WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Expectation vs Reality tentang KULIAH

Ekspektasi pertama waktu mau lulus SMA….

Dulu yang gue pikirin nih kalo gue nanti lulus sekolah, gue bakal langsung kuliah ke perguruan yang gue suka, kuliah kan enak kaya di film-film atau FTV, kuliah ga perlu pake baju seragam lagi. Ke kampus pake kaos oblong, sandal jepit juga boleh cabut trus tidur di kelas, tugas nggak ngerjain nggak papa, engga bakal dimarahin dosen kok. Rasanya tuh menyenangkan bangett punya tongkrongan baru dan tentunya teman baru juga udah nggak ketemu sama temen – teman yang ngebosenin minta ampun. Nggak ketemu sama PR yang tertata rapi tiap minggunya, hidup bakal santai, IP minimal 3? Ah, gampang banget. IP 4 juga sanggup!

Kata – kata itu adalah kata – kata yang sudah menjadi bayangan dari setiap siswa SMA yang jenuh sesaat di sekolah yang pengen cepet-cepet lulus. Salah satu faktor pendukung “berkhayal”nya anak – anak jaman sekarang ya gara – gara FTV. dan Kebanyakan nonton FTV juga nggak bagus loh hehe karena bisa jadi ekspektasi tak sesuai realitanya.

Pas aku jadi mahasiswa, ternyata eh ternyata…. Kuliah gak semenyenangkan FTV atau drama Korea guys!

WELCOME TO REALITY WORLD!

Kebebasan di kuliah itu susah ditemukan. Kecuali kalian memang milih dosennya yang nggak niat buat ngajar gaes, terus kalian juga nggak peduli sama IPK sendiri.

Kuliah emang nggak se-asik yang ada di FTV ya!

 

Di kuliah, nggak bisa pake sandal jepit, rok mini, dan kaos oblong itu dilarang ya.
Bisa sih kalian kaya gitu, tapi dengan satu risiko, semua mata akan memandang ke arah kalian, alias kalian menjadi “Pusat Perhatian” karena “Norak”.

Nah, di perkuliahan FTV yang kita lihat mereka selalu santai, di kuliah nyata yang akan lo jalanin bakal nemuin moment – moment mendebarkan yang bikin lo gak bisa tidur, down, dan gejala – gejala galau lainnya.

Moment2 mendebarkan di perkuliahan:

1. Daftar jadwal perkuliahan.

 Udah susah – susah ngatur jadwal, ehh besoknya pas masuk KRS Online (Daftar jadwal kuliah online) nggak kebagian kelas atau nggak bisa masuk websitenya.
Berasa jantung uda berhenti mendadak, stress akut, dan nggak tau harus ngatur jadwal model gimana lagi.

2. Menanti hasil IPK. 

Penantian ini adalah penantian yang bikin nggak bisa tidur sehari sebelum keluarnya nilai. Efek samping dari penantian IPK lebih parah dari orang yang di PHP, biasanya udah ngebayangin kalo matkul ini yang bobot SKS nya gede bakal dapet A. Eh, kenyataan pas keluar dapetnya B atau C. Sakitnya tuh bener – bener sakit banget di sini.

Dapet IP 3 sih emang nggak terlalu sulit, tapi dengan satu syarat. Elo harus rajin. Enggak dengan bermodalkan santai – santai bisa ngarep IP segitu. Dapet IP 3 itu butuh perjuangan ekstra, mungkin bisa sampe bercucuran keringat (?).

Tapi nggak selamanya di kuliah itu pait sih. Di perkuliahan itu, elo bisa dapet banyak pelajaran baru,misalnya :
1. Jadi lebih mandiri.
2. Jadi lebih dewasa.
3. Bisa tau sifat orang yang tambah beraneka ragam
4. Melatih kerjasama tim
5. Pakaian kamu emang udah bukan seragam, tapi uda pake baju bebas tapi tentunya make pakaian yang sopan juga ya guys


Yahh, itulah kuliah!


Banyak pait manisnya, kaya hidup ini lah. Kadang manis, eh kadang pait banget.


Tapi, kalo kamu masih SMA, pepatah yang bilang “Jangan sia – sia kan masa SMA mu” itu benerrrr banget!
SMA itu masa – masa yang paling bahagia sama temen. Karena, lo udah cukup gede, lo udah ngerti artinya sohib, dan uda punya sahabat yang dekettttt banget kemana – mana bareng sampe kaya anak bebek ngikutin induknya. Hahaha

Tapi, bagi yang udah kuliah kita juga harus semangat!
Kuliah emang susah sih, tapi orang tua kita lebih susah buat bisa bayarin uang kuliah kita
Jadi, berusaha secara maksimal aja ya and tetap semangat…

karena bersyukur juga kamu bisa kuliah, banyak orang di luar sana yang pengen kuliah tapi nggak bisa.
So jalani aja apa yang menjadi tanggung jawabmu, dan buat kalian yang pengen kuliah tetap semangat ya, don’t give up, just do the best!

 

 

Oleh: Santi Lumbantoruan, Universitas Kristen Indonesia (UKI)

 

 

Leave A Comment