mempelajari poin-poin yang lebih dalam dari materi tersebut.

2. Ajarkan konsep kepada orang lain (secara real maupun imajinasi)

Usahakan untuk menjelaskan konsep kepada orang lain, baik itu teman sekelas, teman belajar, atau bahkan cukup imajinasikan dalam pikiranmu. Kemudian gunakan bahasa yang sederhana dan hindari istilah-istilah yang sulit dipahami.

Teknik Belajar Feynman

Mengajarkan suatu materi kepada orang lain dapat membantumu memahami lebih dalam, Sunners, pict by canva.com

3. Mencermati penjelasan dan periksa apakah ada poin yang terlewat

Jika ada bagian dalam penjelasanmu yang tidak dapat dijelaskan dengan sederhana, tandai bagian tersebut sebagai bagian yang belum kamu pahami sepenuhnya. Kemudian, kamu dapat membaca dan mempelajari kembali materi tadi untuk memperdalam pemahamanmu. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui bagian mana yang sulit untuk kamu pahami dan mengetahui apabila ada poin-poin yang terlewat.

4. Sederhanakan dan review

Setelah mencermati penjelasanmu, kamu dapat kembali menjelaskan konsep dengan lebih sederhana sesudah kamu merasa yakin memahaminya. Terakhir, review kembali penjelasanmu, dan tandai apakah ada bagian lain yang masih sulit dipahami atau kurang jelas.

Keunggulan Teknik Belajar Feynman

Keunggulan dari teknik belajar Feynman adalah bahwa proses menjelaskan konsep kepada orang lain membuat seseorang dapat menyusun pemahaman mereka dengan cara yang sederhana dan jelas. Dengan melakukan hal ini, kita dapat mengetahui kekurangan dalam pemahaman kita sendiri dan fokus pada bagian yang memerlukan pemahaman lebih dalam.

Teknik ini juga menggambarkan konsep bahwa kita seharusnya tidak puas dengan pemahaman yang asal-asalan. Namun sebaliknya, kita harus berusaha untuk memahami dengan mendalam sehingga kita dapat menjelaskannya dengan sederhana kepada orang lain. Teknik belajar Feynman cocok untuk pembelajaran konsep-konsep yang kompleks dalam berbagai disiplin ilmu, dan bukan hanya fisika saja, Sunners.

Teknik Belajar Feynman

pict by canva.com

Itulah penjelasan mengenai teknik belajar Feynman yang dapat kamu terapkan jika merasa kesulitan memahami suatu materi. Sebenarnya, masih ada berbagai teknik atau metode belajar lain yang bisa kamu terapkan sesuai dengan kebutuhanmu. Teknik-teknik belajar yang lainnya dapat kamu baca di sini, ya, Sunners. Sampai jumpa, semoga bermanfaat!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 81
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?