Majalah Sunday

Fakta Unik Tentang Jurusan Multimedia

Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Halo, Sunners. Kalian pasti udah nggak asing lagi dong dengan jurusan SMK yang satu ini? Yap! Multimedia! Multi itu berarti banyak, sedangkan media berarti perantara. Wah, dari namanya aja kita jadi tau, ya, kalo jurusan yang satu ini mempelajari banyak hal tentangpenyampaian informasi lewat perantara media. Tapi ternyata, ada beberapa fakta tentang jurusan Multimedia yang belum diketahui banyak orang, loh. Apa aja ya kira-kira?

Melek Teknologi

Siswa jurusan Multimedia tuh diharuskan banget buat mengerti beberapa teknologi masa kini, contohnya handphone, laptop, dan kamera. Belum lagi mereka nggak bisa sembarangan pilih laptop, loh. Laptop yang digunakan pun harus memiliki kapasitas minimal RAM 4 GB, supaya nggak nge-lag saat mengerjakan berbagai macam tugas yang pastinya memakan banyak storage.

seperangkat alat pendukung pembelajaran siswa jurusan multimedia

Seperangkat alat pendukung pembelajaran siswa jurusan Multimedia, pict by canva.com

Materi Pelajaran

Untuk materi pelajaran jurusannya pun nggak kalah unik, nih. Materi di jurusan ini nggak jauh-jauh dari teks, gambar, audio, video, dan animasi, bahkan ada bahasa pemrograman sederhana. Contohnya ada materi desain grafis, animasi 2D/3D, audio visual, multimedia interaktif, produk kreatif, sistem komputer, komputer jaringan dasar, simulasi digital, pemrograman dasar, dan masih banyak yang lainnya.

Kreativitas

Nah! Ini, nih, yang paling unik dari jurusan Mutimedia. Siswa di jurusan ini harus punya jiwa kreatif tanpa batas. Udah nggak diragukan lagi kalau jurusan satu ini memang fokusnya pada dunia industri kreatif, jadi siswanya pun harus punya jiwa kreatif dan ide-ide cemerlang.

Software

Dengan berbagai macam pelajaran yang harus dikuasai, tentunya siswa di jurusan ini harus memiliki kemampuan untuk menguasai berbagai macam software. Contohnya aja Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Adobe Flash, Adobe Premiere Pro, Adobe Dreamwever, Adobe Audition, CorelDraw, 3D Max, Blender 3D, dan masih banyak lagi. Aduh, bikin pusing nggak, ya?

Waktu Tidur

Dengan banyaknya materi pelajaran, siswa di jurusan ini punya banyak tugas dari guru-guru yang pastinya nggak sebentar buat ngerjainnya, nih. Karena itu kadang mereka dikejar-kejar deadline yang membuat waktu tidur mereka jadi nggak karuan, bahkan bisa sampai begadang terus, loh! Apalagi kadang-kadang mereka suka banget sama SKS atau Sistem Kebut Semalam. Makin nggak bisa tidur lagi, deh!

siswa jurusan multimedia suka ketiduran

Ketiduran gara-gara SKS, pict by canva.com

Kelewat Santuy

Walaupun sering banget dikejar-kejar deadline yang menyita waktu tidur, tapi jurusan yang satu ini ternyata terbilang santai juga, loh. Biasanya guru-guru yang mengajar jurusan Multimedia tergolong guru yang asik dan gampang nyambung dengan siswa, ya walau killer kalo urusan tugas, sih.  Karena faktor guru yang santuy dan juga materi pelajaran yang asik, siswa jurusan Multimedia jadi merasa santuy banget, nih.

Jurusan Mahal

Jurusan ini punya banyak materi pelajaran yang harus didukung dengan teknologi. Nah, teknologi yang dibutuhkan jurusan Multimedia terbilang nggak murah. Contohnya saja kamera dan perangkat pendukungnya atau laptop dengan kapasitas memori yang tinggi. Tapi tenang aja, biasanya sekolah-sekolah sudah menyediakan teknologi yang dibutuhkan agar semua siswa jurusan Multimedia-nya dapat belajar dengan nyaman. Wah, keren, ya!

Nah, kalian jadi tertarik nggak nih sama jurusan yang satu ini? Komen di bawah ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 4,084
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?