WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

JURUSAN KULIAH DAN PROSPEK KERJA UNTUK ANAK IPA DAN IPS

Setelah lulus SMA, sebagian memilih bekerja, sebagian lagi melanjutkan kuliah. Apalagi bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, tentunya tidak mudah untuk memilih jurusan perguruan tinggi. Karena harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Padahal, calon mahasiswa juga harus memperhatikan apa yang akan mereka lakukan setelah lulus kuliah. Bagi lulusan SMA yang berminat dengan IPA pasti masih bingung dengan jurusannya.

Berikut jurusan yang bisa dipilih lulusan SMA jurusan IPA beserta prospek kerjanya:

 

1. FARMASI

Jurusan ini sangat erat kaitannya dengan kedokteran dan ilmu pendukung lainnya. Mahasiswa akan belajar memahami struktur senyawa farmasi dan cara mensintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

PROSPEK KERJA :

▪ Spesialis Kimia 

▪ Dokter Pengobatan Preventif 

▪ Apoteker

 

2. TEKNOLOGI PANGAN

Program Penelitian Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang bertanggung jawab untuk meneliti produksi pangan dan memastikan bahwa pangan yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen.

PROSPEK KERJA :

▪ Quality Control 

▪ Peneliti 

▪ Ahli Teknologi Pangan

 

3. ARSITEKTUR

Jika Anda mempelajari jurusan ini, Anda akan memahami desain dan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung meletakkan ide, konsep dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi bangunannya akan diselesaikan dengan teknik sipil.

PROSPEK KERJA :

▪ Arsitek 

▪ Manajer Konstruksi 

▪ Desainer Interior

 

4. TEKNIK INFORMATIKA

Jurusan ini mempelajari ilmu komputer, software, jaringan komputer dan implementasinya terutama pada bidang bisnis dan komersial. Tidak hanya teori, teknik informasi juga menuntut mahasiswa untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari.

PROSPEK KERJA :

▪ Programmer Komputer 

▪ Analis Riset Operasional 

▪ Web Developer 

▪ Developer Software 

▪ Pembuat Aplikasi

 

5. TEKNIK PERTAMBANGAN

Jurusan ini merupakan salah satu cabang dari teknik yang fokus pada eksplorasi dan pengembangan mineral / sumber daya mineral, seperti emas, perak, aluminium, besi, batu bara, dan lain-lain.

PROSPEK KERJA :

▪ Ahli Tambang dan Geologi

▪ Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas) 

▪ Ahli Teknik Energi 

▪ Teknisi Geologi dan Perminyakan

 

Selanjutnya ada beberapa jurusan yang bisa dipilih lulusan IPS beserta prospek kerjanya:

 

1. ILMU KOMUNIKASI

Kalaupun disebut Ilmu Komunikasi, di jurusan ini Anda tidak hanya akan belajar bagaimana berkomunikasi. Departemen juga mempelajari topik-topik menarik seperti public speaking, penulisan berita, fotografi, desain dan animasi, produksi periklanan dan film.

PROSPEK KERJA :

▪ Public relation

▪ Spesialis Hubungan Masyarakat

▪ Manajer Layanan Sosial dan Komunitas atau jurnalis

 

2. HUBUNGAN INTERNASIONAL

Hubungan internasional dianggap sebagai salah satu profesi terkenal. Siswa mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pertukaran lintas batas antar negara, seperti seni diplomatik, kebijakan luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

PROSPEK KERJA :

▪ Konsultan Politik

▪ Diplomat

▪ Wartawan internasional

▪ Konsultan Imigrasi

 

3. PSIKOLOG

Jurusan ini dikenal juga dengan nama Administrasi Niaga mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klerikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.

PROSPEK KERJA :

▪ Psikolog Konseling

▪ Psikolog klinis

▪ Psikolog organisasi industri

 

4. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Jurusan ini mengajak para mahasiswanya mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mempengaruhi omput atau penerima pesan.

PROSPEK KERJA :

▪ Desainer grafis

▪ Animator dan seniman multimedia

▪ Desainer produk komersial dan industri

 

5. PENYIARAN (BROADCASTING)

Penyiaran merupakan salah satu cabang ilmu komunikasi khususnya jurnalistik. Yang saya pelajari di jurusan ini adalah tentang proses penciptaan dan pengemasan ide menjadi program untuk produksi dan penyiaran kepada khalayak melalui media massa.

PROSPEK KERJA :

▪ Penyiar berita

▪ Sutradara

▪ Penyiar televise

▪ Presenter atau pembawa acara

Leave A Comment