Majalah Sunday

Fatma Dwi Hasanah, Inspirasi Generasi Muda

Penulis: Kharisma Putri Nabila – ITTP

Kenalan yuk sama Fatma Dwi Hasanah, sosok yang menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda dalam mengejar cita-cita
Fatma Dwi Hasanah sebagai Duta Siswa Indonesia 2022

Fatma Dwi Hasanah, seorang pelajar berprestasi kelas 12 di MAN 1 Kota Bogor. Dengan semangat juang tinggi dan komitmen yang kuat terhadap prestasi akademik maupun non akademik, ia telah mengukir jejak cemerlang dan memberikan inspirasi untuk generasi muda dalam aspek kehidupan sekolah maupun kehidupan sosial. Selain berprestasi, Fatma panggilan akrabnya juga menginspirasi dan menunjukkan bahwa keberhasilan tidak hanya terletak pada pencapaian akademik, tetapi juga pada komitmen untuk berkontribusi dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Kenalan yuk sama Fatma Dwi Hasanah, sosok yang menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda dalam mengejar cita-cita
Fatma Dwi Hasanah sebagai Ketua OSIS MAN 1 Bogor

Memilih Pendidikan Berkualitas

Bagi Fatma, MAN 1 Kota Bogor bukan hanya sekedar sekolah biasa, tetapi tempat yang mampu mengembangkan potensi akademik, keterampilan, serta membentuk karakter yang baik. Pendalaman materi agama yang baik menjadi salah satu nilai tambah yang membuatnya tertarik untuk bergabung di MAN 1 Kota Bogor. “Saya memilih MAN 1 Kota Bogor, karena bagi saya MAN 1 Kota Bogor adalah salah satu sekolah terbaik yang mampu membuat diri saya menjadi berkembang dalam bidang akademik, non akademik, keterampilan, dan akhlakul karimah. MAN 1 Kota Bogor menjadi salah satu Madrasah terbaik yang selalu mendukung siswa/I nya untuk berkembang, hingga saya tertarik untuk menjadi bagian dari siswi MAN 1 Kota Bogor. Bagi saya, bersekolah di MAN 1 Kota Bogor memiliki nilai tambahan diantara sekolah lain, yaitu pendalaman materi agama yang sangat baik dan mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari” ungkapnya.

Fatma juga memiliki cita-cita untuk menempuh pendidikan kuliah di PTN impiannya sejak kelas 10, selain itu ia juga ingin menjadi Menteri Pendidikan di Indonesia, “Insya Allah saat ini saya sudah memiliki PTN impian saya sejak saya duduk di bangku kelas 10. Saya selalu bercita-cita untuk menjadi pribadi yang bermanfaat, membanggakan, dan dibanggakan oleh banyak orang. Saya memiliki cita-cita sebagai Menteri Pendidikan di Indonesia, aamiin” pungkasnya. Mimpi besar tersebut tidak hanya menjadi motivasi pribadi, tetapi juga akan menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda lainnya tercermin dari berbagai kegiatan yang diikutinya.

Kenalan yuk sama Fatma Dwi Hasanah, sosok yang menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda dalam mengejar cita-cita
Fatma Dwi Hasanah sebagai juara MSLA 2022

Prestasi Akademik dan Organisasi

Fatma telah menorehkan berbagai prestasi membanggaan yang memperlihatkan dedikasinya dalam bidang pendidikan. Di antaranya, ia berhasil meraih Juara 2 dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Jawa Barat, Medali Perunggu dalam Olimpiade PPKN Tingkat Nasional, memperoleh penghargaan Juara 2 dalam Lomba Essay Nasional, sekaligus mendapatkan Penghargaan Siswa Berprestasi di Kota Bogor di tahun yang sama yaitu tahun 2023. Di tahun sebelumnya, ia telah mengukir prestasi sebagai Juara 1 Madrasah Students Leadership Award 2022, serta meraih Juara 2 dalam berbagai ajang kompetisi seperti Orasi Islami tingkat Jabodetabek 2022 dan Duta Genre Kota Bogor 2021. Pencapaiannya dalam bidang agama juga terbukti dengan meraih Juara 2 dalam Olimpiade Pendidikan Agama Islam pada tahun 2021.  “Alhamdulillah, saya tidak pernah turun dari rangking 1 atau 2 selama di SMA, bahkan dari saya SD. Saat ini, alhamdulillah saya menjadi bagian terpilih sebagai 4 besar eligible di sekolah saya.” Ungkap Fatma. Selain berprestasi di sekolah ia juga membuktikan kemampuan luar biasa di luar sekolah.

