Majalah Sunday

Karakter Kamu Seperti Dandelion, Anggrek, atau Tulip? Cek di Sini!

Setiap individu memiliki karakter masing-masing. Namun, bagaimana dengan kalian yang merasa berada di tengah-tengah? Tenang! Semuanya akan dibahas disini. Menurut seorang profesor psikologi perkembangan di Queen Mary, University of London, Michael Pluess, menyebutkan bahwa secara kasarnya, setiap orang setidaknya masuk ke dalam 3 golongan, yang pertama yaitu “dandelion”. Golongan ini termasuk golongan yang kuat, yang dapat tumbuh hampir di mana saja. Yang kedua yaitu golongan yang sangat sensitif, yang dia sebut sebagai “anggrek”, yaitu bunga indah yang membutuhkan lingkungan yang sangat khusus untuk berkembang. Dan golongan yang ada ditengah dan sekaligus terbesar jumlahnya yaitu, “tulip”, ia berada di antara dua skala sensitivitas antara dandelion dan anggrek. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog bernama Elaine Aron, dalam bukunya yang berjudul “The Highly Sensitive Person” pada tahun 1996 menyebutkan bahwa setidaknya 1 dari 5 anak adalah seseorang yang sangat sensitif atau highly sensitive person.

Dandelion

Karakter Kamu Seperti Dandelion, Anggrek, atau Tulip? Cek di Sini!

Dendalion, pict by canva.com

Menurut sebuah studi di jurnal Translational Psychiatry, “Dandelion lebih ekstrovert dan tidak terlalu pencemas tapi pada saat yang bersamaan mereka kurang responsif terhadap rangsangan mood yang positif.” Mereka cenderung senang bergerak aktif dan melakukan sesuatu, mereka juga tahan banting, fleksibel, serta mudah beradaptasi dan berkembang dimanapun. Seseorang dengan tipe ini biasanya bisa mengikuti alur perkembangan yang terjadi disekitarnya dengan cepat dan mudah tanpa adanya kesulitan. Namun seseorang yang masuk ke golongan ini cenderung kurang peka dan responsif terhadap hal-hal tersirat yang terjadi di sekitar lingkungannya.

Anggrek

Karakter Kamu Seperti Dandelion, Anggrek, atau Tulip? Cek di Sini!

Menurut seorang psikolog, seseorang yang termasuk dalam golongan ini dikenal memiliki “reaktivitas emosional yang tinggi.” Mereka cenderung super sensitif, sangat hati-hati, pencemas dan “rapuh”. Reaksi mereka terhadap kejadian-kejadian yang biasa terjadi sehari-hari bisa terkesan ekstrem, selain itu reaksi mereka terhadap peristiwa duniawi atau bahkah suatu momen di film yang menyedihkan bisa tampak ekstrem pula. Bagi golongan anggrek, masalah kecil pun terasa seperti masalah besar. Menurut psikolog Jessica Kohler, anggrek bisa dibilang sangat peka terhadap lingkungan mereka, terutama rentan dalam kondisi kesulitan. Namun meskipun begitu, seseorang yang masuk ke golongan ini mempunya kreativitas yang tinggi serta rasa empati yang tinggi pula.

Tulip

Karakter Kamu Seperti Dandelion, Anggrek, atau Tulip? Cek di Sini!

Seseorang yang masuk dalam golongan tulip berada di antara dandelion dan anggrek. Mereka tidak terlalu rapuh seperti anggrek namun lebih sensitif dari dandelion. Hasilnya? cenderung tidak bisa diprediksi. Mereka yang masuk dalam golongan ini biasanya terbiasa dengan struktur dan rutinitas, mereka teratur dalam melakukan suatu hal. Mereka juga terbiasa dan nyaman dengan inner circle yang mereka punya.

Nah, setelah membaca pembahasan di atas, kalian pasti penasaran kan kalian ini masuk ke golongan dandelion, anggrek, atau tulip. Untuk mengetahuinya, kalian bisa mengikuti kuis dibawah ini, ya! Pilih salah satu pernyataan di bawah ini yang sesuai atau mendekati diri kalian, lalu hitunglah jawaban kalian. 

Jika pilihan kalian lebih banyak A, berarti kalian masuk ke golongan Dandelion, jika pilihan kalian lebih banyak B, maka kalian masuk ke golongan Anggreknah jika pilihan kalian lebih banyak C atau jawaban kalian seimbang jumlahnya, maka kalian masuk ke dalam golongan Tulip

Tapi ingat ya, kuis di bawah ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosismu secara detail – jika kamu penasaran akan tipe karakter kamu secara psikologis, sebaiknya kamu berkonsultasi langsung dengan psikolog. 

Jadi, dapat karakter apa nih? Share di kolom komen ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,174
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?