Majalah Sunday

Insomnia: Sulit Tidur Akibat Stres Berlebihan

Penulis: Cantika Cahyaning Arifin – SMAN 4 Probolinggo. 

Hai Sunner, akhir-akhir ini kalian suka sekali bergadang? Lalu tidak sadar bahwa Stress membuat kalian kesulitan untuk tidur dengan baik? Atau karena banyak perkejaan yang membuat Sunner terpaksa untuk bergadang?. Jika sering melakukannya, Sunners mungkin mengalami gangguan tidur yaitu Insomnia. Apa si itu Insomnia? Yuk kenalan dengan Insomnia Sunners.

Apa itu Insomnia?

Insomnia adalah gangguan tidur yang terjadi Ketika seseorang mengalami kesulitan atau tidak bisa tidur. Penyebabnya sangatlah beragam, bisa karena masalah fisik ataupun mental.

Kondisi ini dapat membuat para pengidapnya tidak memiliki waktu tidur yang tubuh butuhkan. Idealnya tidur yang dibutuhkan manusia adalah 7-8 jam setiap malamnya. Jika, Sunners seringkali terbangun di Tengah malam dan tidak dapat tidur kembali, itu termasuk insomnia loh.

Insomnia dapat mengakibatkan pederitanya tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Hal tersebut bisa berdampak pada Kesehatan fisik maupun mental, seperti mudah Lelah, penurunan sistem kekebalan tubuh, kurang focus, gangguan kecemasan (anxiety disorder), dan lainnya.

Sunners tau bahwa Insomnia terbagi menjadi 2 jenis, yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Insomnia akut merupkan gangguan tidur yang terjadi dalam jangka waktu yang pendek, yakni hanya terjadi selama beberapa hari atau minggu. Di sisi lain, insomnia kronis adalah gangguan yang menyebabkan Sunner kesulitan tidur dalam jangka waktu yang panjang, bisa berbulan-bulan. Hati-hati Sunners mulai hari ini kurangi yaa bergadangnya.

Lantas apa penyebab dari Insomnia itu ?​

Penyebab insomnia ini sebenernya sangat beragam, dari masalah Kesehatan mental hingga kondisi medis tertentu.

Penyebab insomnia akut yaitu:

Sebenernya penyebab insomnia akut itu tidak telalu menakutkan, contohnya seperti Sunner lagi beradaptasi dengan lingkungan baru biasanyakan Sunners selalu bertanya-tanya gimana ya buat akrab dengan temen baru atau lainnya, hal itu membuat Sunners kesulitan tidur akibat terlalu memikirkannya.

Antara lain:

  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Konsumsi Kafein, nikotin, alcohol berlebih.
  • Konsumsi makanan berlebih sebelum tidur yang menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman saat berbaring.

Penyebab insomnia kronis yaitu:

  • Gangguan mental, seperti post traumatic stress disorder (PTSD), gangguan kecemasan, depresi, dan lainnya.
  • Kondisi medis tertentu, seperti asma, penyakit prakinson, GERD, dan lainnya.
  • Menggunakan ponsel sebelum tidur, dan akhirnya keterusan sampai dini hari, hayo Sunners ngaku siapa yang sering begitu.
  • Kebiasaan menonton telivisi atau bekerja di tempat tidur.

Hayo Sunners,  kebiasaan menggunakan ponsel sebelum tidur bisa merusak pola tidur yang sehat loh. Sebisa jika Sunners ingin tidur ponselnya dijauhkan ya.

Gejala Insomnia

Sunners yang mengalami Insomnia pasti sering merasakan ngantuk, sehingga susah focus untuk melakukan aktivitas di pagi hari. Selain itu, gejala umum dari insomnia adalah sebagai berikut:

  • Mudah terbangun di malam hari
  • Perubahan emosional
  • Mudah Lelah dan sulit berkosentrasi saat melakukan aktivitas di siang hari
  • Daya ingat menurun

Jika sudah merasakan gelaja ini, sebagainya Sunners kurangi bergadangnya, agar Kesehatan tubuh dan mental Sunners terjaga. Lalu bagaimana cara mengatasi Insomnia?

Cara Mengatasi Insomnia

Cara paling mudah yang bisa Sunners lakukan yakni menerapkan gaya hidup sehat seperti:

  • Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang
  • Membatasi konsumsi kafein dan alcohol.
  • Berhenti merokok.
  • Rutin berolahraga.
  • Menghindari penggunaan ponsel atau alat elektronik lainnya.
  • Lakukan hal-hal positif untuk mengurangi stress, seperti jurnaling sebelum tidur.
  • Stop overthinking.
  • Usahakan tidur dibawah jam 10 malam.

Insomnia Sulit tidur di malam hari

Insomnia : Sulit Tidur Akibat Stress Berlebihan, pict by canva.com

Nah Sunners sudah mengenal lebih jauh tentang Insomnia, memang pada dasarnya kita hidup penuh dengan banyak sekali hal yang harus dikerjakan. Dari tugas sekolah, kampus, dan kantor yang mengharuskan untuk bergadang agar bisa menyelesaikan deadline pekerjaan yang diberikan. Akibatnya, pola tidur yang buruk yang berujung sebagai habit, dan stress yang berlebih. Maka dari itu, Sunners harus mulai menerapkan pola hidup sehat, agar Kesehatan fisik dan mental Sunners terjaga. Tidak lupa lakukan jurnaling agar mengurangi Overthinking.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 23
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?