Majalah Sunday

Fobia Bahagia?
Waspada Risiko Mengalami Cherophobia

Penulis: Windiarti Juliarso, Polimedia Jakarta

Setiap orang memiliki definisi bahagia sendiri dan cara yang berbeda untuk mencapainya. Bahagia merupakan perasaan positif yang muncul ketika seseorang merasakan kegembiraan, kepuasan, atau keadaan emosional yang muncul dari berbagai faktor. Namun, bagaimana jadinya jika seseorang mengalami fobia bahagia?

Kalau kata Yura Yunita, kita harus bahagia. Tapi ada lho beberapa orang yang justru fobia bahagia. Istilah apa lagi ini?

Emang beneran ada orang yang takut bahagia? Pict by canva.com

Apakah Fobia Bahagia Itu Ada?

Dalam ilmu psikologi, fobia bahagia dikenal dengan istilah Cherophobia. Istilah Cherophobia digunakan untuk menggambarkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan terhadap kebahagiaan atau kegembiraan. Cherophobia sering dikaitkan dengan gangguan kecemasan atau depresi. Seseorang yang mempunyai gejala ini dapat merasa enggan untuk merasakan kegembiraan atau kesenangan karena takut bahwa hal-hal positif tadi akan berakhir dengan kekecewaan atau kesedihan. 

Orang yang mengalami Cherophobia mungkin akan merasa sulit untuk menikmati momen bahagia dalam hidupnya. Kecenderungan memiliki pandangan yang pesimis terhadap masa depan. Mereka mungkin menghindari situasi atau kegiatan yang dapat menyebabkan kebahagian seperti perayaan atau kontak sosial dengan orang lain.

Langkah Sederhana Untuk Mengatasi Fobia Bahagia

Kesadaran dan Pemahaman

Pertama-tama, penting untuk menyadari dan memahami bahwa takut terhadap kebahagiaan adalah masalah yang dapat diatasi.

Belajar Menghadapi Ketakutan

Kalian dapat memulainya dengan melakukan aktivitas kecil yang biasanya membawa kebahagiaan. Ajak diri kalian untuk perlahan merasakan dan menikmati momen-momen kebahagiaan tersebut.

Bangun Rutinitas

Ciptakan rutinitas positif yang dapat membantu kalian memperkenalkan lebih banyak kebahagiaan, misalnya seperti berolahraga, menulis hingga mendengarkan musik. Mulailah dengan hal-hal kecil yang membuat kalian senang dan merasa cukup, perlahan-lahan perluas lingkup kegiatan tersebut.

Fobia bahagia bisa berdampak buruk bagi hidup lho

Jangan anggap remeh cherophobia ya, pict by canva.com

Meskipun cherophobia tidak termasuk dalam Diagnosis and Statistical Manual of Mental Disorders yang biasa digunakan para profesional kesehatan mental untuk mendiagnosis gangguan mental, tetapi gejala ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang mempengaruhi kualitas hidup kalian. Oleh karena itu, jika sunners mengalami gejala Cherophobia yang signifikan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk mendapatkan dukungan yang tepat.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 253
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?