WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu Si Penghayal

Imajinasi adalah daya pikir yang dimiliki setiap orang dimana ia membayangkan atau menciptakan gambaran berupa lukisan, karangan, dan kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. Setiap orang memiliki imajinasi yang berbeda-beda dan digunakan untuk hal yang berbeda-beda pula. Untuk kamu yang sering berimajinasi atau menghayal, imajinasimu itu dapat kamu kembangkan menjadi sebuah karya. Daripada hanya menjadi imajinasi atau khayalan kamu dapat kembangkan imajinasimu menjadi sebuah cerita untuk buku, film, animasi, desain dan lain-lain. Untuk mendukung perkembangan imajinasi tersebut kamu bisa simak jurusan-jurusan yang sesuai bagi penghayal seperti kamu dibawah ini:

1. Jurusan Sendratasik (seni, tari,drama, musik)

Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai hal terkait seni, drama, tari, dan musik seperti teori gerak dasar tari, solfego, paduan suara, teori musik, teori drama, sejarah seni pertunjukan, dasar-dasar drama melayu, teknik tata pentas, komposisi musik, estetika, manajemen kreatif seni, dan koreografi. 

2. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Di jurusan ini kamu akan belajar rupa dasar 3D, tipologi dasar, ilustrasi dasar, ilustrasi aplikatif, fotografi aplikatif, metode produksi, komunikasi visual, komunikasi visual multimedia, animasi, narasi visual, motion graphic, bahasa rupa, tinjauan desain dan lainnya. 

3. Jurusan Desain Interior

Pada jurusan ini kamu akan mempelajari perancangan tata letak dalam ruang dengan mata pelajaran dasar seni rupa dan desain, rupa dasar 2D, rupa dasar 3D, pengantar rekayasa dan desain, tinjauan arsitektur, desain mebel, tata suara dan cahaya interior, konstruksi dan detail interior, tipologi desain interior, dan sebagainya.

4. Jurusan Arsitektur

Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan, kekuatan bangunan (firmitas), estetika, atau keindahan bangunan (venustas) dan fungsi bangunan (utilitas). Profesi yang dapat kamu pilih setelah lulus adalah manajer arsitektur dan konstruksi, perencana kota dan wilayah, arsitek lanskap, ahli peta geografi, drafter arsitektur, desain interior, dan sebagainya.

5. Jurusan Tata Busana

Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang menjahit, pola, produksi busana dan fashion, analisa tren, serta bagaimana marketing dan manajemen bisnis fashion. Setelah lulus kamu dapat bekerja sebagai desainer busana, desainer tekstil, pattern maker, fashion illustrator, fashion stylist, konsultan fashion, dan junalis fashion.

Dari jurusan diatas kamu bisa memilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Dari sana kamu dapat kembangkan kemampuan dan menyalurkan imajinasimu sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat. 

 

 

Penulis: Conny Febrina – Institut Bisnis Nusantara

Leave A Comment