Majalah Sunday

Kenalan dan Musuhan Yuk
dengan Cabin Fever!

Penulis: Kinanti Rizkiarti – UNJ
Editor: Imani – UNJ

Cabin Fever? Gangguan psikologis? Siapa yang demam? Apa hubungannya sama kabin?

Eitss Sunners, cabin fever itu bukan tentang kabin di pesawat atau demam di kabin pesawat atau pikiran aneh apapun itu yang muncul di otak Sunners setelah dengar nama cabin fever ya. Cabin fever pun juga bukan merupakan gangguan psikologis kok Sunners. ‘Terus apa dong cabin fever itu min?’.

Apa sih cabin fever itu?

cabin fever
Terlalu lama di rumah membuat kita merasa terjebak di dalam rumah, pict by canva.com

Cabin fever adalah sebuah gejala atau reaksi yang timbul dari seseorang yang merasa terjebak di suatu tempat dalam waktu yang lama, merasa terkurung atau terisolasi dari lingkungan sekitarnya, karena itu disebutlah gejala ini sebagai cabin fever (hmm.. karena ruangan kabin yang sempit dan terasa seperti tesekap mungkin ya Sunners). Kondisi ini sangatlah banyak terjadi jika mengingat pandemi COVID-19 yang sedang kita rasakan. Terlalu banyak melakukan aktivitas dalam suatu tempat  ̶  #dirumahaja, dapat menjadikan kita merasa tersekap dan terisolasi dari lingkungan sekitar.

Walaupun bukan merupakan suatu gejala psikologis, gejala cabin fever ini benar-benar dapat dirasakan semua orang dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini Sunners. Gejala ini pada awalnya didasari pada rasa bosan atau mungkin kesepian lalu berkembang menjadi reaksi lebih lanjut yaitu yang kita sebut dengan gejala cabin fever.

Gejala cabin fever

cabin fever
Kehabisan ide apa yang harus dilakukan karena terlalu lama di rumah, pict by canva.com

Beberapa gejala yang merupakan gejala cabin fever dilansir dari verywellmind.com, yaitu:

  1. Merasa kurang motivasi dan badan terasa lesu yang menjadikan malas gerak alias
  2. Kesulitan menjaga pola tidur, terkadang bangun terlalu cepat, ataupun sulit tidur, atau sering sekali tertidur, khususnya pada siang hari.
  3. Kesulitan menjaga pola makan, terkadang ngidam makanan, ataupun nafsu makan kurang.
  4. Sering merasakan keputusasaan dan kesedihan yang mendalam, juga merasa depresi
  5. Kesabaran yang sering hilang lebih cepat dari biasanya yang dapat menyebabkan emosi kita tidak terkontrol atau mudah marah.
  6. Kurangnya konsentrasi dalam mengerjakan suatu hal.
Gejala-gejala di atas pun dapat dipicu oleh berbagai macam hal. Berikut mimin kasiih tau beberapa pemicu dari gejala cabin fever pada pelajar seperti kalian, Sunners.
cabin fever
Bosan di rumah karena tidak tahu harus apa, pict by canva.com

1. Tidak lain tidak bukan, PJJ

Si paling bikin pala muter-muter tujuh keliling, tugas-tugas yang banyak karena semuanya dikerjakan di rumah, internet yang kadang lemot, tidak bisa mengerjakan tugas bersama teman sambil bercanda-canda  ̶  karena di japri beda rasanya, dan masih banyak lagi pasti ya Sunners yang kadang buat pala kalian mau meledak.

2. Tugas di rumah

Walaupun tidak semuanya, tidak jarang ada beberapa orang tua yang tidak paham dengan kondisi kita dan malah menambah tugas rumah yang lebih banyak dari biasanya. Jika timbul kondisi seperti ini, kalian harus beri pengertian ke orang tua kalian dengan cara yang baik ya, Sunners.

3. Uang jajanku dipotong 🙁

Siapa nih Sunners yang uang jajannya dikurangin gara-gara di rumah aja, waduh.. kalo itu gausah dibawa pusing ya Sunners, kan kalian juga di rumah aja, nggak ke mana-mana, selama kebutuhan kalian akan kuota untuk belajar terpenuhi Sunners. Kalian juga harus memahami situasi keuangan orang tua kalian yang mungkin terkena dampak dari pandemi COVID-19 ya Sunners.

4. Tidak bisa bertemu teman, liburan pun juga di rumah

Ini dia nih hal yang banyak membuat kita stres, penyebab utama dari cabin fever, yaitu terus-terusan di rumah. Saat kita stres biasanya kita butuh banget yang namanya curhat atau sekedar melepas beban dengan tertawa hahahihi bersama teman-teman sambil nongkrong, sayangnya pandemi ini kita harus puasa nongkrong-nongkrong dulu ya Sunners.

Agar tidak suntuk di rumah saja

cabin fever
Berjalan-jalan untuk menghirup udara luar yang segar, pict by canva.com

Wah banyak kan Sunners hal-hal yang bisa membuat kita suntuk di rumah dan berujung pada gejala cabin fever, bahkan mungkin masih banyak hal-hal lainnya yang belum mimin sebutkan. Nah, untuk menghindari gejala cabin fever yang bisa saja disebabkan oleh hal-hal di atas, mimin punya tips nih buat Sunners.

1. Membuat Jadwal Rutinitas Harian

Kamu boleh banget nih Sunners membuat jadwal rutinitas kalian sendiri di rumah, agar semua yang akan kalian lakukan lebih terkendali, dan juga mengurangi beban yang dapat disebabkan oleh adanya pekerjaan yang menumpuk karena kamu melaksanakan dengan semaunya. Kamu juga boleh banget memberi tahu orang tua kamu jadwal rutinitas yang telah kamu buat dan diskusikan dengan orang tua kapan sebaiknya kamu mengerjakan tugas rumah.

2. Tetap Keluar Rumah

PSBB tidak membuat kalian terisolasi kok, kalian masih tetap dapat keluar rumah, kecuali jika kalian ODP ya Sunners. Usahakan untuk keluar rumah paling sedikit sekali seminggu untuk menghirup udara segar, berjemur, dan berolahraga agar badan kaliat tetap sehat dan segar. Jangan lupa ya tetap jaga jarak dan selalu menggunakan masker saat di luar rumah.

3. Hiburan Itu Penting

Untuk menghindarkan diri dari stres dan juga cabin fever, hiburan itu penting banget Sunners. Kalian boleh banget bermain game, menonton film, menonton drama Korea, fangirling, membaca karya fiksi, berkomunikasi dengan teman-teman via chat ataupun bertelepon. Namun ingat, jangan berlebihan dan mengganggu aktivitas lain, jangan sampai pola makan dan pola tidur kalian terganggu ya Sunners. Gunakanlah waktu kalian dengan bijak.

Nah, karena kalian sudah kenalan dengan cabin fever, sekarang kita musuhin yuk. Dengan beberapa kegiatan di atas, dapat membantu kita menghindari gejala cabin fever Sunners. Yang pasti kita juga harus tetap berfikir positif agar semua masalah dapat teratasi dengan baik dan tidak menjadi beban bagi diri kita. Jadi, kita tetap dapat bahagia meskipun di rumah aja. Semoga kalian sehat selalu ya Sunners.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 976
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?