WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mau Jadi Wirausahawan Muda? Simak 6 Tips dari Co-Founder Tokopedia ini

Halo, Sunners.

Pada tanggal 15 November 2019, North Jakarta International School mengadakan seminar From Zero to Multi-Billion Dollar Company. Co-founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, adalah narasumbernya.

Acara dibuka dengan sambutan kepala sekolah NJIS, Thomas R, Bhendel. Beliau memaparkan pandangannya terhadap dunia teknologi sekarang. Menurutnya, rintisan usaha (start up) sudah berimbas ke segala aspek kehidupan, khususnya ekonomi Indonesia. Maka, hal paling dasar yang diperlukan adalah wirausahawan muda yang bergerak di bidang digital.

Berangkat dari hal tersebut, Leontinus mulai menceritakan bagaimana perkembangan Tokopedia. Rintisan usaha di bidang ekonomi-digital ini nggak begitu aja berhasil. Ada tantangan sekaligus halangannya baik dari masa lalu maupun sekarang. Tantangan tadi nggak membuat setiap elemen yang ada di Tokopedia menyerah, lho. Mereka masih tetap berkarya dan berlanjut sampai sekarang.

Dalam salah satu sesi, lulusan Unika Atma Jaya Yogyakarta ini membagikan beberapa tips jika ingin menjadi wirausahawan muda, nih. Kalian penasaran, nggak? Inilah tips-tips yang membawa Tokopedia sampai sesukses sekarang.

 

Peka terhadap sekitar

(Foto/Pexels)

Tokopedia pertama kali dicetuskan ketika Pak Leon dan William, selaku CEO Tokopedia, melihat adanya kesenjangan antara harga bahan pokok di desa dan kota. Harga di desa ternyata lebih rendah daripada harga yang ada di kota. Atas kepekaaan inilah, mereka ingin membuat aplikasi yang sekiranya bisa mengatasi masalah tadi. Sekarang, udah hadir Tokopedia sebagai solusinya. Nah, sebagai wirausahawan muda, tentunya kalian harus punya rasa peka yang lebih. Bukan cuma tahu kalau ada suatu masalah, tapi gimana caranya agar masalah tadi bisa diatasi dengan kemampuan yang kalian miliki.

 

Berpikir out of the box

(Foto/Pexels)

Konsep out of the box berarti bagaimana kalian bisa menemukan ide unik dan berbeda sebagai jalan keluar suatu masalah. Seperti pemikiran Pak Leon dan William tadi. Mereka berinisiatif untuk membuat aplikasi. Aplikasi yang dimaksud itu berbasis ekonomi yang pada waktu emang terbilang masih baru. Kalau pun ada, mungkin nggak sebanyak sekarang. Makanya, mereka nggak tahu akan kayak gimana ke depannya—terus bertahan atau malah nggak berhasil dan bangkrut. Tapi, sekarang Tokopedia udah berhasil banget, nih.

 

Jalin komunikasi yang baik

(Foto/Pexels)

Komunikasi yang dimaksud di sini adalah bagaimana dengan saling bertukar pikiran bisa membawa perubahan yang lebih baik. Karena, tanpa adanya komunikasi yang baik, hubungan antarorang bisa-bisa malah jadi nggak bagus, lho. Pak Leon sendiri mencontohkan bahwa dirinya selalu berusaha mempunyai komunikasi yang baik dengan seluruh elemen di Tokopedia. Dengan begitu,

 

Terus mencari

(Foto/Pexels)

Siapa sangka ternyata cikal bakal karakter wirausahawan muda itu pengen tahu terus alias kepo. Dengan kepo, kalian bakal terus mencari hal yang belum ada sebelumnya dan mendapatkan suatu inovasi baru. Sebut aja Pak Leon yang memanfaatkan karakter keponya ini buat mencari strategi baru. Tentunya, strategi ini didapat dari sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Tuh, kan, kepo emang nggak selamanya negatif, nih.

 

Harus bisa menyelesaikan masalah

(Foto/Pexels)

Hidup adalah tentang menyelesaikan masalah yang selalu ada di hidup. Begitulah yang disampaikan Pak Leon dalam seminar kali ini. Makanya, salah satu karakter yang harus ada buat kalian yang pengen jadi wirausahawan muda adalah kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving). Bukan cuma masalah selesai, tapi bagaimana setelah masalah tadi selesai, kalian bisa menemukan sesuatu yang baru.

 

Berkolaborasi

(Foto/Pexels)

Segala hal, apapun itu, harus didasari oleh kolaborasi atau kerjasama. Dengan mengutamakan kolaborasi, sebuah rintisan usaha akan menjadi baik dan kuat. Sebagus apa pun sebuah perusahaan, pasti di dalamnya terdapat kerjasama tim yang bagus. Begitu juga di Tokopedia. Pak Leon selalu berusaha agar semua elemennya mampu bekerja sama demi kemajuan market place yang udah jadi nomor 1 di Indonesia ini.

 

Semoga tips-tips dari co-founder Tokopedia, Leontinus Alpa Edison, ini bisa bermanfaat buat kalian yang ingin berkarir jadi wirausahawan muda ya.

Leave A Comment