WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Karakter Kamu Seperti Dandelion, Anggrek, atau Tulip? Cek di Sini!

Pernah nggak sih kalian menangis tersedu-sedu saat sedang menonton film sedangkan teman-temanmu tidak? Atau pernah nggak sih kalian merasa sangat senang dan bersemangat ketika menghadiri suatu acara atau ketika mengikuti suatu kegiatan bersama orang baru, namun teman kalian malah terlihat lesu dan tidak bersemangat?

 

Kalau kalian pernah mengalaminya, tenang saja, itu merupakan hal yang wajar, kok! Setiap individu memiliki kepribadiannya masing-masing. Namun, bagaimana dengan kalian yang merasa berada di tengah-tengah? Tenang! Semuanya akan dibahas disini.

Menurut seorang profesor psikologi perkembangan di Queen Mary, University of London, Michael Pluess, menyebutkan bahwa secara kasarnya, setiap orang setidaknya masuk ke dalam 3 golongan, yang pertama yaitu “dandelion”. Golongan ini termasuk golongan yang kuat, yang dapat tumbuh hampir di mana saja. Yang kedua yaitu golongan yang sangat sensitif, yang dia sebut sebagai “anggrek”, yaitu bunga indah yang membutuhkan lingkungan yang sangat khusus untuk berkembang. Dan golongan yang ada ditengah dan sekaligus terbesar jumlahnya yaitu, “tulip”, ia berada di antara dua skala sensitivitas antara dandelion dan anggrek. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog bernama Elaine Aron, dalam bukunya yang berjudul “The Highly Sensitive Person” pada tahun 1996 menyebutkan bahwa setidaknya 1 dari 5 anak adalah seseorang yang sangat sensitif atau highly sensitive person


Dandelion

Menurut sebuah studi di jurnal Translational Psychiatry, “Dandelion lebih ekstrovert dan tidak terlalu pencemas tapi pada saat yang bersamaan mereka kurang responsif terhadap rangsangan mood yang positif.” Mereka cenderung senang bergerak aktif dan melakukan sesuatu, mereka juga tahan banting, fleksibel, serta mudah beradaptasi dan berkembang dimanapun. Seseorang dengan tipe ini biasanya bisa mengikuti alur perkembangan yang terjadi disekitarnya dengan cepat dan mudah tanpa adanya kesulitan. Namun seseorang yang masuk ke golongan ini cenderung kurang peka dan responsif terhadap hal-hal tersirat yang terjadi di sekitar lingkungannya.

Anggrek

Menurut seorang psikolog, seseorang yang termasuk dalam golongan ini dikenal memiliki “reaktivitas emosional yang tinggi.” Mereka cenderung super sensitif, sangat hati-hati, pencemas dan “rapuh”. Reaksi mereka terhadap kejadian-kejadian yang biasa terjadi sehari-hari bisa terkesan ekstrem, selain itu reaksi mereka terhadap peristiwa duniawi atau bahkah suatu momen di film yang menyedihkan bisa tampak ekstrem pula. Bagi golongan anggrek, masalah kecil pun terasa seperti masalah besar. Menurut psikolog Jessica Kohler, anggrek bisa dibilang sangat peka terhadap lingkungan mereka, terutama rentan dalam kondisi kesulitan. Namun meskipun begitu, seseorang yang masuk ke golongan ini mempunya kreativitas yang tinggi serta rasa empati yang tinggi pula.

Tulip

Seseorang yang masuk dalam golongan tulip berada di antara dandelion dan anggrek. Mereka tidak terlalu rapuh seperti anggrek namun lebih sensitif dari dandelion. Hasilnya? Mereka cenderung tidak bisa diprediksi. Mereka yang masuk dalam golongan ini biasanya terbiasa dengan struktur dan rutinitas, mereka teratur dalam melakukan suatu hal. Mereka juga terbiasa dan nyaman dengan inner circle yang mereka punya.

Nah, setelah membaca pembahasan di atas, kalian pasti penasaran kan kalian ini masuk ke golongan dandelion, anggrek, atau tulip. Untuk mengetahuinya, kalian bisa mengikuti kuis dibawah ini, ya! Pilih salah satu pernyataan di bawah ini yang sesuai atau mendekati diri kalian, lalu hitunglah jawaban kalian. 

 

Jika pilihan kalian lebih banyak A, berarti kalian masuk ke golongan Dandelion, jika pilihan kalian lebih banyak B, maka kalian masuk ke golongan Anggrek, nah jika pilihan kalian lebih banyak C atau jawaban kalian seimbang jumlahnya, maka kalian masuk ke dalam golongan Tulip

Tapi ingat ya, kuis di bawah ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosismu secara detail – jika kamu penasaran akan tipe karaktermu secara psikologis, sebaiknya kamu berkonsultasi langsung dengan psikolog. 

 

Jadi, dapat karakter apa nih? Share di kolom komen ya!

 

 

oleh: Elfrida Sakti

Leave A Comment