Majalah Sunday

Budaya Aneh dan Unik Yang Ada di Dunia! Indonesia Ada Juga Ternyata

Penulis: Abdul Aziz – UNJ

Budaya aneh dan unik di dunia itu ternyata ada loh, bahkan kehadirannya menggemparkan negara lain dan dianggap berbahaya oleh kalangan masayarakat.

Sunners, tau ngga sih budaya itu sangat beragam loh, bahkan di dunia ini ada jutaan budaya yang hidup dan berkembang di kalangan masyarakat. Buat pecinta budaya pasti paham bahwa budaya itu tidak hanya sakral tapi ada juga yang unik bahkan di bilang aneh oleh beberapa orang, apa saja sih jenis budayanya. Simak yuk untuk tau lebih lanjut :

Budaya Aneh 1# Memakan Anggur Demi Keberuntungan di Spanyol

Di Spanyol, penduduk setempat memakan tepat 12 buah anggur pada tengah malam untuk menghormati tradisi yang dimulai pada akhir abad ke-19. Pada awalnya, petani anggur di daerah Alicante memulai tradisi ini sebagai cara untuk meningkatkan penjualan anggur menjelang akhir tahun, tetapi perayaan manis ini segera menjadi populer.

Tradisi Aneh

Budaya Aneh 2# Tradisi Pijakan Pertama dan Hadiah untuk Tuan Rumah di Skotlandia

Di Skotlandia, hari sebelum 1 Januari begitu penting sehingga bahkan memiliki nama resmi: Hogmanay. Pada hari ini, orang Skotlandia mengamati banyak tradisi, dan salah satunya yang paling terkenal adalah tradisi pijakan pertama. Menurut kepercayaan orang Skotlandia, orang pertama yang melintasi ambang pintu rumah Anda setelah tengah malam pada Hari Tahun Baru haruslah seorang pria berambut gelap jika Anda ingin mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

Secara tradisional, orang-orang ini datang membawa hadiah berupa batu bara, garam, kue, dan wiski, yang semuanya berkontribusi pada gagasan keberuntungan. Namun, mengapa pria berambut gelap? Di masa lalu, saat Skotlandia diserang oleh Viking, yang terakhir kali Anda inginkan di depan pintu Anda adalah seorang pria berambut terang membawa kapak raksasa. Karena itu, pada hari ini, pria berambut gelap melambangkan kemewahan dan kesuksesan.

Budaya Aneh 3# Ritual Tiwah – Kalimantan Tengah

Tradisi Aneh

sunners, ternyata dari indonesia juga ada nih yang diangap sebagai salah satu budaya aneh dan unik yaitu terdapat di Kalimantan Tengah, terdapat tradisi khusus yang dilakukan untuk orang yang telah meninggal lama. Upacara Tiwah ini biasa dilakukan oleh suku Dayak untuk mengantarkan tulang orang yang telah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung. Ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau atau surga, sambil melepaskan kesialan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Budaya Aneh 4# Tradisi Potong Jari – Papua

Tradisi Aneh

Waduh ngeri nih tradisi yang satu ini mainnya potong jari, tapi ini bener loh dan tradisi ini ada di indonesia. Tradisi yang terbilang ekstrem ini memang sudah banyak ditinggalkan oleh suku Dani. Potong jari adalah cara untuk mengekspresikan kesedihan karena kehilangan anggota keluarga. Bagi suku Dani, jari memiliki makna yang lebih mendalam, melambangkan kerukunan, persatuan, dan kekuatan dalam diri manusia atau keluarga.

Budaya Aneh 6# Mengunyah Oliebollen sebagai Tradisi Malam Tahun Baru di Belanda

Tradisi Malam Tahun Baru di Belanda agak aneh. Suku-suku Jermanik kuno akan mengonsumsi potongan adonan goreng ini selama Yule. Ketika dewi Jermanik Perchta, yang lebih dikenal sebagai Perchta si Pemotong Perut, mencoba memotong perut mereka dan mengisinya dengan sampah sebagai hukuman bagi mereka yang tidak memakannya, lemak dari adonan ini akan mencegah pedangnya meluncur langsung.

Budaya Aneh 7# Merayakan Malam Tahun Baru di Pemakaman di CHili

Di Chili, misa Malam Tahun Baru diadakan bukan di gereja, tetapi di kuburan. Perubahan lokasi ini memungkinkan orang untuk duduk bersama anggota keluarga yang telah meninggal dan memasukkan mereka ke dalam perayaan Malam Tahun Baru.

Tradisi Aneh

Budaya Aneh 8# Membakar Orang-orangan Sawah di Ekuador

Di Ekuador, perayaan Malam Tahun Baru dimulai dengan membakar (secara harfiah) orang-orangan sawah. Di tengah api unggun ini terdapat patung yang sering kali mewakili politisi, ikon budaya pop, dan tokoh dari tahun sebelumnya. Pembakaran “año viejo,” atau “tahun tua,” dilakukan pada akhir setiap tahun untuk membersihkan dunia dari semua hal buruk dari 12 bulan terakhir dan memberi ruang bagi kebaikan yang akan datang.

Tradisi Aneh

Budaya Aneh 9# Rusia: Minum Abu

Sebelum Anda merasa jijik, perlu diingat bahwa orang Rusia tidak memakan abu manusia atau sejenisnya. Sebaliknya, dalam budaya Rusia, tradisi Malam Tahun Baru melibatkan menuliskan keinginan pada selembar kertas, membakarnya dengan lilin, dan meminum abunya bersama segelas sampanye.

Tradisi Aneh

Nah, di atas adalah daftar budaya unik dan aneh yang ada di dunia. Dunia yang luas ini tentu banyak kebudayaan di dalamnya. Baik itu kebudayaan yang unik, aneh, bahkan menyeramkan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya, Sunners. Kalau di daerah Sunners kira-kira ada budaya apa aja nih? 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 191
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?