Majalah Sunday

Berkeringat Setelah Makan?
Ini Alasannya!

Penulis: Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Siapa yang disini hobi makan? Mulai dari menyemil sampai makan makanan berat. Memang setiap orang memiliki porsi makannya masing-masing, tapi pernahkah Sunners berkeringat setelah makan? Mungkin terdengar biasa  saja, akan tetapi jika sering mengalaminya sampai mengganggu kesehatan tubuh kalian maka perlu dipertanyakan nih! Jadi, sebenarnya apa sih yang menyebabkan tubuh berkeringat setelah makan? Yuk kita bahas bersama!

berkeringat setelah makan

Penyebab Tubuh Berkeringat Setelah Makan dan Cara Mengatasinya, pict by canva.com

Alasan Tubuh Berkeringat Setelah Makan

Bicara tentang makan, siapa sih yang enggak suka makan? Biasanya saat makan makanan pedas atau panas tubuh kita memberikan reaksi dengan berkeringat, tetapi tidak hanya itu, kita kerap berkeringat meskipun makan makanan yang tidak pedas atau panas. Mengapa demikian? Saat makan, tubuh seseorang cenderung mengeluarkan keringat. Keringat yang dikeluarkan tersebut disebut gustatory perspiration dan hal itu bisa terjadi karena stimulasi kelenjar tubuh. 

“Makan merupakan sebuah proses kompleks yang melibatkan mulut, kelenjar liur, kerongkongan, saluran pencernaan, perut, pankreas, empedu, dan hati. Proses ini membutuhkan energi. Selain itu, jenis makanan apa yang dikonsumsi juga mempengaruhi seberapa banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk mencernanya, proses ini dikenal dengan nama thermogenesis,” ungkap Somarriba.

Keringat yang muncul setelah makan biasanya terjadi di daerah wajah, dahi, kulit kepala, dan leher. Bagaimana dengan makan makanan tidak pedas dan panas tetapi tetap berkeringat? Ternyata ada beberapa makanan yang bisa memicu keringat berlebih loh Sunners! Beberapa diantaranya seperti makanan berbahan dasar mi, makanan tinggi lemak atau yang digoreng, tinggi garam, bawang bombay, dan bawang putih. 

Mencegah Keringat Berlebih

Ketika makan makanan berprotein tinggi dapat menyebabkan tubuh berkeringat lebih. Protein dan alkohol membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dibanding makanan lain, sehingga tubuh bekerja lebih keras untuk mencernanya dan menyebabkan tubuh berkeringat. Mau mencegah keringat berlebih? Sunners bisa lakukan hal-hal berikut ya!

  • Makan nasi merah atau nasi hitam.
  • Gunakan minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal saat memasak.
  • Kurangi konsumsi garam hingga maksimum 4 gram sehari.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium, terutama yang ada dalam buah.
  • Meminum teh herbal, seperti sage tea.
berkeringat setelah makan

Menjalani Pola Hidup Sehat, pict by canva.com

Itu dia penjelasan mengenai alasan tubuh berkeringat setelah makan. Memang sepele, tapi jika hal tersebut sering terjadi maka kalian perlu memperhatikan pola makan kalian ya! Meskipun berolahraga dan melakukan cara-cara di atas tapi Sunners masih mengeluarkan keringat berlebih hingga basah kuyup, kami sarankan agar kalian berkonsultasi ke dokter. Jangan lupa makan teratur ya Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 628
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?