WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Masih Bingung Mau Masuk Sekolah Jurusan Apa? Berikut Perbedaan MAN, SMA dan SMK

Hai Sunners masih bingung untuk melanjutkan sekolah kemana? Dan belum tau perbedaan dari MAN, SMA dan SMK?

 

Nah Sunners, masih banyak temen-temen yang bingung nih untuk menentukan sekolah lanjutan. Sebelum kita lanjut bahas tentang pilihan-pilihan sekolah, mimin mau tanya dulu nih, kira-kira pertimbangan apa yang Sunners sudah lakukan dalam memilih sekolah lanjutan? Apakah karena pilihan orang tua? Ikut teman? Atau karena sekolah yang kamu pilih itu populer banget?. Berhubung pemilihan sekolah lanjutan dapat mempengaruhi atau sebagai faktor masa depan kalian, mimin berharap kalian tidak memilih sekolah karena faktor ikut temen atau sekolah yang kamu pilih hits banget, karena sering banget nih mimin temui temen-temen atau siswa yang nyesel memilih sebuah sekolah, karena awal dia memilih ikut-ikutan temen. Sehingga dia tidak dapat mengikuti pelajaran tersebut dengan baik, karena bukan fashion dia dalam peminatan dalam pelajaran yang diinginkan.

 

Jadi untuk menghindari hal tersebut, mimin akan jelaskan perbedaan MAN,SMA dan SMK. Agar kalian gak salah pilih, yuk simak!

 

1. Madrasah Aliyah (MA) & Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Madrasah Aliyah adalah jenjang pendidikan sebagai lanjutan dari SMP/MTs. Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) sama dengan kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA). Perbedaannya adalah SMA dikelola Depdikbud, sedangkan MA dikelola oleh Depag.
Tambahan Mata Pelajaran yang diberikan di Madrasah Aliyah (MA)
1. al-Quran dan Hadist
2. Aqidah dan Akhlak
3. Fiqih
4. Sejarah Kebudayaan Islam
5. Bahasa Arab 

 

2. Sekolah Menengah Atas (SMA)
Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah sekolah tingkat terakhir yang dilalui siswa sebelum memasuki jenjang pendidikan tinggi. Sekolah umum berbeda dengan SMK yang memiliki jurusan tertentu. Waktu yang harus ditempuh adalah 3 tahun. Siswa yang sudah lulus dari SMP kemudian lanjut ke pendidikan tingkat atas yaitu SMA. Secara umum siswa-siswa SMA berumur antara 16 sampai dengan 18 tahun meskipun tidak menutup kemungkinan ada yang usianya lebih muda maupun lebih tua. Masa SMA adalah masa di mana setiap individu sedang berada pada tahap perkembangan remaja. Sehingga wajar kalau rasa ingin tahunya terhadap kehidupan sangat besar.

  1. Ilmu Pengetahuan Alam
    Jurusan IPA di sini adalah jurusan yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan sains dan alam. Jurusan yang melakukan observasi, eksperimen penyimpulan, penyusunan teori dan seterusnya. Kebanyakan anak anak IPA itu anak yang sangat suka dalam hal berhitung dan juga berpikir.
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial
    Secara singkat jurusan IPS di SMA merupakan tempat bagi mereka yang tertarik mempelajari tentang hubungan antar manusia dan hubungan manusia dengan lingkungannya serta berbagai aspek sosial lainnya melalui berbagai mata pelajarannya. Selain itu, IPS juga mempelajari kehidupan sosial dan mengkaji bagaimana hubungan manusia dengan sesamanya di lingkungannya, dengan tetangga, maupun orang lain. 
  3. Ilmu Bahasa
    Banyak yang berpikir kalau anak bahasa itu cuma belajar bahasa Indonesia saja. Tentu tidak, di SMA banyak mempelajari bahasa lain seperti, bahasa asing, dan bahasa daerah. Jadi, anak bahasa itu kaya sekali dengan pengetahuan bahasa dan budayanya. Kamu juga akan belajar karya sastra dari beberapa negara yang dipelajari. Asyik dan seru bukan? Jadi, kamu tidak hanya bisa bahasa Inggris melainkan kamu akan banyak belajar banyak bahasa.

Nah, apapun jurusan SMA nanti yang akan kamu pilih, pastikan sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu. Sehingga ketika kalian belajar kalian menyukainya dan mudah dalam belajar.

