Majalah Sunday

Haruskah Kita Kenal Diri Kita Sendiri?

Penulis: Cantika Cahyaning Arifin – SMAN 4 PROBOLINGGO

Hai Sunners, Gimana kabar hari ini? Sehat-sehat selalu ya Sunners. Jika, Sunners merasa sedih atau Lelah lebih baik untuk istirahat sejenak, dan evaluasi Bersama diri sendiri apa yang menjadi masalah untuk hari ini. Berbaik hatilah dengan diri sendiri Sunners, tidak usah terlalu dipaksa karena Sunners harus memahami lebih dari siapapun tentang diri Sunners. Hanya Sunners yang kenal diri sendiri. Lantas Haruskah kita kenal diri kita sendiri? Sepenting itukah untuk kenal diri sendiri?.

Mungkin pertanyaan seperti itu pernah muncul di pikiran Sunners. Mengenal diri merupakan pintu gerbang seorang individu untuk dapat mengembangkan diri secara optimal. Lalu apa pentingnya dari kenal diri sendiri? Yuk, kita diskusi bersama, untuk Sunners harap untuk membaca secara perlahan, take a deep breath, mari kita bahas.

Setiap individu perlu mengenal diri dengan baik, karena pengenalan diri merupakan pintu gerbang kesuksesan. Artinya, saat kita sudah mengenal diri sendiri kita tau apa yang sendang dibutuhkan oleh diri kita sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, Sunners akan tau bakat dan kemampuan diri, serta menjadi paham akan tujuan hidup dengan makna cerita dari kehidupan.

Mengenal diri atau dapat disebut self awareness adalah kemampuan untuk dapat melihat diri secara jelas dan obyektif termasuk memantau pikiran, emosi, juga tekanan-tekanan yang sedang dirasakan. Harapannya, dengan mengenal diri sendiri kita bisa mengetahui kekuatan diri, kelebihan, kekurangan, dan apa saja yang harus menjadi perhatian. 

Buat Apa kita perlu mengenal diri sendiri?​

Dengan mengenal diri dan memahami diri kita, maka bisa:

  1. Merespon suatu hal dengan baik, bukan sekedar terpengaruh oleh situasi atau emosi.
  2. Tahu bagaimana harus bersikap pada suatu situasi atau memperkirakan resikonya.
  3. Lebih percaya diri dan mampu menghadapi tantangan yang ada.
  4. Meningkatkan kecintaan akan diri.
  5. Mengontrol diri dengan baik.
  6. Menghargai kerja keras yang sudah kita lakukan.
  7. Memutuskan sesuatu dengan lebih baik.

Jika Sunners sering merasa kesusahan dalam mengenal diri Sunners, mungkin pada saat itu sunners mengalami stress berlebih, sering cuek terhadap diri sendiri dalam contohnya telat makan sampai asam lambung naik, kurangnya tidur, serta tidak terawatnya diri akhirnya berakhir dalam sakit. Asalkan Sunners tau, dengan melakukan hal tersebut, Sunners termasuk menyakiti diri sendiri. Memang, hal sepele namun dapat berdampak serius untuk Kesehatan sunners sendiri.

Lalu Bagaimana Cara Mengenali Diri?

Pertama, dengan melakukan refleksi diri. Dengan melihat kembali hal-hal yang ada dalam pikiran, perasaan, dan perilaku diri sendiri. Hal ini bertujuan untuk memahami apakah yang kita lakukan selama ini sesuai dengan harapan atau tidak. Jika belum, dimana letak kesalahan, kegagalan, dan kekurangan serta bagaimana cara memperbaikinya di kemudian hari, dengan ditulisnya hal tersebut akan membuat kita paham apa yang selama ini menjadi troblue kita.

Kedua, berlatih mindfulness alias fokus saat melakukan sesuatu. Sering kali kita makan sambil liat ponsel atau ngobrol dengan seseorang sambil menyelesaikan pekerjaan?. Jika iya, berarti masih belum mindful. Cobalah untuk fokus merasakan aroma dan rasa makanan di setiap suapnya, berhenti saat kita kenyang. Berhentilah melakukan sesuatu saat ada yang mengajak bicara. Hadirlah dalam tiap momen yang berlangsung, baik secara perasaan maupun pikiran. Saat kita mindful, proses pengambilan keputusan bisa lebih bijak. 

Ketiga, coba untuk memikirkan kebutuhan orang lain (bukan hanya diri sendiri) dengan menyimak perkataan atau penjelasan mereka. Di saat yang sama, kita juga bisa berlatih untuk mendengarkan dialog dan memikirkan kemungkinan pendapat yang muncul dalam diri sendiri. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berkenalan dengan Diri Sendiri?

Waktu yang terbaik adalah sedini mungkin. Tidak ada kata terlambat untuk mengenal diri sendiri, jangan keras terhadap diri sendiri Sunners. Jika Lelah maka beristirahatlah sejenak. Tidak ada salahnya untuk istirahat. Yang tidak boleh dilakukan itu adalah menyerah.

Kalau Gagal Mengenal Diri, Apa dampak yang Dirasa

Mengenal diri biasanya menunjukkan sikap percaya diri karena memiliki pemahaman mengenai kekuatan, kelemahan, dan pola perilaku kita, yang akan berguna saat menghadapi masalah atau tantangan. Kemampuan berkomunikasi kita pun akan baik, karena kita bisa dengan jelas mengetahui kebutuhan dan bagaimana harus menyampaikannya pada orang lain.

Sebaliknya, jika tidak mengenal diri sendiri maka kita akan terlihat seperti orang bingung, tak paham apa yang dirasakan, apalagi dibutuhkan, akan selalu merasakan kesepian akibat sulit berinterkasi dan bekerjasama dengan orang lain. 

know yourself

(Kenali diri sendiri)

Manusia itu sifatnya aktif dan perlu tumbuh serta berkembang. Karena, pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa sendiri, selalu membutuhkan bantuan dari seseorang, entah sekecil apapun hal itu. Dengan mengenal diri sendiri, kita akan paham bagaimana menyenangkannya proses tumbuh kembang diri kita yang diwarnai cerita. Jika, ada masalah janganlah terlalu untuk memikirkannya sehingga membuat diri kita down, seringlah untuk evaluasi diri dengan meminta pendapat dari orang tersayang. Cobalah untuk berdamai dengan dirimu ya Sunners. Semua manusia termasuk kita merupakan orang yang spesial. 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 34
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?