Majalah Sunday

Jurusan SMK yang Sepi Peminat, Namun Peluang Kerjanya Besar

Penulis: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Sunners, ternyata ada loh jurusan di SMK yang underrated banget, alias jarang banget yang milih. Meskipun jumlah siswa yang memilihnya mungkin tidak sebanyak jurusan lain, namun jangan sampai dianggap remeh, karena ternyata jurusan seperti itu memiliki banyak sekali peluang kerja, loh!

Bimbang Memilih Jurusan SMK

Ketika memasuki fase penting dalam pendidikan, banyak siswa SMP yang masih merasa bingung dalam memilih jurusan SMK yang akan mereka tekuni di masa depan. Maka dari itu, keputusan ini seringkali dihadapi dengan perasaan campur aduk. Dalam dunia pendidikan, terkadang ada beberapa jurusan yang jarang sekali dipilih oleh banyak orang. Biasanya hal itu disebabkan oleh pandangan seseorang tentang jurusan tersebut, kurangnya pemahaman mengenai potensi yang mereka miliki dan terkadang juga karena jurusan lain lebih dikenal oleh banyak orang.

Tapi, meskipun sepi peminatnya, namun bukan berarti jurusan-jurusan tersebut gak penting, loh. Ada banyak peluang kerja yang sebenarnya terbuka lebar di balik mereka. Dengan jumlah lulusannya yang lebih sedikit, mereka jadi lebih jago dalam bidangnya masing-masing dan nantinya lulusan dari jurusan tersebut bakal diburu oleh perusahaan-perusahaan yang butuh keahlian khusus yang cuma dimiliki sama mereka. Jadi, meskipun sepi peminat, namun jurusan-jursan tersebut tetap menawarkan masa depan yang cerah buat yang mau meliriknya lebih dalam.

Teknik Listrik

jurusan smk, teknik listrik

Teknik Listrik adalah jurusan yang mempelajari tentang instalasi listrik, perawatan mesin listrik, perbaikan sistem listrik, pengaturan dan kontrol listrik, serta pemrograman PLC (Programmable Logic Controller). Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pelatihan praktis di bengkel atau laboratorium untuk mengasah keterampilan praktis mereka. Meskipun jumlah orang yang memilih jurusan ini cenderung sedikit, namun permintaan tenaga kerja dengan latar belakang keahlian di bidang ini sangatlah tinggi dalam dunia industri. Banyak perusahaan, seperti perusahaan konstruksi, manufaktur, dan perusahaan energi yang membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan dalam bidang teknik listrik.

Teknik Konstruksi Bangunan

Jurusan SMK, Teknik Konstruksi Bangunan

Teknik Konstruksi Bangunan adalah salah satu jurusan yang seringkali sepi peminatnya. Biasanya, ini terjadi karena banyak orang yang masih berpikir seperti, “Ah, bangun-bangun doang kan, ngapain susah-susah belajar di situ,” padahal pemikirannya salah besar, karena sebenarnya jurusan ini sendiri tidak hanya soal bangun-bangun aja, tapi juga melibatkan perencanaan, desain, dan pengawasan proyek konstruksi. Industri konstruksi itu sendiri selalu berkembang, dan sangat membutuhkan orang-orang yang paham tentang teknik bangunan. Jadi, meskipun sepi peminat, nyatanya peluang kerjanya tetap ada, apalagi di era yang terus berubah ini.

Teknik Permesinan

Jurusan SMK, Teknik Permesinan, Mesin

Teknik Permesinan adalah jurusan yang mempelajari tentang perancangan, perawatan, dan perbaikan mesin. Meskipun memiliki peluang kerja yang banyak, namun minat siswa terhadap jurusan ini seringkali rendah karena dianggap lebih sulit dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Teknik Logistik

Jurusan SMK, Teknik Logistik

Untuk sebagian orang, mungkin jurusan ini masih agak asing di telinga mereka. Namun sebenarnya jurusan ini mempunyai peluang kerja yang cukup menjanjikan. Teknik Logistik adalah jurusan yang mempelajari tentang pemahaman dan pengelolaan dalam proses logistik. Mulai dari penyimpanan barang, pengemasan yang efisien, pengiriman yang tepat waktu, hingga pencatatan yang akurat. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap tahap dalam pergerakan barang dapat berjalan dengan lancar sampai ke tangan konsumen.

Analisis Kimia

Jurusan SMK, Analisis Kimia

Analisis Kimia biasanya mempelajari tentang teknik-teknik analisis untuk mengidentifikasi komposisi bahan kimia dan material. Dari menguji kualitas makanan, minuman, hingga obat-obatan, semuanya butuh analisis kimia yang akurat. Meskipun kedengarannya agak ribet, namun jurusan ini sebenarnya adalah pintu masuk ke dalam dunia laboratorium dan industri yang selalu membutuhkan banyak orang pintar untuk mengecek dan menjamin keamanan berbagai bahan kimia.

Kenapa Harus Memilih Jurusan SMK yang Peluang Kerjanya Besar?

Memilih jurusan SMK yang memiliki peluang kerja yang besar itu sangatlah penting. Tidak hanya membuat siswa jadi mempunyai banyak pilihan, namun juga bisa membawa banyak keuntungan untuk mereka.

Ketika memilih jurusan dengan peluang kerja yang besar, siswa dapat memastikan bahwa waktu dan usaha yang mereka keluarkan selama di sekolah tidak akan sia-sia. Jurusan yang berfokus pada keterampilan dan keahlian seperti teknik, kesehatan atau teknologi seringkali dibutuhkan, sehingga memungkinkan lulusan mereka untuk langsung terjun ke dalam dunia kerja.

Jurusan yang memiliki peluang kerja yang besar juga biasanya dikaitkan dengan gaji yang tinggi, karena ada banyaknya permintaan dalam dunia kerja untuk orang-orang yang mempunyai keahlian sesuai dengan yang diajarkan oleh jurusan tersebut.

Selain itu, siswa juga dapat membuka peluang untuk berkembang lebih jauh lagi. Jadi, untuk lulusan yang mempunyai kualifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan, mereka akan mempunyai kesempatan untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang tersebut. Tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan aja, namun juga membantu mereka untuk tetap up-to-date dan bisa bersaing dalam dunia kerja yang selalu berubah.

jurusan smk

Jadi jurusan SMK mana yang menarik perhatianmu?, pict by canva.com

Nah, untuk sunners yang lagi kebingungan dalam memilih jurusan SMK, jangan takut untuk menjelajahi jurusan-jurusan yang mungkin belum banyak dikenal sama banyak orang, ya! Karena terkadang, jurusan yang sepi peminat malah punya potensi besar dan peluang kerja yang menjanjikan di baliknya. Jadi, jangan ragu buat mengikuti minat kamu sambil tetap mempertimbangkan peluang kerjanya. Pilihnya hati-hati, karena keputusan ini bakal jadi langkah awal kamu untuk menuju ke masa depan yang sukses!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 339
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?