Majalah Sunday

Cara Ambis Belajar Instan Melalui Metode Time Boundaries

Ambis dalam belajar dapat diartikan sebagai semangat dan tekad yang tinggi untuk mencapai kesuksesan dalam proses belajar dan pendidikan. Orang yang ambisius dalam belajar biasanya memiliki dorongan yang kuat untuk mencapai tujuan akademik mereka dan mendorong diri mereka untuk terus belajar dan berkembang. Pernahkah terpikir oleh sunners, seperti apa cara yang efektif untuk menerapkan sikap ambisius dalam diri kalian? Yuk simak penerapan sederhananya melalui metode time boundaries.  

Apa Itu Time Boundaries?

Time Boundaries atau pembatasan waktu adalah cara membuat batasan-batasan waktu yang digunakan untuk mengatur dan membatasi waktu yang tersedia untuk melakukan suatu aktivitas atau tugas. Time Boundaries dapat berupa waktu mulai dan waktu selesai atau bisa juga berupa waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek. Dengan melakukan pembatasan waktu, hal ini dapat membantu untuk menyeimbangkan antara waktu yang digunakan untuk pekerjaan dan waktu yang digunakan untuk hal-hal lain seperti rekreasi atau waktu bersama keluarga.

Dengan metode Time Boundaries, waktu bukanlah musuh melainkan kawan bagi kita pelajar ambis

Dengan metode pembatasan waktu, setiap detik dapat menjadi kawan bagi kita pelajar ambis. Photo by Freepik

Bagaimana Penerapan Time Boundaries bagi Pelajar?

1. Tetapkan jadwal belajar yang konsisten

Tentukan waktu belajar yang tetap setiap harinya dan jangan lupa untuk memperhitungkan waktu istirahat. Contohnya, Kamu bisa menetapkan jadwal belajar dari pukul 16.00 hingga pukul 18.00 dengan waktu istirahat selama 15-20 menit setiap 60 menit sekali.

2. Batasi penggunaan gadget

Tetapkan batasan waktu penggunaan ponsel atau tablet agar tidak mengganggu waktu belajarmu. Contohnya, mematikan ponsel selama 2 jam saat sedang belajar atau membatasi waktu penggunaan gadget hanya selamat 30 menit setelah selesai mengerjakan tugas.

3. Tetapkan batasan waktu untuk mengerjakan tugas

Yang dimaksud adalah batasan waktu yang spesifik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Tentu akan lebih bagus kalau kita menetapkan batas waktu yang lebih cepat dibandingkan batas waktu pengumpulan yang seharusnya.

4. Prioritaskan tugas

Mungkin kalian bisa melihat tingkat kesulitannya dan batas waktu yang ada. Selesaikan tugas yang lebih sulit atau yang harus diselesaikan terlebih dahulu, sehingga waktu yang tersisa dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang lebih mudah.

5. Batasi aktivitas sosial

Misalnya waktu yang digunakan untuk bermain game atau nonton film, agar tidak mengganggu waktu belajar. Tetapkan waktu untuk aktivitas sosial hanya pada akhir pekan atau hanya selama satu jam setelah selesai mengerjakan tugas.

Kesimpulan

Penerapan Time Boundaries ini dapat sangat bermanfaat bagi pelajar untuk membantu mereka memanajemen waktu belajar. Hal ini juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kalian dalam belajar. Perlu diingat ya sunners, penerapan dari konsep pembatasan waktu ini kembali lagi pada diri kalian. Semakin rajin penerapannya, maka semakin banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dari hal tersebut. 

Metode time boundaries untuk pelajar ambis

Dengan buku catatan kita bisa menerapkan time boundaries lho! Dapatkan notebook  disini

Metode time boundaries untuk pelajar ambis

Jam dimeja belajar untuk mengatur waktu klik disini

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mentaledukasi seksualtips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

oleh: Windi, Polimedia

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 353
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?