Majalah Sunday

Expectation vs Reality Tentang Kuliah

Penulis: Santi Lumbantoruan – Universitas Kristen Indonesia
Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Ekspektasiku dulu kalau nanti lulus SMA, aku bakal langsung kuliah ke Perguruan Tinggi yang aku suka dan berangkat pake outfit-outfit favorit. Kuliah, kan, enak. Kayak di film-film atau FTV, kuliah nggak perlu pakai seragam lagi. Ke kampus bisa pakai kaos oblong, sandal jepit juga boleh. Bisa bebas mau cabut atau tidur di kelas, nggak ngerjain tugas juga nggak masalah, toh, nggak bakal dimarahin dosen, kok. Kayaknya tuh seru banget punya tongkrongan baru dan tentunya teman-teman baru juga. Udah nggak ketemu sama teman-teman yang ngebosenin, nggak ketemu sama PR yang bejibun, dan hidup bakal lebih santai. Terus-terus, IP minimal 3? Ah, kecil! IP 4 juga sanggup!

Bayangan semacam itu kayaknya udah jadi bayangan dari setiap siswa SMA yang mulai jenuh di sekolah dan pengin cepet-cepet lulus. Salah satu faktor pendukung khayalan anak-anak zaman sekarang ya gara-gara FTV. Sayangnya, kebanyakan nonton FTV juga nggak bagus loh, hehe. Soalnya jadi bikin kita berekspektasi tinggi yang padahal sebenarnya tak sesuai realitanya.

Pas aku udah jadi mahasiswa, ternyata eh ternyata, kuliah nggak semenyenangkan FTV atau drama Korea, guys!

WELCOME TO REALITY!

Kebebasan di kuliah itu justru malah susah ditemukan. Kecuali kalian milih dosen yang nggak niat ngajar dan nggak peduli sama IPK sendiri.

Kuliah tuh nggak seasik kayak yang di FTV!

Kirain kuliah isinya cuma tentang nenteng-nenteng tote bag dan pakai outfit fancy, ternyata realitanya nggak begitu. Waduh. Ini prank, ya?

Harapan tak seindah kenyataan, pict by canva.com

Di kuliah, ternyata pakai sandal jepit, rok mini, dan kaos oblong itu dilarang. Ya… bisa aja sih kalau mau tetap pakai dengan risiko bakal jadi pusat perhatian. Soalnya, outfit semacam itu agak kurang etis dan sopan buat dipakai untuk menghadiri kelas buat belajar.

Nah, loh. Di FTV kan kelihatannya anak kuliah selalu santai, nyatanya, yang akan kamu jalanin bakal berbeda banget. Kamu bakal nemuin momen-momen mendebarkan yang bikin kamu nggak bisa tidur, down, dan sejuta gejala-gejala galau lainnya.

Berikut ini momen-momen mendebarkan di perkuliahan:

1. War KRS

Udah susah-susah ngatur jadwal, eh besoknya pas mau KRS-an (daftar jadwal kuliah secara online), ternyata kamu udah nggak kebagian kelas atau malah nggak bisa masuk situsnya karena error atau segala macam hambatan lainnya. Jantung terasa berhenti mendadak, nggak tau deh harus ngatur jadwal model gimana lagi.

2. Menanti Hasil IPK

Penantian ini adalah penantian yang paling bikin nggak bisa tidur. Efek samping dari penantian IPK lebih parah dari orang yang di-PHP-in. Biasanya udah ngebayangin kalo matkul yang bobot SKS-nya gede bakal dapat A, eh ternyata pas keluar dapatnya B atau malah C. Nyesek banget!

Dapet IP 3 sih emang nggak terlalu sulit, asalkan harus rajin, ya. Modal santai nggak bisa ngarep IP segitu. Dapet IP 3 itu butuh perjuangan ekstra, mungkin bisa sampai bercucuran keringat dan air mata.

Tapi nggak selamanya kehidupan di perkuliahan itu pahit, sih. Justru, kita bisa dapat banyak pelajaran baru, misalnya:

1. Jadi lebih mandiri

2. Jadi lebih dewasa.

3. Mengenal banyak teman dengan sifat yang beragam

4. Melatih kerja sama kalau ada tugas kelompok

5. Dapat pengalaman dari organisasi dan magang

Ya, itulah kuliah!

Banyak pahit manisnya, kayak hidup ini aja lah. Tapi, kalau kamu masih SMA, ada pepatah yang bilang “Jangan sia-siakan masa SMA-mu.” Itu tuh bener banget! SMA itu masa-masa yang paling bahagia sama teman. Karena kamu udah cukup gede, kamu jadi udah ngerti artinya sohib, terus punya sahabat yang dekaaat banget sampai ke mana-mana selalu bareng kayak anak bebek yang ngikutin induknya.

Tapi, bagi yang udah kuliah, kita juga harus semangat! Kuliah emang susah, tapi ingat kalau masih ada orang tua kita yang lebih susah buat bisa bayarin UKT kita. Jadi, tetap semangat untuk berjuang sampai hari kelulusan, ya!

Kita harus bersyukur karena bisa kuliah di saat masih banyak orang di luar sana yang ingin berada di posisi kita tapi nggak bisa, entah karena alasan finansial atau lainnya. So, jalani aja apa yang menjadi tanggung jawabmu sekarang. Dan buat kalian yang ingin kuliah namun belum kesampaian, tetap semangat dan yakinlah bahwa suatu saat nanti, kalian pasti bisa berkuliah juga!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 994
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?