Majalah Sunday

Kelola Kecemasan Dan Stress
Dengan Melakukan Olahraga Yoga

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Teruntuk kalian yang suka olahraga tapi tapi tidak suka keramaian, Mimin mau memperkenalkan olahraga yoga sebagai salah satu solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan jasmani kalian. 

Yoga adalah sebuah praktik kuno yang berasal dari India yang menggabungkan gerakan tubuh, pernapasan, meditasi, dan kekhusyukan. Tujuan utama dalam melakukan yoga adalah untuk mencapai kesatuan pikiran, tubuh, dan jiwa. Yoga juga telah terbukti efisien dalam membantu mengatasi kecemasan dan stres serta dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Merasa stres dan mudah cemas karena sekolah, keluarga atau pacar? Well, coba deh kelola dengan olahraga yoga. Baca artikel selengkapnya!

Teks terkait gambar, pict by canva.com
(Klik gambar di atas, masukkan keyphrase pada alt text)

Tujuan Melakukan Olahraga Yoga

Mengurangi Kecemasan

Yoga dapat membantu mengurangi kecemasan dengan mengajarkan teknik yang dalam dan relaksasi. Gerakan tubuh yang lembut dan meditasi membantu menenangkan pikiran, dan mengurangi ketegangan.

Mengelola Stress

Stres kronis bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Melalui praktik yoga, kalian dapat mempelajari keterampilan pengelolaan stres yang efektif. Yoga mengajarkan cara mengubah respon tubuh terhadap stress yang kalian hadapi, dapat mengurangi kadar hormon stress seperti kortisol, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan tekanan.

Manfaat Olahraga Yoga

Meningkatkan Kualitas Mental

Dengan melakukan yoga, akan sangat membantu kalian untuk mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan stress. Praktik yoga secara teratur dapat meningkatkan suasana hati, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Memperbaiki Kesehatan Fisik

Ketika kalian melakukan yoga, gerakan tubuh tentunya dilibatkan dalam mendukung kelenturan dan mampu menguatkan otot-otot. Selain untuk kekuatan, dan keseimbangan tubuh yoga juga dapat meningkatkan fungsi pernapasan, sirkulasi darah, dan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Kesadaran Diri

Kesadaran diri yang dimaksud adalah ketika kita mampu mengendalikan aksi, pikiran, dan emosi kita. Dengan menjadi lebih sadar, kita dapat mengenali dan mampu mengelola perasaan stress dan kecemasan dengan cara yang lebih baik.

Banyak ya manfaat dari olahraga yoga

Banyak ya manfaat dari yoga, pict by canva.com

Cara Mengoptimalkan Olahraga Yoga Sebagai Sarana Relaksasi, Mengurangi Stress, Dan Kecemasan

Pilih Jenis Yoga yang Cocok

Ada berbagai gaya yoga yang berbeda. Beberapa gaya yang popular untuk mengurangi stress dan kecemasan termasuk Hatta Yoga, Restorative Yoga, dan Yin Yoga. Dari tiga jenis yoga yang Mimin paparkan tersebut kalian bisa memilih salah satu yah yang mana menurut kalian cocok untuk dilakukan.

Lakukan Praktik Pernapasan yang Dalam

Latihan pernapasan yang dikenal sebagai pranayama dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan ketenangan. Kalian bisa melakukan teknik pernapasan danda, samar, dan pernapasan perut. Tujuan melakukan pernapasan adalah untuk meredakan kecemasan dan menenangkan pikiran.

Lakukan Gerakan yang Lembut

Gerakan fisik dalam yoga dapat membantu melepaskan ketegangan dan mengurangi stress. Kalian dapat memilih gerakan yang lembut dan perlahan, seperti gerakan peregangan, putaran tulang belakang, dan pose yang melibatkan melenturkan bagian tubuh yang tegang.

Fokus Pada Meditasi

Meditasi adalah bagian terpenting dalam gerakan yoga yang berfungsi untuk membantu mengatasi stress dan kecemasan. Cari waktu yang tepat karena ini membutuhkan fokus dan konsentrasi dalam mengolah pernapasan. Dengan melakukan meditasi secara teratur akan sangat membantu kalian ketika menenangkan pikiran.

Lakukan Yoga Secara Rutin

Tentukan jadwal khusus untuk kegiatan yoga dalam rutinitas kalian. Dengan memiliki waktu yang sudah ditetapkan untuk latihan, kalian dapat memberikan perhatian yang konsisten pada diri sendiri dan secara otomatis kalian sudah memprioritaskan kesehatan mental kalian.

Mari dapatkan manfaat optimal dari olahraga yoga dengan cara berikut!

Mari dapatkan manfaat optimal dari yoga dengan cara di atas! pict by canva.com

Dalam melakukan yoga, terdapat beberapa tujuan yang harus dicapai, di antaranya mengurangi kecemasan dengan menggunakan teknik pernapasan yang dalam dan relaksasi, mengelola stress dengan mempelajari keterampilan pengolahan stress yang efektif dan mengubah respons tubuh terhadap tekanan. Dalam melakukan yoga, penting untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental.

Olahraga Yoga

Dapatkan botol untuk yoga dengan klik disini

Olahraga Yoga

Dapatkan matras untuk yoga dengan nyaman dengan klik disini

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 196
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?