Majalah Sunday

Kenali 7 Jenis Senam
Yang Perlu Diketahui dan Manfaatnya

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Kalau bicara senam, apakah yang di bayanganmu SKJ? Ternyata terdapat beberapa jenis senam lho. Yuk pahami apa saja lewat artikel berikut!

Kalau bicara senam, apakah yang di bayanganmu SKJ? Ternyata terdapat beberapa jenis senam lho. Yuk pahami apa saja lewat artikel berikut!

Senam itu banyak jenisnya lho, pict by canva.com

Jenis Senam - Senam Irama

Senam irama adalah salah satu bentuk senam yang melibatkan gerakan tubuh yang sinkron dengan irama musik. Senam irama tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga memberikan kesenangan dan kegembiraan saat melakukannya. 

Bagi kita, terutama remaja, senam irama dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Gerakan yang dilakukan sesuai dengan irama musik dapat meningkatkan koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan tubuh kita. Hal ini membantu dalam pengembangan motorik dan kesadaran tubuh kita.

Jenis Senam - Senam Aerobik

Senam aerobik adalah bentuk senam yang melibatkan gerakan tubuh secara berulang dengan intensitas sedang hingga tinggi. Senam aerobik merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi kita, terutama remaja, dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Dalam senam aerobik, gerakan tubuh dilakukan secara teratur dan berirama dengan bantuan musik yang energetik. Hal ini membantu meningkatkan denyut jantung dan pernapasan kita, sehingga membantu memperbaiki kebugaran kardiovaskular dan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Jenis Senam - Senam Artistik

Senam artistik adalah cabang senam yang melibatkan kombinasi gerakan akrobatik, fleksibilitas, dan elemen seni seperti tarian dan koreografi. Senam artistik memberikan manfaat yang penting bagi kita, terutama remaja, dalam pengembangan keterampilan fisik dan kreativitas. Dalam senam artistik, kita akan belajar melakukan gerakan akrobatik yang membutuhkan kekuatan, kelenturan, dan koordinasi yang baik.

Latihan senam artistik secara teratur dapat membantu kita meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas tubuh, dan keseimbangan. Selain itu, senam artistik juga melibatkan elemen seni seperti tarian dan koreografi, yang dapat mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri kita.

Jenis Senam - Senam Trampolin

Senam trampolin adalah jenis senam yang dilakukan di atas trampolin, yaitu alat yang terdiri dari jaring yang dipasang pada rangka yang elastis. Senam trampolin memberikan manfaat yang penting bagi kita, terutama remaja, dalam pengembangan keterampilan motorik dan kesehatan fisik.

Dalam senam trampolin, kita akan melakukan gerakan seperti lompatan, putaran, dan akrobatik lainnya di atas trampolin yang menghasilkan efek melompat dan melayang di udara. Latihan senam trampolin secara teratur dapat membantu kita meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh. Selain itu, senam trampolin juga melibatkan elemen kesenangan dan kegembiraan karena sensasi melompat dan melayang di udara yang dirasakan. Hal ini dapat membuat kita merasa lebih energik dan bersemangat saat melakukan aktivitas ini.

Jenis Senam - Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam yang melibatkan gerakan akrobatik yang spektakuler dan penuh keindahan. Senam ini melibatkan gerakan-gerakan seperti lompatan, putaran, dan akrobatik lainnya yang memerlukan kelincahan, kekuatan, dan koordinasi yang baik.

Senam akrobatik memberikan manfaat yang penting bagi kita, terutama remaja, dalam pengembangan keterampilan motorik dan kesehatan fisik. Dalam senam akrobatik, kita akan belajar melakukan gerakan-gerakan yang memerlukan kekuatan dan kelenturan tubuh.

Jenis Senam - Senam Kesehatan Jasmani

Senam kesehatan jasmani adalah jenis senam yang fokus pada pemeliharaan dan peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kegiatan senam ini melibatkan gerakan-gerakan ringan, peregangan, dan pernapasan yang bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan fleksibilitas, dan menjaga keseimbangan tubuh. 

Bagi kita, terutama remaja, senam kesehatan jasmani memiliki manfaat yang penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Melalui senam kesehatan jasmani, kita dapat menjaga kondisi fisik dan mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Gerakan-gerakan senam ini membantu memperkuat otot-otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan memperbaiki postur tubuh.

Jenis Senam - Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga senam yang melibatkan gerakan-gerakan yang dilakukan di atas matras atau permukaan lantai yang empuk. Kegiatan senam ini meliputi gerakan seperti putaran, loncatan, tangan-ke-kaki, dan gerakan akrobatik lainnya. 

Bagi kita, terutama remaja, senam lantai memiliki manfaat yang penting dalam mengembangkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keterampilan motorik. Melalui senam lantai, kita dapat mengembangkan kekuatan otot tubuh, terutama otot inti dan otot tungkai.

Terdapat banyak jenis senam yang dapat kamu lakukan

Yuk terapkan salah satu dari banyak macam-macam senam, pict by canva.com

Poin yang ingin Mimin tekankan adalah carilah waktu luang untuk berolahraga, minimal 30 menit setiap kalinya, sekurang-kurangnya 1 kali dalam seminggu. Dalam konteks ini ialah melakukan senam secara rutin. Tujuannya untuk membantu menjaga kesehatan jasmani dan rohani, meningkatkan kekuatan otot dan keseimbangan, serta membantu membakar kalori dan menjaga berat badan yang sehat.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 314
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?