Majalah Sunday

Kamu Sibuk Organisasi?
Ini Dia Cara Tepat Untuk Membagi Waktu

Penulis: Afifah Putri Utami – UNJ

Sebagai seorang siswa atau mahasiswa, tugas kita di sekolah atau di kampus memang mencari ilmu. Tetapi, tidak ada salahnya jika kita mencari pengalaman dan ilmu lain melalui kegiatan organisasi. Sunners tipe pelajar yang mana nih? Setelah belajar lalu rapat organisasi atau setelah belajar langsung pulang? Kalau Sunners termasuk anak organisasi, jangan ke mana-mana! Karena artikel ini akan membantu Sunners dalam membagi waktu antara waktu belajar dan berorganisasi.

Masih kelimpungan karena Sunners  belum bisa mengatur waktu dengan baik? Belum bisa memprioritaskan suatu kegiatan karena semuanya berjalan dalam waktu yang bersamaan? Tenang, Sunners. Mimin akan bantu kamu untuk mendapatkan cara yang tepat membagi waktu dengan urusan organisasi melalui artikel ini.

Seberapa Penting Membagi Waktu Antara Belajar dan Organisasi?

Anak organisasi tapi belum bisa membagi waktu dengan baik? Nggak bahaya ta? Membagi waktu antara belajar dan berorganisasi itu penting dan perlu kamu lakukan. Kalau kamu belum bisa membagi waktu dengan baik, waktumu untuk belajar, organisasi dan me time akan terganggu. Sunners akan kesulitan untuk menghadapi jadwal yang bentrok, baik itu jadwal belajar mandiri, mengerjakan tugas kelompok, atau jadwal rapat organisasi. Apalagi kalau Sunners tipe orang yang sulit berkonsentrasi jika mengerjakan beberapa kegiatan dalam waktu yang bersamaan, waduh!

Bagaimana Cara yang Tepat Membagi Waktu dengan Organisasi?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membagi waktu antara belajar dan berorganisasi. Jangan sampai kamu jadi beban dalam kelompok belajar atau kelompok organisasi, ya! Simak beberapa cara tepat untuk membagi waktu di bawah ini.

1. Tentukan Skala Prioritas

Sudah tau apa yang menjadi prioritasmu, Sunners? Dalam melakukan sesuatu, pastikan kamu sudah mengetahui kegiatan mana yang harus diutamakan terlebih dahulu. Tunda kegiatan yang dirasa kurang penting dan tidak mendesak. Prioritaskanlah kegiatan yang penting dan waktunya sudah mendesak. Jangan gegabah dalam memprioritaskan sesuatu, ya! Organisasi memang penting, tetapi belajar juga penting karena tujuanmu untuk sekolah adalah mencari ilmu. Jangan lalai terhadap tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru atau dosen. Buktikan kalau Sunners selain aktif dalam berorganisasi, Sunners juga aktif dalam akademik.

menentukan prioritas untuk membagi waktu antara organisasi dan belajar

Tentukan skala prioritasmu, pict by canva.com

2. Buat Jadwal Kegiatan

Hal ini diperlukan agar Sunners semakin mengetahui kegiatan apa saja yang akan dan harus dilakukan. Misalnya, Sunners mencatat tugas apa saja yang sudah diberikan dan mencatat juga tenggat pengumpulannya. Susun jadwal kegiatanmu berdasarkan tenggat yang lebih dekat agar Sunners bisa mengerjakan dari jauh-jauh hari. Kamu juga bisa mencatat jadwal rapat dari organisasi agar Sunners bisa memastikan tidak ada jadwal yang bentrok dan bisa meluangkan waktu untuk mengikuti rapat tersebut. Gunakanlah sticky note atau catat agendamu di kalender.

membuat jadwal kegiatan dapat membantu membagi waktu antara organisasi dan belajar

Membuat jadwal kegiatan membantu untuk mengingatkan kegiatan yang harus dilakukan pada hari itu, pict by canva.com

3. Kerjakan Tugas Di Awal

Hayo, siapa yang masih sering menunda-nunda pekerjaan? Jangan lagi, deh! Semakin sering kamu menunda pekerjaan, maka tugas yang harus kerjakan akan semakin menumpuk. Jika tugas di sekolah atau tugas di organisasi sudah banyak, mulailah untuk mencicil pengerjaannya. Lakukanlah dari tugas yang mudah terlebih dahulu. Kalau Sunners bisa langsung mengerjakan tugas setelah tugas itu diberikan justru lebih bagus! Pekerjaan Sunners akan cepat selesai dan waktu untuk bersenang-senang semakin banyak.

Di atas adalah cara yang bisa dilakukan untuk membagi waktu dengan baik. Meski terlihat sederhana, tetapi cara tepat ini belum bisa dilakukan dengan baik sepenuhnya. Terlebih, kebiasaan kita yang masih suka menunda pekerjaan. Alhasil, tugas yang harus kita kerjakan jadi menumpuk dan waktu untuk beristirahat atau bersenang-senang jadi terbuang.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sunners. Jangan takut dan ragu untuk ikut organisasi. Melalui organisasi, Sunners juga bisa dapat pengalaman serta ilmu lain yang tidak didapatkan saat belajar di ruang kelas. Tapi, jangan lupa dengan tugas dan peran dari seorang pelajar, ya, Sunners.

Sunners, kamu juga bisa dengerin podcast terkait organisasi kampu hanya di spotify Majalah Sunday bareng Trio Sun-Sun Episode 7: Ikut Organisasi, Penting Gak? Dengerin sekarang disini yaaa!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 174
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?