Wah, banyak juga ya Sunners, yang dipelajari di jenjang SMA? Betul banget. Tapi, kamu jangan stres dulu dengan banyaknya jumlah mata pelajaran yang harus kamu pelajari. Kamu tidak diminta untuk menguasai semua mata pelajaran dan kamu memiliki kesempatan untuk mengenal dan mempelajari berbagai cakupan bidang ilmu. Kamu bisa fokus dengan apa yang kamu sukai dan cobalah untuk ditekuni.

 

3. Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )

Nah, kalau SMA sifatnya umum, sedangkan SMK sifatnya spesifik. SMK adalah sekolah yang mempersiapkan siswa-siswanya untuk dapat bekerja setelah lulus dari sekolah. jadi di SMK kamu nanti akan mendapatkan suatu keahlian sesuai dengan yang kamu pilih ketika masuk SMK sesuai dengan bakat dan minat kamu. Di SMK nanti akan mempelajari dengan berbagai materi yang terkait skill ataupun keahlian. berbeda dengan SMA yang memfokuskan kepada pengetahuan umum, sehingga kebanyakan lulusan SMA harus melanjutkan ke Universitas baru siap untuk bekerja, berbeda dengan SMK lebih diperuntukan untuk kalian yang memiliki tujuan setelah lulus siap untuk bekerja ataupun membuka lapangan pekerjaan

  1. Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ )
    Di jurusan ini, kamu akan mempelajari seluk beluk komputer, jaringan komputer dan implementasinya. TKJ merupakan kejuruan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, dan  mengenal komponen komputer. Peluang kerja jurusan TKJ sangatlah banyak, karena banyak perusahaan yang mencari karyawan yang memiliki kelebihan dalam bidang teknologi.
  2. Akuntansi
    Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Jurusan yang sangatlah dekat dengan yang namanya uang dan angka. Lulusan akuntansi sering di bilang pantang pulang sebelum balance, karena pada hakikatnya apabila keuangan kurang 0 saja itu pastinya bermasalah. Jadi banyak yang bilang lulusan akuntansi itu adalah idaman. Kurang 0 aja diperjuangkan apalagi kamu? uhuy.
  3. Tata Boga
    Pada jurusan ini, kalian akan belajar tentang bagaimana cara memasak yang benar. Jurusan ini dikhususkan untuk anak anak yang suka dengan dunia masak, dan yang mempelajari teknik penyajian makanan dan minuman dengan memperhatikan estetika, kualitas rasa dan kebutuhan nutrisi. 
  4. Tata Busana
    Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang pola pakaian, desain, mode, serta usaha bidang sandang/pakaian dan juga akan mempelajari tata cara dalam pembuatan busana.
  5. Keperawatan
    Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai keahlian dasar untuk menjadi seorang perawat.

Jadi aku harus pilih sekolah yang mana dong?

Nah kalau ini, kembali lagi ke diri kalian masing masing. Sunners harus memutuskan, kalian minat di bidang dan pelajaran apa?. Kalau kamu sudah tau nantinya mau berkarir di mana, dan minat dengan bidang ilmu tertentu, maka sebaiknya kamu masuk ke SMK. Sedangkan untuk MA/MAK, menurut mimin ini cocok untuk kamu yang  pengen  mendalami Agama Islam secara lebih mendalam. Walaupun kualitas SMK masih sangat bervariasi (tergantung akreditasi sekolahnya), ada 1 keunggulan SMK yang patut kamu pertimbangkan, yaitu kesempatan untuk langsung merasakan dunia kerja.

Hampir semua SMK sudah memiliki kerjasama ke perusahaan-perusahaan tertentu. Jadi, setelah lulus SMK, kamu bisa melamar pekerjaan melalui perusahaan yang telah bekerja sama dengan sekolahmu.

Bahkan, pada saat SMK kamu akan melakukan praktek kerja lapangan. Sehingga kamu dapat merasakan dunia kerja selama 3 bulan atau lebih. Dari pengalaman kamu, bisa dijadikan suatu hal penting untuk kedepannya. Kamu bisa mengetahui dunia kerja di saat sekolah di SMK.

Dan pada akhirnya, semua keputusan tetap ada di tangan kamu (dengan persetujuan orang tua, tentunya). Pastikan sebelum kamu memilih, kamu sudah mencari tahu tentang sekolah tersebut. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat masuk sekolah.

Gimana Sunners? sudah kebayang sekolah mana yang kamu tuju? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian ya dalam kebingungan kalian dalam memilih sekolah. Sukses selalu, see you!

 

Penulis : Elsa Riyana | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment