Majalah Sunday

Etika Penggunaan Urinoir: Peraturan Yang Harus Di Perhatikan Saat Menggunakan Urinoir

Penulis: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Saat kita lagi di toilet dan mau buang air kecil, sebenernya ada etika sederhana yang harus kita perhatikan, loh! Meskipun keliatannya simpel, tapi tindakan kita bisa mempengaruhi kenyamanan orang-orang di sekitar kita. Jadi, yuk kita bahas beberapa etika penggunaan urinoir yang perlu kita patuhi dan perhatikan!

Etika Penggunaan Urinoir

Ternyata ada etika penggunaan urinoir yang perlu kita ketahui loh, pict by canva.com

Urinoir adalah salah satu fasilitas umum yang sering digunakan oleh banyak orang. Biasanya fasilitas ini sering kita temui di toilet umum, stadion, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat umum lainnya. Meskipun urinoir adalah tempat untuk keperluan buang air kecil, tapi perlu diingat kalo urinoir ini juga adalah  sebuah lingkungan sosial yang melibatkan interaksi dengan orang lain. Oleh karena itu, menjaga etika saat menggunakan urinoir adalah cara kita berkontribusi untuk menciptakan kenyamanan bagi penggunanya, sehingga urinoir dapat menjadi tempat yang lebih baik untuk semua orang.

1. Mengantre

Ketika sedang mengantre di depan urinoir, kita harus menghormati dan mematuhi urutan antrian. Jangan nekat untuk menyelip atau mengambil tempat yang bukan milik kalian, ya! Tindakan ini mungkin sederhana, tetapi sebenarnya adalah salah satu cara untuk kita menghargai hak milik orang lain yang juga butuh buang air kecil di sana. Selain itu, dalam situasi seperti ini, menjaga rasa kesabaran dan pengertian akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih ramah dan santai bagi semua orang yang ingin menggunakan fasilitas tersebut.

2. Menjaga Jarak

Ketika menggunakan urinoir, pastikan untuk selalu menjaga jarak yang cukup dengan orang lain. Hindari berdiri terlalu dekat dengan orang lain, dan jangan melihat atau berbicara dengan mereka tanpa izin. Dengan begini kamu bisa menghormati privasi mereka.

3. Menjaga Kebersihan

Saat menggunakan urinoir, usahakan untuk menjaga kebersihannya. Berikut beberapa hal yang bisa kalian ikuti:

  • Cobalah untuk membidik dengan akurat agar urine kalian tidak tercecer di lantai atau dinding, yang nantinya bisa membantu menjaga kebersihan ruangan.
  • Jika urinoir dilengkapi dengan tombol flush, pastikan untuk menggunakannya, supaya bisa membantu menjaga kebersihan urinoir untuk pengguna setelah kalian.
  • Selalu sedia kertas toilet atau tisu kering sendiri untuk membersihkan tetesan urine yang mungkin terjadi, karena terkadang ada beberapa urinoir yang tidak menyediakannya. Jangan meninggalkan kekotoran di daerah urinoir.
  • Setelah selesai menggunakan urinoir, usahakan untuk tidak membuang sampah seperti kertas toilet, tisu kering, atau benda-benda lainnya dengan sembarangan. Biasanya di dekat urinoir, tersedia tempat pembuangan sampah, jadi, setelah selesai, lebih baik buang sampah kalian di tempat yang sudah disediakan, ya. Supaya urinoir jadi tetap bersih dan enak untuk dilihat.

4. Mencuci Tangan

Setelah selesai menggunakan urinoir, jangan lupa untuk mencuci tangan secara menyeluruh dengan menggunakan sabun dan air mengalir di wastafel. Dengan mencuci tangan dengan bersih, kita bisa menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin ada pada tangan kita setelah menggunakan urinoir, sehingga membantu mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan diri kita serta orang lain.

5. Jauhi Perilaku yang Tidak Layak

Terakhir, jauhi perilaku yang tidak layak seperti vandalisme atau pelecehan verbal di dalam toilet umum, seperti merusak fasilitas, mencoret-coret dinding, atau melakukan tindakan yang tidak senonoh. Semua orang berhak merasa aman dan nyaman saat menggunakan fasilitas ini.

Dengan kita mematuhi etika ini, kita jadi bisa menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan bersih untuk semua orang yang menggunakan fasilitas umum ini. Etika penggunaan urinoir bukan hanya tentang tindakan individu, melainkan juga tentang kontribusi kita dalam menjaga tempat umum agar tetap ramah dan layak digunakan oleh semua orang. Dengan bersama-sama menjalankan etika ini, kita dapat menjadikan pengalaman penggunaan urinoir menjadi lebih baik untuk setiap individu yang membutuhkannya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 216
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?