Fatma sangat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi, “Kegiatan yang saya lakukan selain bersekolah dan belajar sebagai siswi yaitu, sejak kelas 10 saya mengikuti kegiatan Forum Komunikasi OSIS Bogor, alhamdulillah diamanahi untuk menjadi ketua 1 FKOB periode 2021/2022. Selanjutnya, saya merupakan bagian dari Forum Anak Kota Bogor periode 2022/2024, sebenarnya pengalaman saya di Fanator sejak tahun 2020 hingga alhamdulillah menuntaskan tugas saya di Forum Anak pada tahun 2024. Selain itu, saya juga mengikuti kegiatan Jambore Konselor Sebaya sejak SMP sampai tingkat nasional. Ketika menjadi bagian Konselor Sebaya, hal tersebut mampu membawa saya untuk menjadi bagian dari Duta Kesehatan MAN 1 Kota Bogor. Saya juga merupakan Duta Perlindungan Anak Kota Bogor. Di tahun 2022/2023 saya menjadi Ketua OSIS di MAN 1 Kota Bogor. Kemudian,saya juga menjadi Duta GenRe Kota Bogor di tahun 2024. Alhamdulillah amanah baru saya mengikuti Duta Siswa Indonesia 2024 sebagai juara utama. Bagi saya, semua prestasi saya mampu membuat saya berkesan dan bangga. Namun, prestasi yang paling berkesan diantaranya Duta Siswa Indonesia, karena saya menghadapi ribuan orang untuk menjadi yang pertama, alhamdulillah” jelasnya.

Keberhasilan yang ia raih tidak lepas dari peran orang tua dan lingkungan sekitar yang selalu mendukung hal positif yang Fatma lakukan. Selain itu, lingkungan yang sehat juga sangat mempengaruhi pola pikir dan tindakan. Motivasi Fatma adalah ingin membahagiakan orang tua dan menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain. Ia juga memiliki hal yang memberinya inspirasi yaitu, buku Filosofi Teras karena mampu membuka pemikiran untuk lebih baik lagi, sehingga tindakan yang dihasilkan juga baik.

 

Kenalan yuk sama Fatma Dwi Hasanah, sosok yang menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda dalam mengejar cita-cita
Fatma Dwi Hasanah terpilih sebagai Duta GenRe

Cara Fatma Menjaga Study-Life Balance

Peran tanggung jawab yang diemban Fatma pada organisasi sangatlah bervariasi, diantaranya peran dan tanggung jawab Fatma ketika menjadi bagian dari Duta GenRe Kota Bogor. Hal yang ia lakukan yaitu, menjadi model bagi para remaja di Kota Bogor agar senantiasa mampu menghindari seks bebas, pernikahan dini, dan narkoba. “Di Duta Genre Kota Bogor juga sebagai pemicu agar diri sendiri mampu berdampak untuk sosialisasi langsung ke masyarakat mengenai pentingnya berencana untuk menjaga kesehatan dan masa depan.” Jelas Fatma. Saat menjadi Peer Counselor, ia bertanggung jawab untuk membantu menjadi sosok konselor sebaya yang baik. Tapi, ketika mampu berdampak untuk membantu menenangkan seseorang dari masalah adalah salah satu hal yang sangat Fatma sukai. Tanggung jawab  pada saat menjadi Duta Perlindungan Anak berpegang teguh pada prinsip Forum Anak tersendiri, yaitu menjadi 2P (Pelopor dan Pelapor). Serta amanah dan tanggung jawab baru di Duta Siswa Indonesia, yaitu menjadi motivator untuk seluruh siswa-siswi di Indonesia dalam berprestasi. “Saya akan launching buku nih, bersama dengan teman teman Duta siswa Indonesia 2024, mohon ditunggu ya!” Lanjut Fatma.

