WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Beasiswa Kuliah Luar Negeri Untuk Lulusan SMK? Jangan Khawatir! Berikut 2 Daftar Beasiswa yang Bisa Kamu Pilih

Mendapat kesempatan untuk kuliah di luar negeri menjadi impian kebanyakan pelajar Indonesia.

Salah satu kendala yang biasa dihadapi seorang pelajar yaitu biaya kuliah yang cukup besar, belum lagi biaya hidup yang harus dikeluarkan untuk tinggal di negara lain. Maka dari itu, beasiswa menjadi salah satu jalur yang banyak dicari.

Persaingan antar pelajar sekolah menengah kini tidak hanya terbatas pada ruang lingkup lulusan negeri saja. Maka dari itu untuk kamu yang memiliki latar belakang lulusan SMK sudah tidak perlu khawatir lagi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri dengan program beasiswa, karena sekarang sudah banyak program beasiswa yang membuka pendaftaran untuk pelajar lulusan SMK.

Berikut 2 daftar beasiswa  luar negeri yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan kuliah mu:

1. KGP Associate Degrees 

Annyeonghaseyo! Siapa dari kalian yang punya impian untuk dapat kuliah di Korea Selatan? Jangan khawatir, kamu dapat mewujudkannya dengan mengikuti program yang ditawarkan oleh Pemerintah Korea Selatan yaitu Korean Government Scholarship Program for Associate Degrees. Beasiswa ini setara dengan Diploma yang ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat di Indonesia. 

Pendaftaran beasiswa KGSP dapat melalui jalur Universitas dan jalur Kedutaan Besar Korea. Untuk jalur Universitas dilaksanakan pada masing-masing Universitas Korea yang bekerja sama dengan program KGSP, kamu harus mengecek langsung informasinya melalui website resmi Universitas yang dituju. Sedangkan untuk jalur Kedutaan Besar Korea, kamu akan mengirimkan berkas pendaftaran melalui Kedubes Korea. Informasi mengenai KGSP jalur Kedubes Korea dapat kamu tanyakan melalui kontak Kedubes Korea pada email koremb_in@mofa.go.kr.

Terdapat dua program yang disediakan oleh KGSP. Pertama, Bachelor’s Degree dengan masa studi 5 tahun, yang meliputi 1 tahun gratis kursus Bahasa Korea dan 4 tahun kuliah setara S1. Kedua, Associate Degree dengan masa studi 4 tahun, yang meliputi 1 tahun gratis kursus Bahasa Korea dan 3 tahun program diploma.

Fasilitas yang akan kamu dapatkan dalam mengikuti program beasiswa KGSP salah satunya yaitu gratis biaya kuliah dan tunjangan hidup sebesar 900.000 KRW atau sekitar 11,2  juta/bulan. Untuk informasi mengenai persyaratan dan lain-lainnya dapat kamu lihat terlebih dahulu melalui link http://www.studyinkorea.gp.kr

2. Monbukagakusho atau MEXT Program

Siapa yang tidak tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Jepang? Negara yang terkenal dengan teknologinya yang maju membuat jepang menjadi salah satu negara favorit pelajar Internasional. Monbukagakusho menyediakan program beasiswa bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang tertarik untuk menjadi seorang ilmuwan atau insinyur.

Pendanaan program beasiswa ini bersumber dari kementerian pendidikan, kebudayaan, olahraga, sains, dan teknologi yang bekerja sama dengan Pemerintah Jepang

Melalui website www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2022.html, kamu akan diarahkan untuk memilih salah satu dari tiga program yang ditawarkan. Program tersebut meliputi Gakubu, Kosen, dan Senshu. Masing-masing dari ketiga program memiliki bidang jurusan yang berbeda-beda.

Program Undergraduate atau Gakubu merupakan program yang berorientasi pada dua bidang ilmu studi. Pertama, bidang studi IPA (fisika, kimia, biologi). Kedua, bidang studi IPS atau ilmu sosial. Selain kedua bidang tersebut kamu juga akan dituntut untuk belajar Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, dan Matematika. Masa studi pada program Gakubu yaitu 5 tahun. 

Untuk kamu yang suka dengan bidang teknologi, kamu dapat mengikuti program College of Technology atau Kosen. Program ini hanya berfokus pada ilmu teknik yang meliputi eksperimen dan latihan praktik. Tujuan dari program ini yaitu dapat menghadirkan lulusan-lulusan ahli teknik atau insinyur terbaik. Masa studi pada program Kosen yaitu 4,5 tahun.

Program terakhir yang ditawarkan oleh Monbukagakusho yaitu program Specialized Training College atau Senshu. Pada program ini kamu akan diarahkan dengan satu bidang keahlian tertentu, tujuannya untuk mendukung perkembangan potensi pasar dunia berdasarkan satu keahlian tersebut. Masa studi pada program Senshu yaitu 3 tahun.

Informasi persyaratan dan pendaftaran program beasiswa Monbukagakusho dapat melalui Kedutaan Besar Jepang yang berlokasi di Denpasar, Makassar, Medan, dan Surabaya.

Bagaimana sunners sudahkah kamu menentukan program beasiswa yang akan kamu pilih? Kedua program diatas merupakan salah satu dari banyaknya program beasiswa.

Kamu dapat mencari informasi mengenai program-program lain yang cocok dengan mu melalui website resmi universitas tujuan mu atau media sosial.

Ingat! Baca setiap persyaratan dan dokumen dengan teliti sebelum mendaftar, dan alangkah lebih baiknya jika kamu membekali terlebih dahulu dirimu dengan Bahasa Negara yang kamu tuju. 

Selamat berusaha!!

 

Penulis : Dwi Puji Lestari – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment