Majalah Sunday

Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi: Bagaimana Caranya?

Penulis: Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Berkomunikasi memang terdengar mudah untuk kita lakukan, tapi ada beberapa orang yang merasa dirinya tidak pandai dalam berkomunikasi. Mereka cenderung merasa gugup, atau tidak tahu ingin membicarakan apa ketika sedang berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang timbal balik, karena sejatinya manusia merupakan makhluk sosial. Berikut cara mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bagaimana caranya? Yuk simak.

Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi: Bagaimana Caranya?​

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi

Pada zaman sekarang ini, teknologi digital digunakan sebagai media komunikasi yang cukup signifikan sehingga ketika terputus seseorang merasa bahwa dirinya tertinggal dari banyak hal. Perlu diketahui bahwa dengan berkomunikasi, seseorang menjadi tahu apa yang kita rasakan dan apa yang kita inginkan sehingga diperlukannya prinsip keterbukaan dan kejujuran. Bagi pihak yang mendengarkan, perlu memperhatikan dan mendengarkan secara seksama agar dapat memahami apa yang disampaikan lawan bicara.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, komunikasi yang baik adalah komunikasi yang timbal balik. Ada proses di mana seseorang berbicara dan mendengarkan. Namun, ada juga beberapa orang yang kesulitan untuk berkomunikasi. Terkadang orang tersebut terlalu memikirkan apa yang akan dipikirkan lawan bicaranya, meskipun hal tersebut juga perlu dipertimbangkan ketika akan memilah kata-kata dalam berbicara.

Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi: Bagaimana Caranya?​

Untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut: 

  1. Menyampaikan tujuan dengan jelas
  2. Tidak perlu terlalu memikirkan hal yang tidak bisa kamu kontrol
  3. Menghargai lawan bicara
  4. Bersikap percaya diri
  5. Membuat komunikasi menjadi nyaman dan menyenangkan
  6. Bersikap natural

Komunikasi itu bersifat dinamis, hal-hal tersebut dapat dilatih secara terus menerus agar komunikasi berjalan dengan nyaman dan santai sehingga pembicaraan tidak menjadi kaku.

Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi: Bagaimana Caranya?​

Cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Ada beberapa hal agar kemampuan kamu dalam berkomunikasi dapat meningkat seperti berikut:

  1. Memahami topik pembicaraan. Memahami topik yang sedang dibicarakan sangat penting agar kamu dapat memahami sehingga pembicaraan menjadi lebih menarik.
  2. Hindari memotong pembicaraan. Memotong pembicaraan adalah hal yang kurang sopan, cobalah untuk mendengar dan memahami pembicaraan hingga selesai agar dapat memberikan respon yang maksimal.
  3. Mengatur kecepatan dalam berbicara. Dalam berkomunikasi, kecepatan sangat berpengaruh, hindari berbicara terlalu cepat dan cobalah untuk berbicara dengan lebih santai dan jelas agar pendengar menjadi nyaman.
  4. Memperhatikan nada dan intonasi. Dalam berkomunikasi, selalu memperhatikan nada dan intonasi, ini bisa mempengaruhi emosi audiens yang mendapatkan pesan yang kita sampaikan.

Tidak perlu memilih bahan komunikasi yang berat, seperti berdiskusi pada suatu berita yang sedang aktual. Namun, komunikasi kecil yang dilakukan sering akan sangat membantu. Pastikan untuk mendapatkan lawan bicara yang memahami posisi kita saat ini di mana sedang belajar untuk meningkatkan komunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 22
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?