Majalah Sunday

Mengenal KBGO (Kekerasan Berbasis Gender Online) dan Penanganannya

Penulis: Valerizma Mutia Sari – PoliMedia Jakarta
Editor: Lukman Al hakim – SMKN 40 Jakarta

Hai, Sunners! Tentunya istilah “Kekerasan Seksual” atau “Kekerasan Berbasis Gender” gak lagi asing di telinga Sunners kan? Nah, di era yang apa-apa serba online ini, kasus kekerasan seksual seringkali terjadi di media daring loh! Kasus tersebut biasa disebut dengan KBGO. Yuk, kenalan dulu sama KBGO!

KBGO merupakan singkatan dari Kekerasan Berbasis Gender Online. Singkatnya, KBGO merupakan kekerasan yang difasilitasi teknologi atau media yang bersifat daring. Seperti halnya kekerasan berbasis gender di dunia nyata, kekerasan tersebut harus memiliki niatan atau maksud melecehkan berdasarkan gender atau seksual.

Mengenal KBGO

Mengenal KBGO dan Penanganannya, pict by canva.com

Terus apa aja sih yang termasuk KBGO?

Cyber Harassment

Pelecehan online atau Cyber Harassment merupakan suatu gangguan berupa berbagai bentuk ancaman, pemerasan pelecehan maupun intimidasi yang dilakukan melalui media online. 

Sexting

Sexting merupakan aktivitas mengirim foto telanjang maupun setengah telanjang yang dilakukan pelaku kepada korban tanpa konsensus/izin dari si penerima.

Cyber Stalking

Cyber Stalking atau yang biasa disebut tracking ini bukan seperti kamu stalking doi pada umumnya lho. Tetapi, stalking berjenis KBGO ini juga mencakup pelacakan GPS korban, mengambil foto/video pribadi korban maupun melakukan peretasan. Biasanya pelaku melakukan hal ini untuk menguntit korban dan melakukan aksinya. 

Revenge Porn

Pasti istilah ini sudah nggak asing lagi kan, Sunners? Yap, Revenge Porn atau Malicious Distribution Content merupakan ancaman untuk menyebarkan video/foto  korban dengan tujuan pemerasan. 

Cyber Recruitment

Simpelnya, Cyber Recruitment merupakan kata lain dari grooming. Grooming merupakan tindakan memanipulasi korban sehingga ia tergiring untuk melakukan sesuatu yang berbahaya dan merugikan dirinya sendiri. 

Morphing

Morphing merupakan tindakan di mana pelaku menggunakan foto/video korban dengan tujuan merusak reputasi korban yang berada dalam konten tersebut.

Scammer

Scammer merupakan penipuan yang biasanya dilakukan di dating apps dengan cara  membuat identitas hingga cerita palsu dengan tujuan meminta uang. Namun, scammer bisa juga dilakukan dengan tujuan meminta foto/video pribadi korban untuk tujuan yang tidak senonoh lho.

Non-Consensual Dissemination of Intimate Image

Tindakan membagikan atau menyebarkan foto, video maupun ujaran yang berisi materi seksual seseorang tanpa persetujuan.

Impersonating

Mengambil dan menggunakan identitas, foto dan video korban dan membuat akun palsu dengan tujuan merusak reputasi korban, menghina korban hingga melakukan penipuan. 

KBGO

Wah.. Ngeri-ngeri banget ya, Sunners. Tapi, kalau sudah tau gini, tentunya kita akan lebih aware kan dengan KBGO. Lho terus gimana min kalau suatu saat kita mengalami KBGO? Meskipun penanganan penyebaran konten intim non-konsensual tidak memiliki solusi yang tunggal karena situasi yang berbeda-beda, secara umum, jika menghadapi ancaman jenis ini ada beberapa hal yang bisa segera dilakukan. Dilansir dari instagram @awasKBGO , berikut yang harus kamu lakukan jika mengalami KBGO:

Simpan barang bukti berikut ini:

-Screenshot yang menunjukan kalimat ancaman yang disebutkan pelaku.
-Tautan ke profil atau postingan media sosial yang digunakan pelaku. Sunners bisa lihat caranya di https://s.id/simpantautan
Ingatlah untuk menyimpan barang bukti di tempat yang tidak terlihat namun aman dan simpanlah barang bukti dalam bentuk catatan kejadian kronologis.

Batasilah akses komunikasi pelaku

Tutup semua jalur komunikasi dengan pelaku untuk menghindari ancaman yang biasanya dilakukan terus menerus dengan:
-Memblokir pelaku
-Deaktivasi akun digital untuk sementara
-Menghapus/mengganti akun secara permanen

Lakukanlah pemetaan risiko

Cari tahu kebutuhan utama dan hal-hal yang bisa diupayakan untuk antisipasi selanjutnya. Gunakan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk melakukan pemetaan risiko sederhana:
-Apa kekhawatiran utama dalam menghadapi ancaman penyebaran konten intim ini?
-Apa saja informasi tentang diri yang dimiliki pelaku?
-Apakah konten intim yang dimiliki pelaku menunjukkan wajah atau hal-hal lain yang dapat mengidentifikasi diri dengan jelas?

Melapor ke platform digital

Setiap platform digital tentunya menyediakan halaman khusus untuk melaporkan konten yang melanggar atau menyalahi peraturan. Laporkan akun/postingan di platform digital yang digunakan pelaku untuk mencegah konten intim tersebar lebih luas. Namun, perlu diingat untuk menyimpan barang bukti sebelum melaporkan postingan maupun akun.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa kita lakukan ketika menghadapi KBGO. Sunners juga bisa follow akun advokasi mengenai isu KBGO di instagram @awaskbgo dan unduh panduan lengkap mengenai cara menghadapi isu ini ya. 

Stay safe and aware, Sunners!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 953
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?