Fatma juga membagikan caranya dalam menjaga keseimbangan antara akademik, non akademik, dan kesehatan mental, yaitu:

1. Mindset, selalu mengatur pikiran untuk tetap berpikir positif dan selektif.

2. Smile, selalu berusaha untuk tetap tersenyum ketika dihadapan banyak orang, karena energy positive mampu membuat saya dan orang disekitar saya menjadi bahagia.

3. Makan dan istirahat tetap dijaga, tetap menjaga pola hidup sehat yang baik, seperti olahraga, makan, dan istirahat yang cukup. Hal yang selalu dibawa, yaitu air minum karena sudah wajib bagi diri Fatma sendiri.

4. Me-manage waktu dengan baik, mengatur waktu dalam menentukan skala prioritas sangat penting.

5. Tidak menunda pekerjaan, waktu adalah aset berharga yang harus dimanfaatkan dengan efektif.

Menurut Fatma, 5 Tips diatas adalah beberapa hal yang sangat penting dan menjadi poin dasar untuk tetap menyeimbangkan segala aktivitas. Tetapi yang paling utama adalah kesehatan, ketika badan dan mental sehat maka semua akan dapat berjalan dengan baik. Ia juga memberikan ruang dan waktu untuk dirinya berolahraga, selain makan makanan sehat dan bergizi. 

Kenalan yuk sama Fatma Dwi Hasanah, sosok yang menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda dalam mengejar cita-cita
Kenalan yuk sama Fatma Dwi Hasanah

Pesan Fatma Untuk Generasi Muda

Fatma adalah seseorang yang tidak menyia-nyiakan kesempatan, ia selalu berani mencoba, ketika ada kesempatan ia akan memberanikan diri untuk mengambil kesempatan tersebut. Ia menyadari bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali, jadi ketika memang ada hal baik yang baik, maka perlu dimaksimalkan. Fatma juga mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan public speaking, maka harus mau mencoba untuk berbicara di depan umum dan jangan pernah takut salah, karena dengan kesalahan akan membuat kita terus belajar dan semakin lebih baik.

Menurut Fatma, Indonesia Emas bukan hanya membahas infrastruktur pembangunan di suatu negara, tetapi berfokus pada perkembangan pola pikir dan sumber daya manusia yang berkualitas. Maka, dengan kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas generasi muda mampu menjadi bagian dari Indonesia Emas di tahun 2045. Generasi muda perlu mengambil bagian dan peran dalam memajukan Indonesia Emas tahun 2045, “Setiap hari waktu akan terus berjalan dan teknologi hadir, maka hanya diri kita sendiri yang mampu menentukan arah tujuan hidup kita. Jangan pernah takut untuk mencoba, belajar, belajar, dan terus belajar agar mampu berkontribusi untuk masyarakat. Generasi muda harus berani, cerdik, dan mampu mengambil keputusan. Maka, peran kita sebagai remaja harus lebih dioptimalkan melalui pengasahan life skill untuk meningkatkan value dalam diri sendiri. Setiap remaja perlu mengambil peran untuk Indonesia. Semangat untuk terus berproses dan jangan pernah menyerah, teman-teman!” ungkapnya. 

 

*****

Jadi, jangan takut untuk mencoba hal baru dan mulailah mengambil bagian aktif dalam mendukung Indonesia Emas tahun 2045 untuk generasi muda yang aktif, kreatif, dan berprestasi.

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 116
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?