Majalah Sunday

Ketika Memilih Jurusan Kuliah yang Berbeda Jauh dengan Jurusan SMK

Editor: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Hai Sunners, pasti banyak nih di antara kalian yang baru aja lulus dari SMK, dan pengen banget untuk melanjutkan kuliah, tapi bingung mau milih jurusan apa? Atau pengen pilih satu jurusan tapi berbeda jauh dengan jurusan waktu di SMK.

Kira-kira apa bisa, ya, pilih jurusan kuliah yang berbeda jauh dari jurusan SMK? Bisa dong, kenapa enggak?! Bahkan ada, lho, ketika sekolah menengah kejuruan, jurusannya Pemasaran tapi kemudian melanjutkan kuliah D3 ke jurusan penerbitan. Enggak nyambung banget kan? Apalagi, ternyata alumni SMK yang melanjutkan kuliah dengan jurusan berbeda itu gak sedikit. Apakah itu suatu hal yang salah? Pastinya enggak! Tapi buat kalian yang mau pilih jurusan kuliah yang berbeda dari jurusan SMK, sebaiknya kalian memperhatikan hal berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Memilih Jurusan yang Berbeda dari Jurusan SMK

Pikirkan Matang-Matang

Banyak alasan kenapa seorang lulusan SMK memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan SMK. Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan SMK yaitu berpikir dengan matang tentang jurusan SMK yang sudah kalian jalani. Apakah kalian benar-benar tidak suka dengan jurusan tersebut? Atau suka tapi enggak merasa tertarik dengan penyampaian materinya, atau suka tapi enggak penasaran, sehingga kalian memilih jurusan lain yang ada di universitas/politeknik? Dengan alasan yang matang kalian bisa lebih mantap mengambil langkah selanjutnya di dunia perkuliahan.

Cari Informasi Tentang Jurusan yang Dipilih

Misalnya, nih, Sunners, selama tiga tahun menimba ilmu di jurusan Pemasaran, dan akhirnya memilih jurusan Penerbitan, tentu kita enggak tahu apa-apa tentang jurusan Penerbitan. Oleh karena itu kita musti sungguh-sungguh untuk mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan jurusan Penerbitan. Mulai dari apa dasar perkuliahannya, di mana kampus dengan penerbitan terbaik, kelebihan dan kekurangan masuk jurusan penerbitan sampai prospek kariernya.

Inilah mengapa pentingnya sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kita harus cari informasi tentang jurusan tersebut dulu, karena SMK dengan Kuliah itu sangat berbeda, kalau kita salah memilih jurusan maka kita sudah membuang biaya yang cukup besar dan ujung-ujungnya malah ingin beralih ke jurusan lain.

Belajar Lebih Giat jika Ingin Masuk Universitas

Tantangan pertama untuk anak SMK yang ingin masuk universitas adalah ujian untuk masuk universitas. Karena bagi kalian yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur SBMPTN harus belajar lebih keras dibanding dengan teman-teman SMA. Karena di SMK tidak terlalu banyak mempelajari mata pelajaran normatif. Sementara ujian masuk PTN kan justru mata pelajaran tersebut.

Apa yang dipelajari di SMK Harus Dimanfaatkan Dengan Baik

Jangan merasa sia-sia dengan ilmu yang sudah kalian pelajari di SMK, kalau memang jurusannya berbeda banget, kalian bisa menerapkan ilmu yang sudah kalian pelajari di SMK dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, orang dengan jurusan Pemasaran di SMK jadi pandai dalam berjualan karena ilmu yang dipelajari di SMK dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, jika Sunners bertanya-tanya gimana kalau pengen memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan SMK, jawabannya bisa banget! Jangan lupa untuk lakukan hal-hal yang sudah dibahas di atas agar kamu tidak menyesal memilih suatu jurusan. Sampai jumpa, semoga bermanfaat, ya, Sunners!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,820
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?