Majalah Sunday

Manfaat Senam
Sebagai Kunci Gaya Hidup Sehat

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Mungkin ada yang bertanya “apakah senam bisa menjadikan tubuh kita lebih sehat, lalu apa manfaatnya bagi tubuh kita?” Buat yang masih bingung, yuk simak terus materi yang mau Mimin bagikan terkait manfaat senam dan kaitannya dengan gaya hidup sehat! 

Benar, senam merupakan pola dalam mewujudkan gaya hidup aktif dan sehat. Senam adalah jenis aktivitas fisik yang melibatkan gerakan tubuh tertentu dengan tujuan meningkatkan kebugaran fisik, fleksibilitas, kekuatan otot, dan keseimbangan. Ini cocok bangat loh buat kalian yang suka berolahraga sambil dengerin musik karena senam sendiri dilakukan dengan iringan musik yang telah ditentukan. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari senam dalam menjaga gaya hidup aktif dan sehat:

Mau hidup sehat tapi gak mau sampai capek kewalahan? Yuk dapatkan manfaat senam dan wujudkan gaya hidup sehat sejak remaja.

Apa sih manfaat dari kita olahraga senam, pict by canva.com

Manfaat Senam #1: Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Salah satu manfaat utama dari senam adalah peningkatan kebugaran kardiovaskular. Dengan melakukan senam secara teratur, tubuh kita akan mengalami peningkatan dalam hal sirkulasi darah dan kerja jantung. 

Gerakan-gerakan senam yang melibatkan otot besar tubuh seperti lari, bersepeda, atau aerobik membantu memperkuat jantung dan paru-paru kita. Ini berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi dapat disalurkan ke seluruh tubuh dengan lebih efisien, sehingga meningkatkan daya tahan fisik dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, senam juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Manfaat Senam #2: Meningkatkan Fleksibilitas

Dalam proses senam, terdapat banyak gerakan yang melibatkan peregangan otot-otot tubuh. Melakukan senam secara teratur akan membantu memperbaiki kelenturan dan fleksibilitas otot-otot kita.

Dengan meningkatnya fleksibilitas, kita dapat melakukan gerakan tubuh dengan lebih leluasa dan efisien. Fleksibilitas yang baik juga dapat mengurangi risiko cedera pada otot dan sendi, serta meningkatkan postur tubuh yang sehat.

Manfaat Senam #3: Meningkatkan Kekuatan Otot

Selama melakukan senam, kita akan melibatkan berbagai gerakan dan latihan yang menargetkan berbagai kelompok otot, seperti otot lengan, kaki, perut, dan punggung. Dengan melakukan senam secara teratur, otot-otot tersebut akan terlatih dan menjadi lebih kuat.

Keberhasilan senam dalam meningkatkan kekuatan otot didasarkan pada prinsip overload, di mana kita memberikan beban atau tuntutan yang cukup pada otot sehingga mereka merespons dengan memperkuat dan memperbesar serat otot.

Manfaat Senam #4: Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Saat kita melakukan senam, kita akan melibatkan gerakan-gerakan yang melibatkan koordinasi antara berbagai anggota tubuh, seperti kaki, tangan, dan mata. Latihan-latihan yang melibatkan gerakan melompat, mengayun, atau berputar membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh secara keseluruhan.

Manfaat dari meningkatnya keseimbangan dan koordinasi tubuh melalui senam adalah meningkatnya kemampuan kita dalam menjaga postur yang baik, mengurangi risiko terjatuh, dan meningkatkan performa dalam aktivitas sehari-hari.

Manfaat Senam #5: Meningkatkan Kesehatan Mental

Senam tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan mental. Ketika kita melakukan senam, tubuh kita melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Ini memberikan perasaan nyaman dan senang, serta membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Selain itu, senam juga dapat menjadi bentuk pengalihan dari pikiran negatif dan membantu kita fokus pada gerakan tubuh kita, sehingga mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Dengan memahami manfaat senam, maka kamu dapat hidup sehat lebih lagi

Yuk ajak teman-temanmu untuk hidup sehat dengan senam, pict by canva.com

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari senam, penting untuk menjaga konsistensi dan variasi dalam latihan. Pilih jenis senam yang Anda nikmati dan cocok dengan kondisi fisik Anda. Selain itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau instruktur senam sebelum memulai program senam baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang tidak stabil.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 136
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?