Majalah Sunday

Cara Membahas Topik Edukasi Seksual Tanpa Harus Canggung

Membahas topik edukasi seksual memang tidaklah mudah. Apalagi bagi anak-anak, remaja, atau dewasa muda yang diliputi rasa malu dan canggung. Namun pada kenyataannya, pemahaman yang benar dan sehat tentang seksualitas sangat penting dalam proses pendewasaan.

Sebuah penelitian di Inggris tahun 2016 menemukan bahwa orang tua, guru atau seorang dewasa yang memiliki buku dengan topik edukasi seksual bagi anak-anak mereka lebih mampu memahami materi dengan baik dan mampu berbicara lebih percaya diri tentang seks dengan anak-anak yang masih kecil atau remaja.

Sayangnya tidak semua orang memiliki akses terkait sex education. Untungnya, ada beberapa strategi yang dapat kita terapkan untuk mengatasi rasa malu dan canggung mendapatkan pendidikan seks dan memperlakukan pendidikan seks sebagai pengetahuan yang berharga dan menyenangkan, berikut beberapa caranya:

Topik Edukasi Seksual #1: Ceritakan Bagian Organ Reproduksi dan Fungsinya

Rasa penasaran tentang seks adalah tahap alami dalam perkembangan anak, karena mereka mulai belajar lebih banyak tentang tubuhnya. Berikan pendidikan seks tentang bagian tubuh sebelum mereka masuk usia remaja. Misalnya, dapat mengenalkan fungsi vagina, penis, payudara, dan bagian tubuh lainnya.

Topik Edukasi Seksual #2: Jelaskan Konsep Pubertas

Pada anak perempuan, beritahu bahwa dia akan mengalami pertumbuhan payudara dan akan mengalami menstruasi pertamanya, dll. Sementara anak laki-laki, mengalami perubahan suara dan mimpi basah selain pertumbuhan penis dan testis, dll. Jelaskan kepadanya bahwa semua perubahan ini normal dan tidak ada yang perlu malu dan takut.

Topik Edukasi Seksual #3: Jelaskan Apa Itu Aktivitas Seksual

Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami aktivitas seksual apa saja yang akan dilakukan oleh orang dewasa saat berhubungan seks.

Sampaikan pada anak bahwa aktivitas tersebut hanya boleh dilakukan saat sudah menikah dan anak seusianya tidak sepatutnya melakukan aktivitas seksual seperti itu.

Topik edukasi seksual berikut dapat kamu sampaikan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan seksual

Topik edukasi seksual berikut dapat kamu sampaikan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan seksual, pict by canva.com

Ingat bahwa kita semua adalah manusia normal yang memiliki organ reproduksi. Di satu sisi, membicarakan seks itu kadang bikin kita malu. Namun di sisi lain, cepat atau lambat pasti akan dihadapi oleh semua orang yang sedang beranjak dewasa. Makanya, penting banget untuk kita punya pengetahuan tentang membahas sex education.

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Nama Penulis Artikel dan Editor (jika ada)

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 306
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?