Majalah Sunday

Fangirling, Bikin Seneng atau Stres?

Penulis: Hanan Afifah – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, pernah dengar istilah fangirlFangirl atau perempuan penggemar dapat diartikan sebagai sekumpulan perempuan penggemar yang mengidolakan seorang tokoh atau grup idola dalam kesehariannya. Fangirling merupakan aktivitas yang dilakukan fangirl untuk menunjukkan kegemarannya pada grup idola.

Fangirling, ngapain aja, sih?

Fangirling dilakukan oleh sebagian orang untuk mencari hiburan. Sementara sebagian lain beranggapan fangirling adalah suatu kebutuhan. Fangirling merupakan kegiatan yang asik untuk dilakukan setelah lelah beraktivitas. Hal ini dapat dilakukan dengan menonton penampilan grup idola favorit di Youtube. Selain itu, melihat bias atau member yang paling disukai update juga dapat membuat hati senang. Kegiatan tersebut dapat membantu mengurangi stres karena beban tugas atau yang lainnya.

Namun, sebagian fangirl lainnya justru mengaku lelah akibat fangirling yang mereka lakukan sehari-hari. Hal itu disebabkan karena mereka menjadikan fangirling sebagai kewajiban. Misalnya, setiap ketinggalan update, mereka akan merasa khawatir. Hal tersebut dapat memicu perasaan Fear of Missing Out (FOMO) yang jika dibiarkan terus-menerus dapat menimbulkan kecemasan. Bahkan, beberapa di antara fangirl merasa sedih ketika tidak mampu membeli album atau merchandise K-pop.

Lalu, bagaimana caranya agar aktivitas fangirling tetap berjalan tanpa menimbulkan stres, ya? Sunday punya tips fangirling yang sehat untuk Sunners yang fangirl, nih! Disimak baik-baik ya!

Tips Fangirling yang Sehat

Buat jadwal fangirling

Waktu terbaik untuk fangirling adalah sore hari. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk bersantai dan melepas penat. Namun, jangan lupa kerjakan tugas-tugas sekolah dulu ya, Sunners! Jika kamu ingin bersantai sejenak di sore hari boleh, kok. Kemudian, malam harinya kamu mulai mengerjakan tugas. Atur saja waktunya sesuai dengan kemampuanmu. Meskipun fangirling merupakan kegiatan yang kamu sukai, tetap prioritaskan tugas-tugas sekolah, ya!

Menabung untuk beli merchandise

Hayo, siapa di antara Sunners yang rajin menabung? Menabung itu banyak manfaatnya, loh. Salah satunya kamu bisa membeli album atau merchandise K-pop yang kamu inginkan. Tapi, perlu diingat bahwa uang tabungan yang kamu punya tidak selalu untuk keperluan fangirling. Kamu perlu bersikap bijak sebelum menggunakan uang tabunganmu. Prioritaskan hal-hal yang bersifat mendesak atau kebutuhan yang lebih penting.

Cintai diri sendiri sebelum orang lain

Fenomena fangirling dianggap negatif oleh sebagian orang karena beberapa di antaranya berada dalam kebiasaan fangirling yang tidak sehat. Anggapan tersebut muncul karena fenomena fangirling yang dinilai berlebihan di media sosial. Sunners, menyukai seorang idola itu boleh saja, tapi tetap jadikan dirimu sebagai prioritas, ya! Jangan lupa untuk memberi afeksi kepada diri sendiri sebelum orang lain.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tidak merasa stres saat fangirlingFangirling itu bukan sesuatu yang buruk kok, asalkan kamu bersikap bijak dalam melakukannya. Ingat ya, cintailah dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 4,322
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?