Majalah Sunday

Etika Seiring Bertambah Dewasa

Penulis: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Sunners, penting banget nih buat kita membahas soal etika seiring bertambah dewasa, karena etika ini bisa menjadi kompas buat hidup kita. Etika itu seperti panduan sederhana buat kita membuat suatu keputusan dan menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitar kita.

Mengapa Etika Seiring Bertambah Dewasa itu Penting?

Etika adalah pondasi utama dari perilaku manusia yang beradab, dan memegang peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas seseorang. Saat kita memasuki fase dewasa, kita pasti akan dihadapkan dengan berbagai tantangan dan tanggung jawab. Etika ini nantinya akan membantu kita menjalani kehidupan ini dengan integritas dan bijaksana.

Etika meliputi berbagai prinsip dan nilai-nilai moral yang membimbing perilaku dan keputusan manusia:

  • Keadilan
  • Kejujuran
  • Kewajiban dan Tanggung Jawab
  • Empati dan Kepedulian
  • Integritas

Pertama-tama, etika membentuk dasar dalam memahami perbedaan antara tindakan yang benar dan yang salah. Seiring kita dewasa, keputusan-keputusan yang kita buat memiliki dampak yang lebih besar, baik pada diri kita sendiri maupun orang lain. Etika memberi kita landasan moral untuk membuat pilihan yang sesuai dengan nilai-nilai yang kita anut.

Etika membantu kita membangun karakter dan moralitas pribadi yang kuat. Ketika kita mempraktikkan etika, kita memperkuat integritas diri kita sendiri serta membantu kita untuk tetap setia pada nilai-nilai yang kita yakini, bahkan dalam situasi-situasi yang sulit.

Selain itu, etika juga membantu kita dalam menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain. Saat kita semakin dewasa, hubungan kita dengan orang lain akan menjadi semakin rumit. Etika membantu kita menghormati hak dan kepentingan orang lain, menghindari konflik yang tidak perlu, dan berkomunikasi dengan lebih efektif. Hal ini akan menciptakan lingkungan sosial yang lebih harmonis dan mendukung pertumbuhan positif kita serta orang lain di sekitar kita.

Beberapa contoh hal yang biasanya diketahui atau dipelajari oleh seseorang seiring bertambah dewasa:

  • Ketika kita tumbuh dewasa, kita belajar cara menggunakan uang dan kartu ATM untuk mengambil uang tunai, mentransfer uang, atau mengecek saldo rekening. Kita juga mulai menyadari betapa pentingnya menyimpan uang untuk masa depan.
  • Kita belajar tentang mengatur waktu dan melakukan tanggung jawab seperti membayar tagihan.
  • Kita mulai mengerti pentingnya mengikuti peraturan dan hukum, seperti membayar pajak dan menghormati hak orang lain.
  • Seiring berjalannya waktu, kita mungkin mengembangkan keterampilan baru, seperti memasak, memahami masalah dunia, atau belajar hal-hal baru yang kita sukai.
  • Kita juga akan menghadapi keputusan besar dalam hidup kita, seperti memilih karier, memutuskan untuk menikah, atau bahkan membeli rumah.

Cara Menerapkan Etika Seiring Bertambah Dewasa

Untuk menjalani kehidupan dewasa dengan baik, penting untuk memahami dan menerapkan etika dalam setiap aspek kehidupan kita.

Refleksi Diri

Coba meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa sih yang kita anggap benar dan salah dalam hidup kita. Misalnya, kalo ada temen yang nanya, “Boleh nggak kita curang pas ujian?” Atau, “Harus nggak kita nolongin temen yang lagi kesusahan?” Nah, itulah awal dari refleksi diri tentang etika. Dengan memikirkan nilai-nilai etika yang penting buat diri kita, kita jadi bisa lebih aware sama prinsip-prinsip moral yang kita pegang.

Berpikir Panjang

Saat kita lagi dihadapkan dengan keputusan yang bikin kepala jadi mumet, jangan langsung tergoda untuk bikin keputusan dengan cepat. Coba berhenti sebentar, tarik nafas, dan berpikir terlebih dahulu. Pertimbangkan apa yang bakal terjadi kalo kita mengambil jalan itu atau yang lainnya. Dengan berpikir panjang, kita jadi bisa memilih keputusan yang terbaik dan tidak asal-asalan.

Berdiskusi Dengan Teman dan Keluarga

Coba berdiskusi soal etika dengan teman dan keluarga. Nggak perlu membahas yang ribet-ribet, cukup berdiskusi santai aja. Dari diskusi ini nantinya kita bisa melihat banyak sudut pandang berbeda tentang etika dan masalah dari berbagai sisi.

Mempraktikkan Etika

Pastinya nggak cukup kalo cuman diomongin doang, kita tentu perlu mempraktikannya dalam tindakan kita sehari-hari. Gampang kok, bisa dengan cara yang simpel, misalnya, kalo kita ada janji untuk bertemu dengan teman di waktu yang udah disepakati, usahain buat datang tepat waktu, atau membantu teman pas dia lagi kesulitan.

Etika Seiring Bertambah Dewasa

Jadi, kira-kira ada nggak nih situasi atau kejadian tertentu dalam hidup yang udah menguji nilai-nilai etika kamu?, pict by canva.com

Dalam hidup ini, kita semua tumbuh dewasa dan menghadapi berbagai pilihan dan situasi yang menguji etika kita. Jangan takut untuk membuat kesalahan, karena dari kesalahan itulah kita belajar. Yang terpenting adalah kita selalu berusaha untuk menjadi seseorang yang lebih baik, menjunjung tinggi nilai-nilai penting. Dengan memegang teguh etika, seiring bertambahnya usia, kita tidak hanya membentuk karakter diri yang kuat, tetapi juga memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan dunia ini. Jadi, yuk kita terus bertumbuh dan belajar, sambil selalu menjadikan etika sebagai kompas dalam perjalanan hidup kita.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 143
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?