WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ini Dia, Jurusan SMK Untuk Kamu yang Ingin Berwirausaha

Hai Sunners! Bagi kamu yang baru lulus SMP atau yang masih bingung nih mau pilih jurusan apa di SMK tapi bosan dengan pekerjaan yang harus duduk didepan komputer terus. Kali ini akan kita bahas Jurusan SMK untuk kamu yang ingin berwirausaha, Simak sampai akhir, ya!

Sekolah menengah kejuruan (SMK) memang banyak banget pilihan jurusannya, sehingga membuat bingung untuk memilihnya. Nah kali ini akan kita bahas untuk kamu yang ingin berwirausaha. Jurusan apa ya kira-kira yang cocok ?

Bidang bisnis dan manajemen adalah salah satu bidang jurusan terfavorit di kalangan para pelajar SMP yang ingin melanjutkan ke SMK. Karena prinsip bisnis ekonomi enggak akan pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari, penerapan bidang ini juga akan selalu digunakan dan dibutuhkan dalam setiap aspek dan industri tanpa terkecuali.

Seiring berkembangnya zaman, jurusan yang dipayungi bidang ini sekarang enggak cuma mempelajari Akuntansi, Administrasi dan Pemasaran aja lho. Pilihan jurusan di SMK juga semakin beragam. Belum lagi peran teknologi serta pergeseran kebutuhan masyarakat di era digital ini.

Bidang bisnis dan manajemen mencakup lima jurusan yang terbagi dalam tiga program keahlian sebagai berikut :

1. Bisnis dan pemasaran: Bisnis daring dan pemasaran
2. Manajemen dan perkantoran: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
3. Akuntansi dan Keuangan : Akuntansi dan keuangan lembaga, perbankan dan keuangan mikro, dan perbankan syariah

Sebenarnya lulusan dari jurusan dibidang bisnis dan manajemen ibarat ‘bunglon’ yang bisa masuk kemana saja. Karena didunia ini enggak ada industri yang enggak membutuhkan tenaga yang berasal dari bidang bisnis dan manajemen.

Bagi kamu yang ingin berwirausaha bisa banget memilih jurusan Bisnis daring dan pemasaran atau BDP, karena jurusan ini salah satu Kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran.  Jurusan ini mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.

Selama 3 tahun pembelajaran, Kamu akan diajarkan bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang bisnis di dalamnya. Kamu juga akan dibekali agar mampu menggunakan media online seperti situs web maupun media sosial sebaik mungkin, sehingga diharapkan mampu menggunakannya sebagai e-commerce.

Materi Apa Saja yang Diajarkan di SMK Jurusan BDP?

Selain Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, di SMK tentu juga diajarkan  mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan sesuai Kompetensi Keahlian yang diambil. Berikut adalah mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan pada Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif) di SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

1 Penataan Produk

Mata pelajaran ini membahas mengenai cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaan. Pengelompokan tersebut tentu juga dengan memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen agar membeli produk tersebut.

2 Bisnis Online

Pada mata pelajaran Bisnis Online akan dibekali dengan bagaimana cara pemasaran melalui internet. Pemasaran tersebut bisa dengan situs web atau memanfaatkan sosial media yang ada. Dengan berbisnis online tentunya akan lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Misalnya biaya untuk menyewa ruko, membeli stok barang, membayar karyawan dan lain sebagainya.

3 Pengelolaan Bisnis Ritel

Pengelolaan bisnis ritel mempelajari bagaimana pengaturan keseluruhan faktor yang berpengaruh dalam proses perdagangan ritel. Misalnya faktor yang mempengaruhi perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

4 Administrasi Transaksi

Dalam Administrasi Transaksi siswa dibekali agar dapat melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan terstruktur, sehingga hasil pencatatan tersebut mudah dipahami.

5 Produk Kreatif Kewirausahaan

Pada mata pelajaran ini kamu akan dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas antara lain bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

Dengan era serba digital seperti saat ini, transaksi jual beli pun dilakukan secara online. Barang yang dijual pun beragam, mulai dari makanan, fashion, elektronik, kosmetik dan masih banyak. Tentunya para lulusan SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran akan sangat dibutuhkan. Bahkan jika tidak ingin bekerja di perusahaan tertentu, mereka bisa berwirausaha.

Leave A Comment