WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Hindari Overthinking dengan Me Time

Beberapa orang mengalami overthinking pada waktu malam atau ketika ingin tidur, tentunya hal itu akan menyebabkan kamu susah tidur dan membuat waktu tidurmu berantakan. 

Ada banyak sekali pikiran yang masuk kedalam kepalamu, mulai dari masa lalu, masa sekarang, atau masa depan yang belum tentu terjadi. Overthinking dapat hadir karena beberapa faktor seperti perasaan bersalah, sakit hati, cemas yang berlebihan, dan obsesi pada suatu hal, sehingga dapat memberikan dampak buruk bagi yang mengalaminya. Salah satu dampak dari overthinking yaitu gangguan mental, dengan terlalu memikirkan kesalahan pada masa lalu akan lebih beresiko untuk meningkatkan penyakit mental, seperti kejadian yang menyebabkan trauma atau kejadian yang sulit dimaafkan. 

Seorang yang mengalami overthinking juga akan sulit menyelesaikan masalah yang hadir dalam hidupnya, ia akan berusaha keras untuk memahami dan memecahkan masalah tersebut, tapi hal itu justru akan menjadi salah satu pemicu munculnya overthinking.

Overthinking tentunya hanya memberikan dampak buruk dan merugikan kegiatan kehidupan sehari-hari, maka dari itu berhenti overthinking dari sekarang. Mulailah untuk mengistirahatkan pikiranmu dengan kegiatan-kegiatan me time atau waktu sendiri yang dapat membantu mengalihkan pikiran berlebihan.

Yuk simak kegiatan me time apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghindari overthinking.

1. Berolahraga

Manfaat dari berolahraga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh tapi juga dapat menjadi aktivitas untuk menghilangkan stress. Pilihlah kegiatan olahraga yang ringan seperti jalan santai, menari, atau yoga, kamu juga dapat melakukan aktivitas olahraga dengan menggunakan musik dan video pendukung. Mengalihkan pikiran dengan berolahraga dipercaya dapat meningkatkan energi, kebahagiaan, dan kualitas tidur yang baik. Tentunya sehabis berolahraga juga tubuh dan pikiran akan jauh lebih segar, sehingga masalah-masalah yang sebelumnya hadir pun akan lebih mudah diselesaikan.

2. Menonton film

Menghindari overthinking dan stress dengan menonton film merupakan salah satu terapi tersendiri, loh. Terapi tersebut dinamakan dengan sinema terapi, tujuan dari sinema terapi yaitu seseorang dapat mempelajari diri sendiri melalui karakter atau adegan yang terdapat pada film. Banyak sekali manfaat dari sinema terapi, salah satunya yaitu kamu dapat meluapkan emosi seperti menangis atau tertawa yang mungkin sulit kamu ekspresikan sebelumnya. Maka dari itu, menonton film menjadi salah satu kegiatan me time yang paling direkomendasikan.

3. Berkebun

Aktivitas berkebun tidak hanya merawat tumbuhan saja tapi manfaat lain dari berkebun juga dapat merawat kesehatan. Kegiatan bercocok tanam dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi pikiran berlebih dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga kamu tidak akan mudah mengalami stress. Interaksi langsung bersama makhluk hidup lain seperti tumbuhan dapat memberikan energi yang positif pada tubuh. Maka dari itu, biasanya orang yang gemar berkebun cenderung memiliki sifat yang penuh kasih sayang, tenang, dan bertanggung jawab. 

Semoga tips diatas dapat membantu meringankan overthinkingmu ya, Sunners. Tidak salah jika kamu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu dengan kegiatan me time sebelum kembali menghadapi aktivitas padat. Jangan terlalu memikirkan suatu hal yang belum terjadi tapi lakukanlah hal yang bisa kamu lakukaan saat ini dengan sebaik mungkin.

 

 

Penulis: Dwi Puji Lestari – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment