WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Faktor Penyebab Married By Accident

Sumber Foto : Pinterest 

Hallo Sunners! Married by accident (MBA) adalah sebuah kasus yang menunjukan bahwa terjadinya perkawinan yang disebabkan oleh adanya kecelakaan berupa kehamilan sebelum adanya pernikahan diselenggarakan.

Kasus MBA ini memang bisa terjadi pada siapa saja tapi, biasanya kasus ini banyak terjadi pada usia remaja. Banyak faktor yang mendorong sehingga dapat terjadinya Married by Accident ini. Salah satu faktornya adalah pergaulan bebas. Pergaulan bebas yang sangat kental di kalangan remaja ini bisa dibilang sebagai faktor utama MBA. Sifat khas pada usia remaja yang ingin mencoba hal baru juga menjadi pemicu terhadap pergaulan bebas itu terjadi. Sikap yang membebaskan perilaku seks di luar nikah disebut keserbabolehan dalam perilaku seksual pranikah atau bahasa kerennya permissiveness. Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya perilaku permisif dalam perilaku seksual pranikah remaja antara lain, libido yang meningkat, kurangnya pendidikan seksual, pendidikan agama dan moral yang kurang dari orang tua atau guru pun ikut ambil peran dalam hal ini.

Masalah Married by Accident ini sudah sangat amat populer, baik terjadi di kalangan remaja kota maupun desa. Hal ini dikarena kasus-kasus hamil di luar nikah telah menjadi sesuatu hal yang sangat marak dan biasa terjadi di masyarakat. Dan  sebagian atau hampir seluruh di daerah di Indonesia ini pasti ada kejadian ini, yaitu banyak pasangan yang harus menikah disebabkan karena masalah hamil di luar nikah ini.

 

Penulis : Agis Manjal | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment